PENERAPAN MODEL “BACA, TULIS, DAN BAGI” DALAM PENGUATAN LITERASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH STAIN PAMEKASAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Khozin Afandi. 2006.Berpikir Teoritis Merancang Proposal. Surabaya: Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Abd. al-Rahman dan Ahmad Usman. t.t. Manahij Al-Bahts Al-‘ilm Wa Turuq Al-Kitabah. Beirut: Dar al-Fikr.
Alfandi, M. 2016. “Program Literasi Media Televisi Untuk Penguatan Minat Baca Siswa.” Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan 16, no. 2: 333–350.
Andi, Supiandi. 2017. “Menumbuhkan Budaya Literasi Dengan Menggunakan ‘Program Kata’ Di SMA Muhammadiyah Toboali Kab. Bangka Selatan.” STUDIA 1, no. 1: 93–106.
Arikunto, Suharsimi. t.t.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arohman, Mamat, Saefudin Saefudin, and Didik Priyandoko. 2016. “Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Ekosistem.” In Prosiding Seminar Biologi, 13: 90–92. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/ view/9480.
Burhan Nurgiantoro. 1988.Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Djago Tarigan, H.G. Tarigan. 1986.Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
DP Tampubolon. 1987. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif Dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Gipayana, Muhana. “Pengajaran Literasi Dan Penilaian Portofolio Dalam Konteks Pembelajaran Menulis Di SD.” Jurnal Ilmu Pendidikan 11, no. 1 (2016). http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/87.
Harjasujana, Harjasujana. 2003.Membaca Dalam Teori Dan Praktik. Bandung: Mutiara, 2003.
Henri Guntur Tarigan. 1984.Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Jusmiana, Andi, Sumarni Susilawati, and Fahrul Basir. 2016. “Deskripsi Trajektori Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Matematika.” Prosiding 2, no. 1. http://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/ 374.
Karyanto, Puguh. 2014. “Penguatan Modal Manususia Dan Peningkatan Literasi Ekologi Melalui Pedagogi Spesifik Materi: Pengembangan Model Dalam Pembelajaran Ekologi Melalui Penelitia Ekofisiologi Tikus Sawah.” In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, Vol. 11. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/7834.
Kridalaksana, Harimurti. Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Indonesia: Sintaksis. Jakarta: Pusat Pembinaan den Pengembangan Bahasa, n.d.
Lexy J. Moleong. 2005.Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosda Karya.
M. Atar Semi. 2007.Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Miharja, Fuad Jaya. 2016. “Literasi Islam& Literasi Sains Sebagai Penjamin Mutu Kualitas Manusia Indonesia Di Era Globalisasi.” Research Report, no. 2. http://researchreport.umm.ac.id/index.php/researchreport/article/view/681.
Naibaho, Kalarensi. 2007. “Menciptakan Generasi Literat Melalui Perpustakaan.” Visi Pustaka 9, no. 3: 1–8.
NK, Johanes Edo, Raymundus Rikang RW, and Cornel Dimas SK. 2013. “Literasi Kaum Muda Tentang Good Governance Melalui Isu Korupsi Di Televisi.” Jurnal ILMU KOMUNIKASI 9, no. 1. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/186.
Purwanti, Elly, and Wahyu Prihanta. 2016. “Penguatan Literasi Ekosistem Pada Siswa Klas X Dengan Specific Materi: Pembelajaran Ekosistem Melalui Penelitian Ekofisiologi Hutan Mangrove.” Research Report, 155–163.
Rahayu, Triwati. 2016. “Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Gerakan Literasi Sekolah”. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7644.
Seya Yuwana Sudikan. 2001.Metode Penelitian Kebudayaan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.
Solehan T.W dkk. 2008.Pendidikan Bahasa Indonesia Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
St. Y., Slamet. 2008.Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.
Sumarno. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sutrisno Hadi. 1989. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.
Syafi’ie, Imam. 1999.Pengajaran Membaca Terpadu. Malang: IKIP.
Tobroni, Imam Suprayogo. 2001.Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Yore, Larry D., and David F. Treagust. 2006. “Current Realities and Future Possibilities: Language and Science Literacy— empowering Research and Informing Instruction.” International Journal of Science Education 28, no. 2–3 (February 15, 2006): 291–314.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i1.4220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
indexed by: