PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penelitian dilatarbelakangi guru dalam proses pembelajaran tematik terpadu belum maksimal dan cenderung menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan model Discovery Learning pada tema 4 di kelas IV SDN 14 sungai sirah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dua siklus, setiap siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV jumlah 30 orang siswa. Teknik yang digunakan adalah pengumpulan data dengan instrumen penelitian yaitu lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada: a) RPP siklus I (pertemuan 1) 68.5% (B), siklus I (pertemuan 2) 79.7% (B), dan siklus II 89.3% (AB), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I (pertemuan 1) 71.5% (C), siklus I (pertemuan 2) 77.9% (baik), dan siklus II 85.8% (baik), c) pelaksanaan pada aspek siswa siklus I (pertemuan 1) 67.8% (C), siklus I (pertemuan 2) 80.5% (B), dan siklus II 88.9% (B). Berdasarkan hasil penelitian dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4202
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
indexed by: