GURU DAN PEMBELAJARAN AKTIF DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pembelajaran yang menyenangkan menjadi kebutuhan peserta didik terutama di tingkat dasar. Dengan pembelajaran yang menyenangkan murid dapat dengan mudah menerima pelajaran. Keberhasilan pembelajaran akan meningkat sehingga siswa lebih mencintai pelajaran. Guru memegang peranan yang sangat penting dalam mengaktifkan peserta didiknya. Guru harus mampu memahami kebutuhan peserta didik yang masih duduk di sekolah dasar. Dengan memberikan strategi yang tepat dalam pembelajaran akan berdampak meningkatkan tingkat pemahaman peserta didik. Salah satunya dengan memahami perbedaan peserta didik sehingga bisa memilih strategi yang tepat untuk mengaktifkan peserta didik di kelas.
Keywords
References
Akmal Hawi, Kompetensi Guru PAI, Palembang : IAIN Raden Fatah Press, 2006.
Depdiknas, Kurikulum Pendidikan Agama Islam SMU 2004, Jakarta : Depdiknas, 2003.
Elaine B. Johnson, Contextual Teaching and Learning, penerjemah : Ibnu Setiawan, Bandung : Mizan Media Utama, 2007.
E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2006.
__________, KBK, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2002.
Martinis Yamin, Profesionalisasi guru dan implementasi KTSP, Jakarta : Gaung Persada Press, 2007.
Mel Silberman, Active Learning : 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta : YAPPENDIS. 2001.
Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2006.
Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta : Rineka Cipta, 2000
Winkel W.S., Psikologi Belajar, Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia, 1996.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v4i2.3001
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
indexed by: