STUDI ANALISIS ASPEK-ASPEK KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 01 KARANGMALANG GEBOG KUDUS
Abstract
methods, curriculum, studens, environment and insfrastructure
and evaluation of teaching and learing have not improved the
Islamic education achievement. But all aspect or dimentions
from metdos until evaluation is to enhance the success and quality
standart of Islamic education especially in basic institusioanl /
school (SD) of Karangmalang Gebog Kudus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Penciptaan suasana Sekolah
yang Kondusif Bagi Peningkatan Keimanan dan Ketakwaan Siswa,
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, 2000.
Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada,
Jakarta, 1998.
Departemen Agama RI, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam,
Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Proyek
Pembinaan Agama Pada Sekolah Umum, 1986.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang
undang-undang guru dan dosen. Lihat dalam {http:// www.
kebangkitanbangsa.org/statis_platform.shtml}
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswain Zain, Strategi Belajar Mengajar, Rineka
Cipta, Jakarta, 2002.
Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian kualitatif, Remaja Rosda Karya,
Bandung, 2000.
Qamari Anwar, Pendidikan Sebagai Karakter Budaya Bangsa, UHAMKA
Press, Jakarta, 2003.
Abdul Munir Mulkhan, Paradigma Intelektual Muslim Pengantar Filsafat
Pendidikan Islam dan Dakwah, Yogyakarta, Sipress, 1993, hal.210
A. Fatah Yasin, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Malang, UIN Malang
Press, 2008.
Tandziduhu Ndraha, Manajemen Perguruan Tinggi, Jakarta, Bina Aksara,
Noeng Muhajir, Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, pada
sub tentang Analsis Kepribadian guru Yogyakarta : Direktorat
Jenderal Pendidikan Tinggi di IKIP Yogyakarta.
Mansyur dkk, Pembinaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
Jakarta, Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam
dan Universitas Terbuka, 2002.
H.A.R, Tilaar, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan dalam Perspektif
Abad 21, Magelang : Tera Indonesia. 2005.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002.
Proyek Pembinaan Prasarana dan Perguruan Tinggi Agama/IAIN, Metodologi
Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Direktorat Jenderal
Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1985.
Muhaimin, dkk, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung, Remaja
Rosdakarya,2001.
Departemen Agama Republik Indonesia, Al Qur’an dan Terjemahannya,
Bandung, Jakarta, 2005.
B. Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta,
Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997.
Abdul Munir Mulkhan, Paradigma Intelektual Muslim Pengantar Filsafat
Pendidikan Islam dan Dakwah, Yogyakarta, Sipress, 1993.
Sutrisno Hadi, Metodologi Reseacrh, Jilid I, Fakultas psikologi UGM,
Yogyakarta, 1997.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D, ALFABETA, Bandung, 2008.
Sugiono,, Memahami Penelitian Kualitaif, ALFABETA, Bandung, 2002.
S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2004.
Suharsimi Arikunto, Prosedur penelitian suatu pendekatan Praktek, Rineka
Cipta, Jakarta, 1998.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Remaja
Rosakarya, Bandung, 1995.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v3i1.1449
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
indexed by: