STUDI ANALISIS ASPEK-ASPEK KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 01 KARANGMALANG GEBOG KUDUS

Ahmad Falah

Abstract


The Reseacrh in reality , mearning  of the teacher,
methods, curriculum, studens, environment and insfrastructure
and evaluation of teaching  and learing  have not improved the
Islamic education achievement.  But  all  aspect  or dimentions
from  metdos until evaluation is  to enhance the success and quality
standart of Islamic education especially in  basic institusioanl /
school (SD) of Karangmalang Gebog Kudus.


Keywords


aspect, education, Islamic, basic institusional/school

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Penciptaan suasana Sekolah

yang Kondusif Bagi Peningkatan Keimanan dan Ketakwaan Siswa,

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, 2000.

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada,

Jakarta, 1998.

Departemen Agama RI, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam,

Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Proyek

Pembinaan Agama Pada Sekolah Umum, 1986.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang

undang-undang guru dan dosen. Lihat dalam {http:// www.

kebangkitanbangsa.org/statis_platform.shtml}

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswain Zain, Strategi Belajar Mengajar, Rineka

Cipta, Jakarta, 2002.

Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian kualitatif, Remaja Rosda Karya,

Bandung, 2000.

Qamari Anwar, Pendidikan Sebagai Karakter Budaya Bangsa, UHAMKA

Press, Jakarta, 2003.

Abdul Munir Mulkhan, Paradigma Intelektual Muslim Pengantar Filsafat

Pendidikan Islam dan Dakwah, Yogyakarta, Sipress, 1993, hal.210

A. Fatah Yasin, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Malang, UIN Malang

Press, 2008.

Tandziduhu Ndraha, Manajemen Perguruan Tinggi, Jakarta, Bina Aksara,

Noeng Muhajir, Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, pada

sub tentang Analsis Kepribadian guru Yogyakarta : Direktorat

Jenderal Pendidikan Tinggi di IKIP Yogyakarta.

Mansyur dkk, Pembinaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam

Jakarta, Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam

dan Universitas Terbuka, 2002.

H.A.R, Tilaar, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan dalam Perspektif

Abad 21, Magelang : Tera Indonesia. 2005.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002.

Proyek Pembinaan Prasarana dan Perguruan Tinggi Agama/IAIN, Metodologi

Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Direktorat Jenderal

Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1985.

Muhaimin, dkk, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung, Remaja

Rosdakarya,2001.

Departemen Agama Republik Indonesia, Al Qur’an dan Terjemahannya,

Bandung, Jakarta, 2005.

B. Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta,

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997.

Abdul Munir Mulkhan, Paradigma Intelektual Muslim Pengantar Filsafat

Pendidikan Islam dan Dakwah, Yogyakarta, Sipress, 1993.

Sutrisno Hadi, Metodologi Reseacrh, Jilid I, Fakultas psikologi UGM,

Yogyakarta, 1997.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D, ALFABETA, Bandung, 2008.

Sugiono,, Memahami Penelitian Kualitaif, ALFABETA, Bandung, 2002.

S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2004.

Suharsimi Arikunto, Prosedur penelitian suatu pendekatan Praktek, Rineka

Cipta, Jakarta, 1998.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Remaja

Rosakarya, Bandung, 1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v3i1.1449

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License