Profitabilitas Perusahaan Sektor Consumer Non-cyclical: Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Likuiditas

Rinaldi Kesara, Nafi’ Inayati Zahro, Diah Ayu Susanti

Abstract


Profitability is the most important element in a company because the profit or profits generated can determine the level of investor confidence in investing. The aim of this research is to examine the effect of leverage, company size and liquidity on profitability levels. This research is quantitative research with a population of Consumer Non-cyclical companies listed on the IDX for the 2017-2022 period. Sampling used a purposive sampling technique with a total of nine companies and obtained 514 research data. Data analysis uses multiple linear regression analysis techniques for panel data with Eviews 9. The results of this research show that leverage and liquidity have a negative effect on profitability. Meanwhile, company size has no effect on profitability.

Full Text:

PDF

References


Ajija, S. R., Wulansari, D., Setianto, R. H., & Primanthi, M. R. (2011). Cara Cerdas Menguasai E Views. Salemba Empat.

Anggarsari, L., & Aji, T. S. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Perputaran Modal Kerja Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas (Sektor Industri Barang Dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(4), 542–549.

Astuti, F., & Indarto, M. R. (2020). Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Food & Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2015. Cakrawangsa Bisnis, 1(2), 235–251.

Fransisca, E., & Widjaja, I. (2019). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(2), 199–206. https://doi.org/10.24912/jmk.v1i2.5079

Ilham, R. N., Sinaga, S., Eka Putri, D., Sinta, I., & Fuadi. (2021). Efek Dari Leverage Dan Ukuran Perusahaan Dalam Memengaruhi Tingkat Profitabilitas. Edunomika, 05(02), 1–12.

Khasanah, S. N., Ermawati, N., & Susanti, D. A. (2021). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 - 2019. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi JPENSI, 6(3), 278–300. https://doi.org/10.30736/jpensi.v6i3.805

Lorenza, D., Kadir, M. A., & Sjahruddin, H. (2020). Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1), 13–20.

Mailinda, R., Azharsyah, & Zaida, R. Z. (2018). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada BNI Syariah Di Indonesia Periode 2015-2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(4), 147–160.

Marinda, D. D., Irwandi, M., & Munandar, A. (2021). Pengaruh Modal Kerja dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar di Bei Periode 2015-2019. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi, dan Bisnis, 2(4), 126–137.

Maulana, B. D., & Rahayu, Y. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Dan Leverage Terhadap Profitabilitas. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 11(11), 1–14. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/4921

Nurdiana, D. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas. MENARA Ilmu, 12(6), 77–88.

Prabowo, R., & Sutanto, A. (2019). Analisis Pengaruh Struktur Modal, dan Likuiditas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Otomotif di indonesia. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.33059/jseb.v10i1.1120

Puspita, D. A., & Hartono, U. (2018). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Ukuran Perusahaan , Leverage dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Animal Feed di BEI Periode 2012-2015. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 1–8.

Sari, N. Y., & Purwohandoko. (2019). Pengaruh Modal Kerja, Leverage, Likuiditas, Dan Firm Size Terhadap Profitabilitas Sektor Industri Barang Dan Konsumsi. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(3), 740–751. www.idx.co.id,

Sukadana, I. K. A., & Triaryati, N. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food and Beverage Bei. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 6239–6268. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p16

Sukmayanti, N. W. P., & Triaryati, N. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Property Dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(1), 7132–7162. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i01.p07

Zahro, N. I. (2012). Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Sains Terapan, 5(1), 34–41.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/aktsar.v6i1.20548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.