Implementasi Pendidikan Humanis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Tulung

Salma Zhafiroh, Badrus Zaman

Abstract


Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan humanis pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Tulung, Klaten. Kedua, untuk mendiskripsikan faktor penghambat dan pendukung pendidikan humanis pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Tulung, Klaten. Jenispenelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianlisis menggunakan metode triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan humanis pada pembelajaran pendidikan agama Islam berupa diskusi, pendampingan dan pembinaan. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kreatifitas peserta didik dan kemajuan peserta didik untuk berfikirmengikuti perkembangan zaman, perhatian serta dukungan dari komite sekolah dan dalam setiap kelas jumlah peserta didiknya tidak banyak maka guru lebih mudah mengajar dan mempehatikan peserta didik. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya jumlah guru pendidikan agama Islam, kurangnya pemahaman mengenai pendidikan humanis dan kurangnya sarana prasarana penunjang pembelajaran.

The objectives to be achieved in this study are first, describe the application of humanist education in the learning of Islamic Education in SMP N 1 Tulung, Klaten. Second, describe the inhibiting and supporting factors of humanist education in learning Islamic Education in SMP N 1 Tulung, Klaten. This type of research is a qualitative descriptive study. Data collection techniques in this study are observation, interview, and documentation techniques. Furthermore, the data collected was analyzed using the triangulation method. The results showed that the application of humanist education in Islamic religious education learning in the form of discussion, assistance, and coaching. While the supporting factors are student creativity and student progress to think in keeping with the times, the attention and support of the school committee, and in each class the number of students is not much, the teacher is easier to teach and notice students. The inhibiting factors are the lack of Islamic religious education teachers, lack of understanding of humanist education, and lack of learning support infrastructure.


Keywords


Pendidikan Humanis; Pembelajaran PAI; Pendidikan Nilai

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta.

Daradjat, Z. (2015). Pendidikan Agama dan Pembinaan Mental. Bulan Bintang.

Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. CV. Pustaka Setia.

Majid, A., & Andayani, D. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Rahman, M. (2013). Guru Humanis dalam Pendidikan Islam. STP, XXVIII(3).

Rochimah, N. A., & Zaman, B. (2018). Pendidikan Moral AnakJalanan. Trussmedia Grafika.

Safitri, E. N., & Zafi, A. A. (2020). Konsep Humanisme Ditinjau dari Perspektif Pendidikan Islam. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 78–89. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi/article/view/3842

Solichin, M. M. (2018). Teori Belajar Humanistik Dan dplikasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Islamuna, 5(1).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suyono, & Haryanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran (Pertama). Remaja Rosdakarya.

Zafi, A. A. (2020). Penerapan Nilai-nilai Moderasi al-Qur’an dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 21(1). https://doi.org/10.14421/QH.2020.%X

Zaman, B. (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa indonesia. AL GHAZALI, Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(1), 16–31.

Zaman, B. (2020). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Teori dan Aplikasinya). Oase Pustaka.

Zuhairini. (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. UIN Press.

Zafi, A. A. (2019). Nilai Nasionalisme Kebangsaan Aktivis Rohis. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2). https://doi.org/10.29240/belajea.v4i2.861




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v8i2.7659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.