Manajemen Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Unggulan Muslimat NU Kabupaten Kudus

Ummi Hanik Nashihah

Abstract


Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang minat belajar siswa dan manajemen pembelajaran matematika di SD Unggulan Muslimat NU Kabupatan Kudus. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Siswa-siswi di SD Unggulan Muslimat NU Kudus memiliki minat belajar pada mata pelajaran matematika yang beragam, diperlukan peran guru  dalam membangkitkan sikap positif dan merancang pembelajaran matematika dibutuhkan agar perlahan-lahan dapat menumbuhkan minat belajar siswa terhadap matematika; 2) Untuk meningkatkan minat belajar siswa guru lebih mengoptimalkan dalam merencanakan komponen-komponen yang ada dalam RPP yaitu tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian pembelajaran; 3) Pengorganisasian yang dilakukan dalam menunjang kegiatan belajar matematika diantaranya yaitu pengorganisasian kurikulum, sarana dan prasarana, guru, serta pengorganisasian siswa; 4) Pelaksanaan pembelajaran matematika dilakukan dalam tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dengan tetap menjaga perhatian siswa agar fokus dalam pembelajaran; 5) Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan jenis evaluasi formatif dan sumatif.

This study aims to provide an overview of students 'interest in learning and management of mathematics learning in SD Unggulan Muslimat NU Kudus. The results showed: 1) Students in SD Unggulan Muslimat NU Kudus have an interest in learning in a variety of mathematics subjects, required the role of the teacher in arousing positive attitudes and designing mathematics learning is needed so that slowly it can foster students' interest in learning towards mathematics; 2) To increase students' interest in learning the teacher optimizes in planning the components contained in the lesson plan namely learning objectives, learning materials, learning methods, learning media, learning resources, and learning assessment; 3) Organizing carried out in supporting mathematics learning activities including organizing the curriculum, facilities and infrastructure, teachers, and organizing students; 4) The implementation of mathematics learning is carried out in three activities namely preliminary, core, and closing activities while maintaining student attention so that the focus is in learning; 5) Evaluation of learning is carried out with formative and summative evaluation types.


Keywords


Manajemen Pembelajaran; Matematika; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Alquran dan Terjemahnya Al-Jumanatul ‘Ali. 2005. Jakarta: Departemen Agama RI, CV Penerbit J-Art

Arifin, Zaenal. 2011.Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Bafadal, Ibrahim. 2004 .Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya, Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta

Gradini, Ega dkk. 2020. Evektivitas Penerapan Pembelajaran Matematika Qur’ani dalam Pembelajaran Himpunan, Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, Vol. I, No. 1: 1-20.

Kusnadi, 2016. Metode Pembelajran Kolaboratif: Penggunaan Tools SPSS dan Video Scribe, Tasikmalaya: Edu Publisher

Lasmanawati, Ati. Opini : Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa, Bangka Pos, Senin (20/01/14) Diakses tanggal 3 Februari 2020, https://bangka.tribunnews.com/2014/01/20/opini-meningkatkan-minat-siswa-belajar-matematika

Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, Implementasi dan Inovasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Prastowo, Andi. 2018.. Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok: Prenada Media

Purwanto, M. Ngalim. 2004.. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Puspawati, Patria. 2008. “Manajemen Pembelajaran Pengalaman Lapangan Bidang Studi Matematika Kelompok Besar Paket A Nusa Indah di Kecamatan Bandar, kabupaten Batang”. TESIS, Universitas Negeri Semarang

Rukajat, Ajat. 2008.. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Ruseffendi. 1989. E. T. Dasar-dasar Matematika Modern dan Komputer. Bandung: Tarsito

Rusman. 2011. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Shaleh, Abdul Rahman dan Muhbib Abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta : Prenada Media

Sukirman, Dadang. 2012. Pembelajaran Micro Teaching. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. cet.3, Jakarta: Prenadamedia Group

Sutikno, Sobri. 2012. Manajemen Pendidikan: Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan yang Unggul Tinjauan Umum dan Islam. Lombok: Holistica

Wandini, Rora Rizki dan Oda Kinata Banurea. 2019.Pembelajaran Matematika untuk Calon Guru MI/SD. Medan: CV Widya Puspita




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v8i1.7430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.