Analisis PPK, Literasi, 4c daan HOTS pada Silabus dan RPP Mata Pelajaran Fikih
Abstract
Tujuan Artikel ini mengungkap kandungan unsur PPK, Literasi, 4C, dan HOTS pada dokumen silabus dan Rencana Program Pengajaran (RPP) mata pelajaran Fikih, khususnya kelas X semester ganjil. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dari penelitian yang dilakukan di MAN 2 Pasuruan, Jawa Timur ini diperoleh temuan bahwa; (1) Dokumen RPP tidak sinkron dengan dokumen silabus; (2) Unsur PPK yang terintegrasi dalam silabus dan RPP masih terbatas pada karakter religius; (3) Unsur literasi sudah cukup mendapatkan perhatian; (4) Unsur 4C baru sebatas komunikasi dan kolaborasi. Sementara berpikir kritis dan kreatifitas belum mendapatkan perhatian; (5) Tidak ditemukan unsur HOTS dalam RPP, baik di indikator KD, proses pembelajaran, maupun penilaian.
The purpose of this study is to reveal elements of PPK, Literacy, 4C, and HOTS of sillabus and instruction plan of subject Fikih in class X semester odd. By descriptive qualitative approach, from this study that toke place at MAN 2 Pasuruan, East Java, found that; (1) Document of instruction plan is not sincron to sillabus; (2) Elements of PPK which is integrated to sillabus and instruction plan are still limited to the religious character; (3) Elements of literacy is paid attention quite enough; (4) Elements of 4C is limited to communication and collaboration. While critical thinking and creativity are not paid attention yet; (5) no element of HOTS can be found in the document of instruction plan, in the indicator of KD, teaching-learning process, as well as in the assessment.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arifin, Zaenal. 2017. Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS, Volume 1, Nomor 2.
Ash Shiddieqy, Hasbi. 1987. Pengantar Ilmu Fiqh. Jakarta : Bulan Bintang.
Depag RI Ditjen Kelembagaan Agama Islam. 2004. Kurikulum 2004; Pedoman Khusus
Fiqih MTs. Jakarta: Depag.
Departemen Agama RI. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi MTs. Jakarta : Depag.
Firmansyah (Kepala Madrasah) dan Moch. Saiful Haris (Guru Fikih) MAN 2 Pasuruan.
Wawancara oleh Fatimah pada tanggal 29 Pebruari 2020.
KMA No. 183 dan 184 Tahun 2019
Kunandar, 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan
Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persad.
Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Rosdakarya.
PERPRES Nomor 87 Tahun 2017
Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prihadi, Singgih. 2017. Penguatan Ketrampilan Abad 21 Melalui Pembelajaran Mitigasi
Bencana Banjir. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP.
Razak, Nasrudin. 1985. Dienul Islam. Bandung : Al-Ma’arif.
Rustaman, N.Y. 2007. Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah dalam Pendidikan Sains dan
Asesmennya. Proceeding of the First International on Science Education. Bandung: Sps UPI.
Salinan KMA 183 tahun 2019, Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Thoha, Chabib dan Abdul Mu’ti. 1998. PHM-PAI di Sekolah Eksistensi dan Proses Belajar
Mengajar Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Tim Penyusun PPK. 2016. Panduan Penilaian Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat
Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
UU RI tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v8i1.7413
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 QUALITY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.