Internalisasi Nilai Sifat Shiddiq Nabi Muhammad SAW Melalui Pengembangan Kurikulum PAI Di SMP Negeri 1 Sarang Kabupaten Rembang

Sofyan aziz

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai sifat Shiddiq Nabi Muhammad SAW dalam membentuk kejujuran peserta didik. 2) Untuk mengetahui desain pengembangan kurikulum PAI dalam proses internalisasi nilai-nilai sifat shiddiq Nabi Muhammad SAW sehingga membentuk sikap jujur siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sarang Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, pelaporan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses internalisasi nilai sifat Shiddiq Nabi Muhammad SAW dalam membentuk kejujuran peserta didik melalui tiga tahap pelaksanaan yaitu tahap transformasi nilai berupa proses pemberian pengetahuan, tahap transaksi nilai berupa keteladanan dan pengkondisian, dan tahap ketiga yaitu tahap transinternalisasi berupa pembiasaan, konsistensi, reward and punishment, dan kegiatan ekstrakurikuler. 2) Desain pengembangan kurikulum PAI dalam proses internalisasi nilai sifat Shiddiq Nabi Muhammad SAW dalam membentuk sikap kejujuran peserta didik dibentuk melalui 3 pola integrasi yaitu integrasi program pengembangan diri yang terdiri dari pengembangan terprogram dan pengembangan terstruktur, integrasi dalam mata pelajaran dengan mencantumkan nilai jujur dalam silabus dan RPP untuk setiap kompetensi dasar mata pelajaran yang ada dalam struktur kurikulum, dan integrasi dalam budaya sekolah melalui kegiatan rutin, spontan, keteladanan, maupun pengkondisian.

 

 


Keywords


Internalisasi nilai, Sifat Shiddiq Nabi Muhammad SAW, Pengembangan Kurikulum PAI

References


Abdul Hamid, Metode Internalisasi Nilai-nilai Akhlak Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 17 Kota Palu, Jurnal Pendidikan Agama Islam – Ta’lim Vol. 14 No.2, 2016

Alan Pritchard, Ways of Learning : Learning Theoris and Learning Styles in the Classroom, Routledge, London, 2008

Almunadi, Shiddiq Dalam Pandangan Quraish Shihab, Jurnal JIA Th.17 Nomor 1, 2016

Diana Napitupulu, KPK in Action, Raih Asa Sukses, Depok, 2010

Ivan Muhammad Agung dan Desma husni, Pengukuran Konsep Amanah dalam Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Jurnal Psikologi Vol. 43 Nomor 3, 2016

Jennifer Mason, Qualitative Researching, Sage Publications, London, 2002

A. Maicel Huberman and B Miles Mathew, Qualitatif data Analisis, Edisi Bahasa Indonesia, UII Press, Jakarta, 1992

Joe L. Kinchelo, Teachers as Researches; Qualitative Inquiry as Path to Empowerment, terj. Nasir Syar’an dengan judul Guru Sebagai Peneliti, IRCISoD, Yogyakarta, 2014

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta, 2010

Kokom Komalasari dan Didin Saripudin, Integration of Anti-Corruption Education in School’s Activities, American Journal of Applied Sciences, 2015

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002

Muhammad Areya Laranta, Sifat-sifat Nabi Pembuka Sukses Hidup Dunia Akhirat, Diva Press, Yogyakarta, 2013

Muhammad Nurdin, Pendidikan Antikorupsi, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta, 2014

Nina Mariana Noor (Ed.), Etika dan Religiusitas Anti-Korupsi : Dari Konsep ke Praktek di Indonesia, Globethics.net, Geneva, 2015

Sage Publications Ltd, An Introduction to Qualitative Research Fourth Edition Sage, London, 2010

Shahid N Khan, Qualitative Research Method: Grounded Theory, International Journal of Business and Management Vol. 9 No. 11, 2014

Suparta, Pengantar Teori dan Aplikasi Pengembangan Kurikulum PAI, Rajawali Pers, Jakarta, 2016

Syaiful Anwar, Desain Pendidikan Agama Islam : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di Sekolah, Idea Press, Yogyakarta, 2014

Tusriyanto, Kepemimpinan Spiritual Menurut Quraish Shihab, Akademika Vol. 19 No. 1, 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v6i2.5766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.