Analisis Kebutuhan Modul Menulis Artikel Ilmiah sebagai Penunjang Akselerasi Publikasi Imiah Mahasiswa

Ulfah Mey Lida, Lorena Dara Putri Karsono

Abstract


Needs Analysis of the Scientific Article Writing Module as a Support for Accelerating Student Scientific Publications. This research aims to describe the results of the analysis of the need for a scientific article writing module to support the acceleration of student scientific publications. The research approach used in this research is research and development. The data collection techniques used were questionnaires, field notes and interviews. The data analysis technique in this research uses qualitative descriptive analysis through data presentation and data verification or conclusions. This technique is used to determine the requirements for the module for writing scientific articles. The teaching materials needed by lecturers are in the form of books or modules which contain a writing framework, introduction, theoretical basis, methods, analysis, results and a bibliography. Meanwhile, students need a module for writing scientific articles which includes several components, namely (1) introduction, (2) literature review, (3) methods or ways of writing scientific papers, (4) results and findings, (5) discussion, (6) ) conclusion, and (7) references.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi hasil analisis kebutuhan modul menulis artikel ilmiah sebagai penunjang akselerasi publikasi ilmiah mahasiswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket, catatan lapangan, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pemaparan data dan verifikasi atau simpulan data.Teknik ini digunakan untuk mengetahui kebutuhan modul menulis artikel ilmiah. Bahan ajar yang dibutuhkan dosen yaitu berupa buku atau modul yang di dalamnya berisikan kerangka menulis, pendahuluan, landasan teori, metode, analisis, hasil sampai dengan daftar pustaka. Sementara mahasiswa membutuhkan modul menulis artikel ilmiah yang di dalamnya terdapat beberapa komponen, yaitu (1) pendahuluan, (2) tinjauan pustaka, (3) metode atau cara penulisan karya ilmiah, (4) hasil dan temuan, (5) pembahasan, (6) kesimpulan, dan (7) referensi.


Keywords


Module Requirements; Scientific Articles; Students.

Full Text:

PDF

References


Abdelmohsen, Moustafa Mohamed, Rohaya Abdullah, and Yasir Azam. 2020. “The Development of Writing Module on Enhancing the Writing Skills of Omani General Foundation Program Students.” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research 19(9): 363–81.

Agustina, Aryanti, and Dewi Lestari. 2020. “PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN MENULIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS BATURAJA.” LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan 13(2): 241–48.

Apryliana, Agnes, and Hany Uswatun Nisa. 2019. “Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Karangan Berbasis Strategi Think-Talk-Write.” Diksi 27(2): 130–42.

Awalludin, Awalludin, and Yunda Lestari. 2017. “Pengembangan Modul Menulis Makalah Pada Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan Menulis.” Jurnal Bindo Sastra 1(2): 121.

Cahyaningrum, Fajar Dwi, and Nas Haryati Setyaningsih. 2019. “PENGEMBANGAN MODUL MENULIS TEKS CERITA FANTASI BERMUATAN NILAI KONSERVASI BAGI PESERTA DIDIK SMP.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 8(1): 56–63. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018.

Deta, Utama Alan et al. 2022. “Study of Perceptions and Obstacles from Postgraduate Education Students About Scientific Publication as a Graduation Requirement.” International Journal of Current Educational Research 1(2): 135–44.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2012. “Surat Edaran Nomor 152/E/T/2012.” Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: 1.

Fauzan, Moh. 2021. “Pengembangan Modul Inovatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VII: 643–54.

Hidayah, Rusly, Dina Kartika Maharani, and Muchlis. 2020. “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Kimia SMA Di MGMP Kimia SMA Kabupaten Kediri.” Jurnal ABDI 5(2): 107–10.

Ilmiani, Aulia Mustika, Ahmadi Ahmadi, Nur Fuadi Rahman, and Yulia Rahmah. 2020. “Multimedia Interaktif Untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 8(1): 17–32.

Juniarti, Yanti. 2019. “Pentingnya Keterampilan Menulis Akademik Di Perguruan Tinggi.” Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya 2(1): 185–89. http://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/1593.

Lida, Ulfah Mey. 2016. “Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Paragraf Argumentasi Dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Untuk Siswa Kelas 10 SMA.” In Prosiding Seminar Nasional: Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Penelitian Dan Kearifan Lokal Dalam Kehidupan, eds. Novi Eka Susilowati et al. Malang: Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, 281–91.

———. 2021a. “Pemanfaatan Media Padlet Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMA.” In Yang Terdepan Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring, ed. Adi Wijayanto. Tulungagung: Akademia Pustaka, 125–32. https://files.osf.io/v1/resources/8z5cd/providers/osfstorage/60d590b2e779a500e2a0c145?format=pdf&action=download&direct&version=1.

———. 2021b. “Penalaran Dalam Esai Mahasiswa Terkait Covid-19.” In Prosiding Seminar Hasil Penelitian Kebahasaan Dan Kesastraan, eds. Harianto, Prima Duantika, Yeni Yulianti, and Dedy Ari Asfar. Kalimantan Barat: Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat, 301–11.

Malahayati, Eva Nurul, and Farida Nurlaila Zunaidah. 2021. “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Kurikulum.” Jurnal Basicedu 5(6): 6218–26.

Marefanda, N., Maifizar, A., Nurkhalis, N., Saputra, A., Yana, R. H., & Lestari, Y. S, Triyanto. T. 2020. “Transfer Knowledge: Submit Artikel Pada Jurnal Online Berbasis OJS Untuk IPELMAS.” Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar 2(1): 52–62.

Nasution, Hasnawati et al. 2022. “International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding Development of Official Letter Writing Module as Indonesian Language Training Teaching Material.” : 536–43.

Nasution, Mahyuddin KM. 2017. “Karya Ilmiah.” Teknik penulisan Karya Ilmiah 13(2): 83–103.

R. Hariyani Susanti. 2023. “Penulisan Karya Ilmiah Sebagai Salah Satu Tools Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.” Jurnal Inovasi Edukasi 6(1): 5–6.

Salam, Rudi, Muhammad Akhyar, Abd. Muhaimin Tayeb, and Risma Niswaty. 2017. “Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Mahasiswa Dalam Menunjang Daya Saing Perguruan Tinggi.” Jurnal Office 3(1): 61.

Santyasa, I Wayan. 2009. “Metode Penelitian Pengembangan Dan Teori Pengembangan Modul.” Universitas Pendidikan Ganesha 28: 1–28.

Sarnapi. 2020. “Bermodalkan Keyakinan, 90 Paper Mahasiswa UIN SGD Masuk Konferensi Internasional.” Jurnal Soreang. Pikiran-Rakyat.com.

Setiawan, Rahmat, Nukmatus Syahria, Ferra Dian Andanty, and Salim Nabhan. 2022. “Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kota Surabaya.” Jurnal Gramaswara 2(2): 40–50.

Sugilar, Hamdan, Tedi Priatna, and Wahyudin Darmalaksana. 2018. “Higher Education Policy Strategy in Acceleration of Research Results Publication.” 1: 321–25.

Tarigan, Fatin Nadifa, Alwi Fahruzy Nasution, and Siti Aminah Hasibuan. 2023. “Literasi Data : Kemampuan Dan Kesulitan Mahasiswa Dalam Penulisan Dan Publikasi Artikel Jurnal Ilmiah.” Jurnal Ilmiah Korpus 7(2): 213.

Vitrianingsih, Devi, Ita Aulianingsih, and Hadma Yuliani. 2021. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) IPA Terintegrasi Islam.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 5(1): 27.

Zamzamy, Dieni Amalia. 2021. “Development of Multimodal Language Teaching Materials for Foreign Speaker (BIPA) during Pandemic Time.” English Language and Literature International Conference (ELLiC) Proceedings 4: 21–31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.