Menyelaraskan Keyakinan dan Pembelajaran; Menggali Dinamika Internalisasi Islam dalam Dikotomi Pendidikan

Ahmad Teguh Purnawanto, Sofyan Anif, Harun Joko Prayitno, Ahmad Muhibbin

Abstract


Aligning Beliefs and Learning; Exploring the Dynamics of Islamic Internalisation in Educational Dichotomy. Islamic education offers mercy for all nature that is able to guide the lives of all nature. Islamic education faces challenges in the global era that confronts the competence of modern life. Changes in the pattern and form of Islamic education must be able to answer the needs of the times. Islamic education must strive to never stop the process of building and educating the nation's children across generations. This research aims to investigate the relationship between belief and learning in the context of the dynamics of Islamic internalisation in the dichotomy of education. Education is often regarded as a platform for transmitting religious values, including Islam, to the younger generation. The research method involves a qualitative study with a literature review phenomenological approach to understand the relationship between the dichotomy of science and Islamic education in Indonesian human character education. Thematic analysis was conducted to identify major themes and patterns in the literature. The results provide an in-depth understanding of how beliefs are influenced by learning experiences, as well as the extent to which formal and informal experiences play a role in the internalisation of Islamic values. Islamic education should be implemented through an interdisciplinary educational approach that integrates Islamic concepts and values with other disciplines. The practical implications of this research can be used to develop more effective learning methods in responding to learners' spiritual and moral needs, while considering the dynamics of Islamic internalisation in the two dimensions of education.


Pendidikan Islam menawarkan rahmat bagi seluruh alam yang mampu menjadi penuntun kehidupan seluruh alam. Pendidikan Islam menghadapi tantangan dalam era global yang menghadapkan pada kompetensi kehidupan modern. Perubahan pola dan bentuk pendidikan Islam harus mampu menjawab kebutuhan jaman. Pendidikan Islam harus diusahakan untuk tidak pernah berhenti berproses dalam membangun dan mencerdaskan anak bangsa lintas generasi. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara keyakinan dan pembelajaran dalam konteks dinamika internalisasi Islam dalam dikotomi pendidikan. Pendidikan seringkali dianggap sebagai wadah untuk mentransmisikan nilai-nilai agama, termasuk Islam, kepada generasi muda. Metode penelitian ini melibatkan studi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi literature review untuk memahami hubungan antara dikotomi ilmu dan pendidikan Islam dalam pendidikan karakter manusia Indonesia. Analisis tematik dilakukan untuk mengidentifikasi tema utama dan pola dalam literatur. Hasil penelitian memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana keyakinan dipengaruhi oleh pengalaman pembelajaran, serta sejauh mana pengalaman formal dan informal berperan dalam internalisasi nilai-nilai Islam. Pendidikan Islam sebaiknya dilaksanakan melalui pendekatan pendidikan interdisipliner yakni pendekatan pendidikan yang mengintegrasikan konsep dan nilai-nilai agama Islam dengan disiplin ilmu lainnya. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam merespons kebutuhan spiritual dan moral peserta didik, sambil mempertimbangkan dinamika internalisasi Islam dalam dua dimensi pendidikan.

Keywords


Dichotomy of science; Internalisation of Islam; Islamic education.

Full Text:

PDF

References


Abdul, W. (2014). Dikotomi Ilmu Pengetahuan. Istiqra, 1(2), 277–282. Retrieved from https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/215

Ahmad Ainun Najib. (2020). Konsep Dasar Pendidikan Nahdlatul Ulama KH. Hasyim Asy’ari. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 67–80. https://doi.org/10.36840/ulya.v5i1.244

Bisyri, M. H. (2009). Mengakhiri Dikotomi dalam Dunia Pendidikan. Farum Tarbiyah, 07(02), 181–194. Retrieved from http://103.142.62.205/index.php/forumtarbiyah/article/view/261

Burhanuddin, H. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al Qur’an. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.217

Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 212–229. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.77

Daimah, D. (2018). Pendidikan Inklusif Perspektif QS. Al-Hujurat Ayat 10-13 Sebagai Solusi Eksklusifisme Ajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(1), 53–65. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1837

Fithriani. (2016). Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Manusia, Masyarakat Dan Lingkungan. Jurnal Intelektualita, 4(1), 47–65. Retrieved from http://narqwelovers.blogspot.co.id/2015/12/pandangan-filsafat-pendidikan-islam_15.html

Hamami, T. (2004). Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum Sebagai Keharusan Sejarah. Jurnal Pendidikan Agama ISlam, 1(2), 171–191. Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8665/

Hamzah, A. R. (2017). Konsep Pendidikan Dalam Islam Perspektif Ahmad Tafsir. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(01), 73–89. https://doi.org/10.24127/att.v1i01.336

Huda, S., & Kusumawati, D. (2019). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Pendidikan. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 163. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i2.2607

Jofipasi, R. A., Efendi, J., & Asri, R. (2023). Strategi Pendidikan Inklusif Berbasis Pemikiran Al-Ghazali : Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Special Education Lectura, 1(2), 15–23.

Khotimah, A. H., Azizah, A., Ginting, N., Siddik, M. F., & Darlis, A. (2022). Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2(2), 82–91. https://doi.org/10.56672/attadris.v2i2.69

Mutia Nur Putri, R., Nulhakim, A., Junaidi Nasution, H., Saputra, R., & Husna, D. U. (2023). Peran Wawasan Pendidikan Karakter Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 573. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5549

Nasohah, L. (2021). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama melalui Pendidikan Penguatan Karakter dalam Masyarakat Heterogen. Prosiding Nasional, 4(November), 127–146. Retrieved from http://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/68

Nasution, S. R. M. (2017). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 127–146. https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v4i2.932

Novianto, B. (2021). Moderasi Islam di Indonesia Perspektif Peradaban Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 86–102.

Nur’Aini, Sugiati, Dana, M. A., Wahyudi, & Ramadhani, S. (2020). At-Tarbiyah Sebagai Konsep Pendidikan Dalam Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan, 6(1), 88–104.

Nuraliah Ali, S. N. (2019). Pendidikan Islam Multikultur: Relevansi, Tantangan, dan Peluang. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(I), 24–42.

Parhan, M., & Sutedja, B. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Agama Islam Di Universitas Pendidikan Indonesia. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 114–126. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20165

Primarni, A. (2024). Pendidikan Islam dan Tantangan Kontemporer: Strategi Mengatasi Radikalisme dan Ekstremisme Melalui Pendidikan Holistik. Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(1), 56–69. https://doi.org/10.17467/jdi.v6i1.4937

Purnamasari Iin, R. N. D. , H. (2023). Pendidikan Islam Transformatif. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 13–22.

Purnomo, P., & Solikhah, P. I. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Islam Inklusif : Studi Tentang Inklusivitas Islam Sebagai Pijakan Pengembangan Pendidikan Islam Inklusif. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 114–127. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.13286

Qodir, Z. (2019). Islam Berkemajuan Dan Strategi Dakwah Pencerahan Umat. Jurnal Sosiologi Reflektif, 13(2), 209. https://doi.org/10.14421/jsr.v13i12.1630

Rahmat, R. (2019). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Interdisipliner Sebagai Corak dan Solusi Pendidikan Agama Islam Era 4.0. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(2), 349–361. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i2.821

Rasyid, R. (2019). Kepemimpinan Transformatif K. H. Ahmad Dahlan Di Muhammadiyah. Humanika, 18(1), 50–58. https://doi.org/10.21831/hum.v18i1.23128

Riri Nurandriani, & Sobar Alghazal. (2022). Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 27–36. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i1.731

Sahlan, A. (2011). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Kontekstual. El-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Keagamaan, VIII(2), 217–227.

Shodiq, S. F. (2019). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(02), 216–225. https://doi.org/10.24127/att.v2i02.870

Sholeh, K. (2018). Masuknya Agama Islam Di Palembang Pada Masa Kerajaan Sriwijaya Abad VII Masehi. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 5, 207–208.

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Siddik, H. (2022). Hasbi Siddik-2022-Konsep dasar pendidikan islam. Jurnal Kependidikan, 14(1), 1–17.

Siti, E., Mts, R., Parakan, N., Parakan, K., & Temanggung, K. (2015). Pemikiran Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Prof. Achmadi (Ema Siti Rohyani) Pemikiran Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Prof. Achmadi. 173–200. https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v7i2.173-200

Sofwan. M, & Habibi. Akhmad. (2016). Problematika dunia Pendidikan Islam Abad 21 dan Tantangan Pondok Pesantren di Jambi. Jurnal Kependidikan, 46(2), 271–280. Retrieved from https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1507956&val=446&title=PROBLEMATIKA%20DUNIA%20PENDIDIKAN%20ISLAM%20ABAD%2021%20DAN%20TANTANGAN%20PONDOK%20PESANTREN%20DI%20JAMBI

Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882

Sulindawati, N. L. G. E. (2018). Analisis Unsur-Unsur Pendidikan Masa Lalu Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pembelajaran Pada Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1), 51–60. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i1.14363

Sunarso, A. (2020). Dengan demikian,budaya religius sekolah adalah terwujudnya nilai-nilai ajaran agama sebagai tradisi dalam berperilaku dan budaya organisasi yang diikuti oleh seluruh warga sekolah. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 155–169.

Supriadi, H. (2016). Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2), 92–119.

Wulandari, F. (2021). Konsep Pendidikan Holistik dalam Membina Karakter Islami. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(September 2021), 157–180.

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. (1978). Islam and Secularism. Kuala Lumpur: ISTAC.

Qodir, Abdul. (2001). Pendidikan Islam dalam Perspektif Islam. Bandung: Mizan.

Nurhadi. (2011). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudrajat, Ahmad. (2014). Pendidikan Islam dan Kebudayaan di Indonesia. Bandung: Mizan.

Zainal, Arifin. (2015). Filsafat Pendidikan Islam: Sejarah, Konsep dan Pemikirannya, Jakarta: Rajawali Pers.

Huda, Nurul. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Amin, Abdullah dkk, (2003) Menyatukan Kembali Ilmu-ilmu Agama dan Umum: Upaya memperrtemukan Epistemologi, Yogyakarta: SukaPress,2003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.