Quality Assurance at Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Based on Ahlussunnah wal Jama'ah Values

Abdul Rozaq, Giyoto Giyoto, Siti Isnaniah

Abstract


Quality assurance in higher education is an important program that must be implemented by all higher education institutions. The quality assurance of Universitas Nahdlatul Ulama (Nahdlatul Ulama Islamic University/UNISNU) Jepara has characteristics that differ from other higher education institutions. This research aims to analyze the quality assurance of UNISNU Jepara. The method used in this research is qualitative analysis. The subjects and informants of this research are the rector, head of quality assurance institution, head of Aswaja study center, lecturers, and other technical staff. The research findings indicate that the characteristics of quality assurance at UNISNU Jepara include 7 additional standards, such as vision and mission standards, academic atmosphere standards, cooperation standards, information technology standards, graduate student standards, online learning standards, and governance standards based on the values of Ahlussunnah wal Jama'ah, producing 10 personality values that are implemented and internalized into academic community activities including university work programs, teaching and learning processes, and student activities, namely: moderate (tawassut), balanced (tawazun), tolerant (tasamuh), and just (i'tidal) values used as guidelines in all aspects of life to improve quality assurance and the quality of education provision.


Penjaminan Mutu Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Berbasis Nilai-Nilai Ahlussunnah wal Jama'ah. Penjaminan mutu di perguruan tinggi merupakan program penting yang harus dilaksanakan oleh semua institusi pendidikan tinggi. Penjaminan mutu Universitas Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara memiliki karakteristik yang berbeda dengan perguruan tinggi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penjaminan mutu UNISNU Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Subjek dan informan penelitian ini adalah rektor, kepala lembaga penjaminan mutu, kepala pusat studi Aswaja, dosen, dan staf teknis lainnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa karakteristik penjaminan mutu di UNISNU Jepara meliputi 7 standar tambahan, yaitu standar visi dan misi, standar suasana akademik, standar kerja sama, standar teknologi informasi, standar mahasiswa pascasarjana, standar pembelajaran daring, dan standar tata kelola yang berlandaskan nilai-nilai Ahlussunnah wal Jama'ah, menghasilkan 10 nilai kepribadian yang diimplementasikan dan diinternalisasikan ke dalam kegiatan sivitas akademika meliputi program kerja perguruan tinggi, proses belajar mengajar, dan kegiatan kemahasiswaan, yaitu Nilai-nilai moderat (tawassut), seimbang (tawazun), toleran (tasamuh), dan adil (i'tidal) yang digunakan sebagai pedoman dalam semua aspek kehidupan untuk meningkatkan penjaminan mutu dan kualitas penyelenggaraan pendidikan.


Keywords


Ahlussunnah wal Jama’ah values; UNISNU; Quality Assurance.

Full Text:

PDF

References


Anam, H. 2014. Aswaja dan NKRI: Upaya Mempertahankan NKRI melalui Aswaja. Islamuna STAIN Pamekasan.

Aspranawa, A. D. P. 2015. Memahami Quality Assurance Menjadikan Budaya Mutu Perguruan Tinggi. An-Nisbah Universitas Islam Blitar.

Hamdatu, M. M. A. 2013. Application of Quality Assurance & Accreditation in the Instituts of Higher ducation in the Arab World (Desciptive & Analytical Survey). American International Journal of Contemporary Research.

Helmawati. 2018. Implementasi Nilai-nilai ASWAJA dalam Memperkokoh Karakter Bangsa dan Mewujudkan Entitas NKRI. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth. Sports & Health Education.

Mufid, A. S. 2013. Paham Ahlu Sunnah Wal Jama’ah dan Tantangan Kontemporer dalam Pemikiran dan Gerakan Islam di Indonesia. Peneliti Puslitbang Kehidupan Keagamaan Badan Penelitian Pengembangan dan Pendidikan dan Latihan Kementerian Agama RI.

Mujtahid. 2014. Membangun Perguruan Tinggi Islam Berbasis Mutu. UIN Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Munawir. 2016. Aswaja NU Center dan Perannya sebagai Benteng Aqidah. Shahih. LP2M IAIN Surakarta.

Musgamy, Awaliah. 2016. Sistem Penjaminan Mutu pada Perguruan tinggi Keagamaan Islam Negeri di Sulawesi Selatan. UIN Alauddin Makassar.

Mutiara, A. B. 2017. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Profesi Bidang TIK dan Kesalahpahaman Tentang Ilmu Komputer. Universitas Gunadarma.

Siregar, Linda Erawati. 2021. Penjaminan Mutu Pendidikan Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Tapanuli (STAITA) Padang Sidimpuan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 5, No. 2, 2021.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, A. 2016. Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Universitas Gadjah Mada. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 4, No. 1, April 2016.

Warits, A. 2015. Pengembangan Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Pesantren Melalui Pendekatan Total Quality Manajemen. Prosiding Seminar Nasional & Temu Ilmiah Jaringan Peneliti Institut Ilmu Keislaman Annuqayah. IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.