PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN (Studi di Pondok Pesantren Al-Inayah Cebolek Kidul Margoyoso Pati)

Muhammad Minan Zuhri, Suparmin *

Abstract


This study aimed to describe the depth of : (1 ) How does the material being taught character education in boarding school Al-InayahCebolek Margoyoso Pati Kidul ? (2) How is the implementationof character education in boarding school Al-Inayah CebolekMargoyoso Pati Kidul ? (3) What are the factors supporting andinhibiting factors in the implementation of character educationboarding school Al - Inayah Cebolek Margoyoso Pati Kidul ?This study focused on the implementation of character educationhow boarding school in Al - Inayah Cebolek Margoyoso PatiKidul?. This research includes field research (Field Research) with qualitative approaches. Data collection techniques in this study : (1) interview ( interview), (2) observation, and (3) documentation.Data analysis techniques include: (1) Reduction of Data (DataReduction), (2) Presentation of Data (Data Display) , and (3)Verification (Clonclusion Drawing). Implementation of charactereducation in boarding school Al - Inayah Cebolek Margoyoso Pati Kidul implemented submit items about religiosity, honesty,discipline, self-confidence, self-reliant, caring, responsibility,curiosity, and love for the country through exemplary method,advice, habituation, and memorization.

References


Amin, Tatang M. 1992. Pokok-Pokok Teori Sistem. Jakarta: Rajawali Press.

Arifin, Muzzayin. 2007. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunillah, Nurla Isna. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Laksana.

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Daradjat, Zakiah. 2002. Psikoterapi Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Departemen Agama RI. 2007. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Yayasan

Penyelenggara Penterjemah dan Pentafsir Al-Qur’an, Depag RI. _________. 2003. Pola Pembelajaran di Pesantren. Jakarta: Dirjen KAI &

Direktorat Pendidikan Keagamaan Ponpes. _________. 2005. Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta: Dirjen KAI-DPK dan Ponpes.

Departemen Pendidikan Nasional, 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Fatah, Rohadi Abdul, dkk. 2005. Rekonstruksi Pesantren Masa Depan: Dari Tradisional, Modern, Hingga Post Modern. Jakarta: PT Listafariska Putra.

Ghazali, M. Bahri. 2003. Pesantren Berwawasan Lingkungan. Jakarta: Prasasti.

Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Ofset.

Hasbullah. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam di Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Iffatun, “Peran Sistem Pendidikan Pondok Pesantren dalam Pembentukan

Perilaku Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati Tahun 2011)”, Skripsi, (Unwahas, 2011).

Ismail SM (ed). 2000. Pendidikan Islam, Demokrasi dan Masyarakat Madani. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertam. Jakarta: Kemendiknas.

Kholiq, Abdul. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, Semarang.

Ma’arif, A. Syafi’i, et.all. 1991. Pendidikan Islam di Indonesia (Antara Cita dan Fakta). Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogyakarta.

Madjid, Nur Cholish. 1997. Bilik-Bilik Pesantren; Sebuah Potret Perjalanan Sejarah. Jakarta: Paramadina.

Mochtar, Affandi. 2001. Membedah Diskursus Pendidikan Islam. Jakarta: Kalimah.

Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Puskur Kemendiknas. 2009. Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur Balitbang, Kemendiknas.

Sasono, Adi, et.all. 1998. Solusi Islam atas Problematika Umat. Jakarta: Logos.

Sudrajat, Ahmad, “Pendidikan Karakter”, http://ahmadsudarajat.wordpress. com/journal/item/Pendidikan_Karakter/09/08/2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2006.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suradji, Muhammad, ”Penerapan Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok

Pesantren Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana Pati”, Skripsi, (Semarang: Unwahas, 2007).

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thoha, Chabib, ”Mencari Format Pesantren Salaf”, dalam Majalah Bulanan Rindang, No. 9 Th. XXVI April 2001.

Uhbiyati, Abu dan Nur Uhbiyati. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Dirjen Pendais Depag RI, 2006.

Wirosukarto, Amir Hamzah, et.all. 1996. KH. Imam Zarkasyi dari Gontor Merintis Pesantren Modern. Ponorogo: Gontor Perss.

Yunus, Mahmud. 1990. Sejarah Pendidikan Indonesia. Jakarta: Hidakarya.Yasmadi. 2005. Modernisasi Pesantren; kritik Nurcholish Madjid terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Bandung: Quantum Teaching.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v1i2.211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.