Analysis of User Satisfaction on Master Alumni of Islamic Education Management (MPI) at IAIN Kudus

Adri Efferi

Abstract


This research is based on field conditions; there is a gap between the knowledge gained from lectures and the working conditions faced, so users feel dissatisfied. Even though alumni work in the community or the world of work, it indirectly becomes a free promotion for the study program. It will certainly be an attraction for prospective students. This study aims to determine the user satisfaction level of IAIN Kudus Postgraduate alumni, especially from the Islamic Education Management (MPI) Study Program. This research uses a qualitative approach and surveys as tools for data collection. Analysis techniques use the flow of exposure, reduction and conclusion. The research results are that the competencies obtained by alums are quite relevant to enter the world of work; the high level of user satisfaction with alumni evidenced this.
Analisis Kepuasan Pengguna Alumni Magister Manajemen Pendidikan Islam di IAIN Kudus. Penelitian ini berdasarkan kondisi lapangan, terdapat kesenjangan antara ilmu yang diperoleh dari perkuliahan dengan kondisi kerja yang dihadapi, sehingga pengguna merasa tidak puas. Padahal kiprah alumni di masyarakat atau dunia kerja, secara tidak langsung menjadi promosi gratis bagi program studi, dan tentunya akan menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa. Tujuan penelitian ini mengetahui tingkat kepuasan pengguna alumni Pascasarjana IAIN Kudus khususnya dari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan survei sebagai alat untuk pengumpulan data. Teknik analisis menggunakan alur pemaparan, reduksi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian, kompetensi yang diperoleh alumni cukup relevan untuk memasuki dunia kerja, hal ini dibuktikan dengan tingkat kepuasan pengguna yang tinggi terhadap para alumni. 

Keywords


Islamic Education Management; Graduates; User Satisfaction.

Full Text:

PDF

References


Andrika dkk. 2019. “Rancangan Sistem Informasi Penelusuran Pengguna Alumni Berbasis Web.” SISFOTENIKA.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. 1st ed. Bandung: Rineka Cipta.

Dirjen Dikti. Panduan Sistem Tracer Study Online. Jakarta: Dikti.

Fajar, Laksan. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hidayati, et.al. 2020. Pedoman Tracer Study. Surabaya: Unesa.

Kirana dan Wahdaniyah. 2018. “Implementasi Aplikasi Alumni Berbasis Mobile Application.” Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika 4.

Kotler, Philip J. 1997. Marketing Management. New York: Prentice Hall.

Meidelfi, dkk. 2018. “Prosiding Sisfotek.” In Perancangan Aplikasi Alumni Untuk Mendukung Akreditasi (Studi Kasus; Jurusan TI PNP),.

Sahney, et.al. 2004. “A Serqual and QFD Approach to Total Quality Education; a Student Perspective.” International Journal of Productivity and Performance management 53(2).

Sailah, Illah dan Aribowo. 2008. Pengembangan Soft Skills Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Soemantri, dkk. 2010. Kajian Relevansi Lulusan Jurusan Pendidikan Geografi UNY Tahun 2005-2009. Yogyakarta.

Suhatril, R.J. 2019. Tracer Study Online. Jakarta.

Syafiq, A. 2017. Konsep Dan Implementasi Tracer Study.

Tim Penyusun. “Laporan Tracer Study, Survey Kepuasan Pengguna Lulusan Tahun 2021.” Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Kudus. 2021

Wijaya, ADH dkk. 2017. “Sistem Informasi Eksekutif Data Alumni Perguruan Tinggi Menggunakan Data Warehouse IGKG.” Jurnal Sistem dan Informatika 11(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v11i1.20645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.