Gerakan Literasi Keagamaan sebagai Strategi Pembinaan Karakter Religius pada Siswa Sekolah Dasar

Isnaini Nur Azizah, Ratnasari Diah Utami

Abstract


The Religious Literacy Movement as a Strategy for Developing Religious Character in Elementary School Students. The religious literacy movement is an activity that concentrates on sources of information related to religion. The existence of religious literacy is closely related to one's religious character, so that if religious literacy activities are driven, it will affect the increase in student religiosity. This study aims to describe the implementation of the religious literacy movement in elementary schools. The method used is qualitative in field research. Based on the results of research, the religious literacy movement is carried out on a daily, weekly or incidental basis. Daily prayers before and after studying, reading short letters, reading corners, dhuha and noon prayers. Then weekly activities, namely morning assembly filled with Islamic stories as well as reading verses of the Qur'an together and visiting the library. Incidental activities, namely the celebration of Islamic holidays, such as the splendor of Ramadan, Islamic boarding schools, Eid al-Fitr, Halal Bihalal and Isra Miraj commemoration. In the effort to implement the religious literacy movement, there are several supporting factors and inhibiting factors.

 

Gerakan literasi keagamaan merupakan kegiatan yang berkonsentrasi pada sumber informasi yang berhubungan dengan agama. Keberadaan literasi keagamaan berkaitan erat dengan karakter religius seseorang, sehingga apabila kegiatan literasi keagamaan digerakkan, maka akan berpengaruh pada peningkatan religiusitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi keagamaan di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dalam bentuk Field Research atau penelitian lapangan. Berdasarkan hasil penelitian gerakan literasi keagamaan dilaksanakan secara harian, mingguan maupun insidentil. Harian berupa berdoa sebelum dan sesudah belajar, membaca surat pendek, pojok baca, salat duha dan salat dzuhur. Kemudian kegiatan mingguan yaitu apel pagi yang diisi dengan cerita islami maupun membaca ayat Al-Qur’an secara bersama-sama dan kunjungan perpustakaan. Kegiatan insidentil yaitu perayaan hari besar islam, seperti semarak ramadhan, pesantren kilat, idul fitri, halal bihalal dan memperingati isra miraj. Dalam upaya pelaksanaan gerakan literasi keagamaan terdapat beberapa faktor pendukung maupun faktor penghambat.


Keywords


Literacy; Religion; Religious Character.

References


Abdul Muid, Umi Latifah. 2022. “Pembiasaan Melafalkan Surat-Surat Pendek Dalam Menanamkan Karakter Religius Anak Usia Dini Di RA Nurul Huda Sambisari Surabaya.” JIPPI Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Islam 33(1): 1–12.

Aji Sofanudin, Dkk. 2020. Literasi Keagamaan Dan Karakter Peserta Didik. 1st ed. ed. Aji Sofanudin dan Ahmad Muntakhib. Yogyakarta: Diva Press.

Djamaluddin, Ahdar. 2014. “Filsafat Pendidikan (Educational Phylosophy).” Istiqra’ 1(2): 129–36.

Febiantoni, Fungki. 2022. “Nilai-Nilai Karakter Peristiwa Isra Mi’raj Dalam Pendidikan Agama Islam Di Indonesia.” Humanika 22(1): 41–64.

Habibah, Maimunatun, and Siti Wahyuni. 2020. “Literasi Agama Islam Sebagai Strategi Pembinaan Karakter Religius Siswa Ra Km Al Hikmah Kediri.” JCE (Journal of Childhood Education) 4(1): 120.

Huda, Udey Riyadul. 2016. “Upaya Menanamkan Literasi Moral Keagamaan Pada Siswa Sekolah Dasar.” Https://Medium.Com/ 3(1): 34–41. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Irwansyah, Irwansyah, and Nurmahani Tanjung. 2021. “Religious Culture Melalui Manajemen Pembiasaan Yayasan Pendidikan Islam Terpadu Bintang.” Jurnal Ilmu Pendidikan dan KeIslaman 3(2): 41–48.

Kadi, Titi. 2020. “Literasi Agama Dalam Memperkuat Pendidikan Multikulturalisme Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Islam Nusantara 04(01): 81–91. http://jurnalnu.com/index.php/as/index.

Kholidah, Nur Lilik dkk. 2019. “Pendidikan Agama Islam Dan Penguatan Karakter Religius Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri” Pendidikan Agama Islam Dan Penguatan Karakter Religius Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri. 1st ed. Malang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang.

Ngurah Suragangga, I Made. 2017. “Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas.” Jurnal Penjaminan Mutu 3(2): 154.

Nurzakiyah, Cucu. 2018. “Literasi Agama Sebagai Alternatif Pendidikan Moral.” Jurnal Penelitian Agama 19(2): 20–29.

Rohim, cahya dhina, and Septina Rahmawati. 2020. “Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Di Sekolah Dasar Negeri.” Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 6(3): 2.

Sopian, Ahmad. 2016. “Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan.” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 1(1): 88–97.

Srifariyati. 2022. “Pelaksanaan Pembiasaan Shalat Dhuha Bersama Dalam Pembentukan Kedisiplinan Ibadah Sholat Fardhu Peserta Didik Kelas V Mi Miftahul Ulum Kejene Randudongkal Pemalang Tahun.” 1: 93–109.

Sudrajat, Ajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter 1(1): 47–58.

Sulistyawati, Prihatin, Vera Hayatun Sunnah, and Dwi Agus Setiawan. 2018. “Kajian Pendidikan Karakter Berbasis Religi Dalam Menangani Problematika Kenakalan Anak SDN Gadang 1 Malang.” Jurnal Inspirasi Pendidikan 8(2): 37–44.

Suyono, Harsiati Titik, and Ika Sari Wulandari. 2017. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 26(2): 116–23. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3050.

Swandar, Refi. 2017. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Di SD Budi Mulia Dua Sedayu Bantul.” Laporan Penelitian: 27.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v11i1.19916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.