Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Masholihul Huda Krapyak Jepara

Subaidi Subaidi, Fathul Mufid, Ahmadun Ahmadun

Abstract


Strengthening Student Character Through Learning Management Aqidah Akhlak at MI Masholihul Huda Krapyak Jepara.This study aims to explain the strengthening of the character of students through learning management of aqeedah morals at the Masholihul Huda Krapyak Jepara madrasah with a qualitative approach. Collecting data in this study through interviews, observation and documentation. Data analysis techniques are through reduction, display, and verification. In conclusion: 1) the preparation of an implementation plan for aqidah moral learning includes: religious, honest, disciplined behavior, responsibility when interacting with family, friends, ustdaz, and neighbors; 2) the implementation of aqidah moral learning is in accordance with the initial planning, namely: the implementation of religious behavior, honesty, discipline, responsibility when interacting with family, friends, ustadz, and neighbors; 3) the evaluation process is carried out by the head of the madrasa as well as the curriculum sector; 4) Strengthening character education includes religious, honest, disciplined and responsible characters.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penguatan karakter peserta didik melalui manajemen pembelajaran aqidah akhlak di madrasah Masholihul Huda Krapyak Jepara dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis datanya melalui reduction, display, dan verification. Kesimpulannya: 1) penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak meliputi: karakter relegius, jujur, disiplin, tanggung jawab ketika berinteraksi dengan keluarga, sahabat, ustdaz, dan tetangga; 2)  pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak sesuai dengan perencanaan awal yaitu: terimplemetasinya karakterrelegius, jujur, disiplin, tanggung jawab ketika berinteraksi dengan keluarga, sahabat, ustadz, dan tetangga; 3) proses evaluasi dilakukan kepala madrasah serta bidang kurikulum; 4) penguatan karakter meliputi: karakter relegius, jujur, disiplin dan tanggung jawab.


Keywords


Aqidah Morals; Learning Management; Student Character.

References


Agustama, Bayu Rohman et al. 2022. “Penerapan Nilai-Nilai Karakter Disiplin Dan Kerja Keras Dalam Kegiatan Latihan Futsal Di Sekolah Futsal T Futsal Academy.” Jurnal Kewarganegaraan 6(1): 391–401. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2495.

Ardila, Risma Mila, Nurhasanah Nurhasanah, and Moh Salimi. 2017. “Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya Di Sekolah.” In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, , 79–85. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11151.

Budiman, A. (2013). Efisiensi Metode dan Media Pembelajaran dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Ta’dib: Journal of Pesantren Education, 8(1), 60–61. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21111/at-tadib.v8i1.514

Dwi, Ahmad, and Nur Khalim. 2016. “Pola Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlaq Di MTs Negeri 6 Sleman.” ÁL-FÂHIM Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: 36–57. http://staitbiasjogja.ac.id/jurnal/index.php/alfahim/article/view/57.

Fatimah, Ade Evi. 2016. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan Melalui Pendekatan Differentiated Instruction.” MES (Journal of Mathematics Education and Science) 2(1). https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/111.

Faiqoh, N. (2015). Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter Kejujuran, Toleransi, Dan Cinta Damai Pada Anak Usia Dini Di Kiddy Care, Kota Tegal. BELIA: Early Childhood Education Papers, 4(2), 78–85. https://doi.org/10.15294/BELIA.V4I2.7541

Fatoni, Bagus, and Moh. Turmudi. 2018. “Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak Berwawasan Multikultural Di MTs Negeri 1 Kediri.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 8(2): 251–60. https://www.ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/716.

Gestiardi, Rivan. 2021. “Penguatan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Sekolah Dasar Di Era Pandemi.” Jurnal Pendidikan Karakter XI(1): 1–11. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/39317/pdf.

Gunawan, Rahmat, Suyitno Suyitno, and Slamet Supriyadi. 2018. “Nilai Pendidikan Karakter Religius Dan Cinta Tanah Air Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi.” AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam 23(2): 331. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/1238.

Hamid, Abdulloh, and Mohamad Samsul Hadi. 2020. “Desain Pembelajaran Flipped Learning Sebagai Solusi Model Pembelajaran PAI Abad 21.” Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus 8(1): 149. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/issue/archive.

Hanik, E. U., & Ahsani, E. L. F. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Sikap Religius Peserta Didik MI Mafatihul Akhlaq Jepara. QUALITY: journal of empirical research in Islamic education, 9(2), 279. https://doi.org/10.21043/quality.v9i2.12533

Kurniawan, M. W. (2021). Penguatan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah Di SD Muhammadiyah 4 Batu. ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an), 8(2), 295–302. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1393

Lia Nur Khamidah, A. K. H. (2018). Kaitan Manajemen Pendidikan Terhadap Penguatan Karakter Siswa di MI Ruhuhl Qur’an Pancur. QUALITY: journal of empirical research in Islamic education, 6(1), 31–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/quality.v6i1.5749

Mubarok, A. Z. (2019). Model Pendidikan Pesantren Terpadu Dalam Membina Karakter Di Era Globalisasi. QUALITY: journal of empirical research in Islamic education, 7(1), 191–204. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/quality.v7i1

Mujab, S. (2020). Pendidikan Karakter sebagai Basis Revolusi Mental Guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Demak. QUALITY: journal of empirical research in Islamic education, 8(5), 219–240. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/quality.v8i2

Muhammad Minan Zuhri, S. (2013). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Sistem Pendidikan Pesantren (Studi di Pondok Pesantren Al-Inayah Cebolek Kidul Margoyoso Pati). QUALITY: journal of empirical research in Islamic education, 1(2), 54–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/quality.v1i2.211

Perdana, D. R., & Adha, M. M. (2020). Implementasi Blended Learning terhadap Penguatan Karakter Integritas Peserta Didik Kelas Tinggi pada Jenjang Sekolah Dasar. PEDAGOGI : JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 8(2), 1–17. Diambil dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/22690/15221

Rasmi. 2016. “Penerapan Manajemen Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di MIN Kendari.” Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian 11(1): 116–33. http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-izzah/article/view/435.

Rosyid. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Jujur Dan Disiplin Pada Mata Pelajaran PAI DI SMPIT Al-Qur’an Musi Rawas.” Al-Bahtsu 6(1): 26–34. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7784.

Sirait, Ibrahim, Dja Siddik, and Siti Zubaidah. 2017. “Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Pengembangan Pendidikan Karaketr Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan.” Edu Religia 1(4): 550. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema%0Ap-ISSN:

Subaidi, Subaidi. 2021. “Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja Di MA Amsilati Bangsri Jepara.” JASNA : Journal For Aswaja Studies 1(1): 37–50.

Subekti, Sri. 2021. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Indonesia.” In Penguatan Pendidikan Karakter Di Indonesia, eds. Prodi Manajemen Pendidikan Pascadik and Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Yogyakarta: Prodi Manajemen Pendidikan Pascadik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 598–605. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/view/10916.

Shobirin, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al Qur ’ an dalam Penanaman Karakter Islami. QUALITY: journal of empirical research in Islamic education, 6(1), 16–30. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5966

Syafaruddin, Sumarno &. 2017. “Manajemen Pembelajaran Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Lhokseumawe.” Jurnal: ITTIHAD 1(2): 225–37. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/26.

Zidniyati. 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0.” TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam 3(1): 41–58. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/199.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v11i1.19649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.