Management of the Memorization Learning of the Qur'an at Senior High School (SMA) Science Plus Baitul Qur'an Boarding School, Sragen
Abstract
Manajemen Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an di SMA Science Plus Baitul Qur’an Boarding School Sragen. Perumusanmasalahpenelitianadalah bagaimanamanajemen pembelajaranmenghafalal-Qur’andiSMA Science Plus Baitul Qur’an Boarding School Sragen.Jenisrisetiniadalah lapangandengan metode kualitatif.Carapengumpulaninformationmelalui observasi,wawancaradandokumentasi.Metodeanalisisdata yaitu memakai reduksi information, penyajian information,sertaverifikasiinformation.HasilrisetyangdiperolehbahwaPelaksanaan Program Menghafal Al-Qur'an di SMA Science Plus Baitul Qur’an Boarding School Sragensudah berjalan dengan lumayan baik, yaitu: 1). Dilihat dari guru Tahfidz al-Qur'anmembimbingsiswanyadalammenghafalkanal-Qur'ansudahberpedomanpadastandar pedoman(StandardOperatingProcedure;SOP)yangadadisekolahdanpelaksanaanmanajemen pembelajaranmenghafaldalampelaksanaannyasudahberlandaskanpadaunsurpelaksanaan manajemen pembelajaranyangterdiridari unsur POAC (planing, organising, actuating, dan controling),sehingga kegiatanyangadapadaSMA Science Plus Baitul Qur’an Boarding School Sragensudahberjalansesuaidenganbaik.Adapun aspek yang menghambat pelaksanaan programmenghafalal-Qur’andiSMA Science Plus Baitul Qur’an Boarding School Sragenialahbeberapa guru tahfidz pindah, sehingga halaqohnya harus diubah, serta siswa/itimbulrasamalas dan bolos. Solusi dari permasalah tersebut adalah mengganti guru yang kompetensinya sama, memberikan reward dan punishment untuk memotivasi siswa/i agar lebih semangat dalam menghafal. Serta mencari akar permasalahannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Syarifuddin. 2005. Mendidik Anak Membaca, Menulis dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta:Gema Insani Press.
Ahsin Al Hafidz. 2005. Bimbingan Praktis MenghafalAl-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara.
Badwilan Ahmad Salim. 2009. Panduan cepat menghafal Al-Qur’an.Yogyakarta : Diva press.
Hamid Darmadi. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Masduki M. 2018. Jurnal MEDINA-TE Volume XIV Nomor 2.
Muhaimin Zen. 2012. Metode Pengajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tsanawiyah, Aliyah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Online Press.
Nana Sudjana. 1995. Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung:Fakultas Ekonomi UI.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme tenaga Pendidik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Soetjipto dan Raflis kosasi. 2004. Profesi keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suparlan, 2013. Manajemen Berbasis Sekolah dari Teori sampai dengan Praktek. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Syaiful Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Syukur, A. 2007. Study Implementasi Latar Belakang Konsep Pendekatan dan Relevansinya dalam Pembangunan. Jakarta: Persadi Ujung Pandang.
Zainal Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v11i1.17727
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 QUALITY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.