Pola Representasi Moderasi Beragama dalam Buku Teks Pembelajaran Madrasah: Studi Content Analysis

Salmah Fa'atin, Yasinta Indra Swastika

Abstract


Patterns of Representation of Religious Moderation in Learning Textbooks in Madrasah Ibtidaiyah: Content Analysis Study). One of the strategies to counteract radicalism at educational institutions is by strengthening the values of religious moderation in the content of learning textbooks. This study will reveal the pattern of representation of religious moderation values in the book Aqidah and Akhlak at the Madrasah Ibtidaiyah (MI). This study is a library research using content analysis method and hermeneutic approach. The technique of collecting data from various primary and secondary literature related to the discussion of the value of religious moderation. The focus of the study is directed at the contents of the book and the values of religious moderation contained in the 2019 KMA Aqidah Akhlak textbook for MI Class V and the pattern of representing it. From the results of the analysis it was concluded that the 2019 KMA Aqidah and Akhlak textbook for MI Class V published by Erlangga has 10 subject matter which includes: kalimat Tayyibah Hauqalah, Asma’ul Husna Al-Qowiyy dan Al-Qoyyum.beriman kepada Hari Akhir (Kiamat), adab bertamu, sikap teguh pendirian, dermawan dan tawakal, kalimat Tayyibah Tarji’, Asma’ul Husna Al-Muhyi, Al-Mumit, dan Al-Bais, alam Barzakh (Alam Kubur), disiplin dan mandiri, and sifat serakah dan kikir. Religious moderation values in the book are in accordance with the four basic values of religious moderation that must be instilled in the world of education, namely tasamuh, ‘adalah, tawazun and equality.

 

Salah satu strategi menangkal radikalisme di level institusi pendidikan adalah dengan penguatan perilaku moderat melalui optimalisasi muatan buku teks pembelajaran berbasis moderasi beragama. Kajian ini akan mengungkap pola representasi nilai-nilai moderasi beragama dalam buku Aqidah dan Akhlak di jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI). Studi kepustakaan (libbrary research) ini menggunakan metode conten analysis dan pendekatan hermeneutika. Pengumpulan data diperoleh dari buku utama dan sekunder yang erat dengan kajian eksistensi nilai moderasi beragama. Fokus studi diarahkan pada isi buku dan nilai moderasi beragama apa saja yang terkandung dalam buku ajar Bina Aqidah Akhlak KMA 2019 untuk MI Kelas V serta pola merepresentasikannya. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwasanya buku ajar Bina Aqidah dan Akhlak KMA 2019 untuk MI Kelas V yang diterbitkan oleh Erlangga memiliki 10 materi pelajaran yang meliputi: kalimat Tayyibah Hauqalah, Asma’ul Husna Al-Qowiyy dan Al-Qoyyum.beriman kepada Hari Akhir (Kiamat), adab bertamu, sikap teguh pendirian, dermawan dan tawakal, kalimat Tayyibah Tarji’, Asma’ul Husna Al-Muhyi, Al-Mumit, dan Al-Bais, alam Barzakh (Alam Kubur), disiplin dan mandiri, dan sifat serakah dan kikir. Dan nilai moderasi yang termuat dalam buku sudah sesuai dengan empat nilai dasar moderasi beragama yang harus ditanamkan di dunia pendidikan yaitu tasamuh, ‘adalah, tawazun dan kesetaraan. 


Keywords


Islamic Religion Textbooks; Religious Moderation Values; Representation.

References


A. S., M. 2010. Penulisan Buku Teks Berkualitas. Jurnal Bahasa dan Sastra, 1–21.

AR, S. 2020. Peran Guru Agama dalam Menanamkan Moderasi Beragama Samsul AR Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan. Al-Irfan, 3(1), 37–51.

Aziz, A. 2020. Moderasi Beragama Dalam Bahan Ajar Mata Kuliah Pendidikan Agama (PAI) Di Perguruan Tinggi Umum Swasta (Studi di STIE Putra Perdana Indonesia Tangerang). Jurnal Sosial Humaniora, 6(2), 101.

Aziz, A. A., Masykhur, A., Anam, A. K., Muhtarom, A., Idris, M., & Duryat, M. 2019. Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. In P. Supriatna, A. Nuryanto, & Saepullah (Ed.), Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Gebregeorgis, M. Y. 2017. Peace values in language textbooks: the case of English for Ethiopia Student Textbook. Journal of Peace Education, 14(1), 54–68. https://doi.org/10.1080/17400201.2016.1228526

Hermawan, H. 2020. Nilai Moderasi dan Internalisasinya di Sekolah. Insania, 25(1).

Islam, K. N. 2020. Moderasi Beragama di Tengah Pluralitas Bangsa: Tinjauan Revolusi Mental Perspektif Al-Quran. Jurnal Kuriositas: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 13(1).

Jannah, R. 2019. Pengembangan Buku Ajar Tematik Bernuansa Islami untuk Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar Islam. MUALLIMUNA Jurnal Madrasah Ibtidaiyah STTT Miftahul Ulum Bangkalan,Indonesia, 2(1).

Jannah, S. M. 2021. Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Smk Kelas Xi Kurikulum 2013. April. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14247

Muhajir, A. 2018. Membangn Nalar Islam Moderat (Kajian Metodologi). Tanwirul Afkar.

Ni’mah, Z. A. 2020. Urgensi Madrasah dalam Membangun Karakter Moderasi di Tengah Perkembangan Radikalisme. Prosiding Nasional: Peluang dan Tantangan Studi Islam Interdisipliner dalam Bingkai Moderasi, 3, 1–20. http://iainkediri.ac.id/prosiding/index.php/pascasarjana/article/view/36

Prastowo, A. 2018. Pendidikan karakter di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah berbasis pemberdayaan pikiran bawah sadar. 1(2), 54–64.

Putri, N., & Satria, R. 2021. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Melaksanakan Penanaman Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3831–3836.

Rofik, R., & Pratidinal Jadid, R. 2021. Religious Moderation in Walisongo Material in the Textbook of History and Culture of Islam Class VI Madrasah Ibtidaiyah Ministry of Religious Affairs 2016. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 55–88. https://doi.org/10.14421/jpai.2021.181-04

Saifuddin, L. H. 2019. Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementrian RI.

Shihab, M. Q. 2020. Wasathiyyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Penerbit Lentera Hati.

Sofi, M. J., & Hikmah, N. 2022. Mempromosikan Nilai-Nilai Moderasi Islam dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di MI NU Rowolaku. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 1(2 SE-Articles), 230–239. https://jurnalannur.ac.id/index.php/QuranicEdu/article/view/160

Suharto, B. 2019. Moderasi Beragama: dari Indonesia untuk Dunia. LKIS.

Tim Bina Karya Guru. 2020. Bina Aqidah dan Akhlak untuk Kelas MI Kelas VI KMA 19. Erlangga.

Umar, N. 2019. Islam Nusantara Jalan Panjang Moderasi Beragama di Indonesia. PT Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v10i2.17627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.