Implementasi Metode Collaborative Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Interpersonal Mahasiswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.W. Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Abdullah, Sri Muliati. 2020. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Diri Dan Karier Untuk Mahasiswa Di Era Society 5.0.” In Prosiding Seminar Nasional 2020 Fakultas Psikologi UMBY, , 189–98.
Anggiani, Sarfilianty. 2021. Keterampilan Interpersonal: Pengembangan Pribadi Berintegritas Dan Kerja Sama Menyenangkan. Prenada Media Group.
Arni Muhammad. 2004. Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara.
Aziz, Abdul, Alimatus Sahra, and Nur Fachmi Budi S. 2019. “Pelatihan Komunikasi Interpersonal Untuk Meningkatkan Teamwork Karyawan Pada PT.X.” Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam 9(1): 41–58.
David Hopkins. 2011. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Direktorat Belmawa. 2019. “Student Centered Learning (SCL): Studi Kasus (Case Study).” Ristekdikti.
Hosnan, M. 2014. Ghala Indonesia Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21.
Jurnal, Halaman, Eko Febri Syahputra Siregar, and Suci Perwita Sari. 2020. “Pengaruh Model Pair Checks Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa PGSD FKIP UMSU.” JURNAL TEMATIK 10(2): 69–73.
Laal, Marjan, and Seyed Mohammad Ghodsi. 2012. “Benefits of Collaborative Learning.” In Procedia - Social and Behavioral Sciences, , 486–90.
Maryani, Maryani. 2018. “Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Strategi Group Resume.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 10(1): 49.
Melvin. L. Silbermen. 2014. Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung. Nuansa Cendekia.
Mu’ayyadah, and Noor Fatmawati. 2021. “Pemanfaatan Teknologi Sebagai Pembelajaran E-Learning Google Classroom Pada Mata Pelajaran IPS.” Asanka: Journal of Social Science and Education 2(1): 31–45. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/asanka/article/view/2364.
Respati, Yudit Ayu. 2019. “Collaborative Learning Dalam Upaya Peningkatan Keaktifan Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran.” EFISIENSI - KAJIAN ILMU ADMINISTRASI 15(2): 15–23.
Sudarman. 2003. “Penerapan Metode Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Metodologi Penelitian.” Journal of Social Sciences.
Sunata, Yalhendra, Ramalis Hakim, Farida Fahrudin, and Farida Mayar. 2019. “Penggunaan Srategi Group Resume Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Dan Hasil Belajar Ssiwa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(1): 44–50.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v10i1.13830
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 QUALITY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.