Inovasi Strategi Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMA Negeri 7 Purworejo

Prawidya Lestari, Dinal ‘Izzah

Abstract


The purpose of this study was to find out the background of the character education strengthening program in schools, policies for strengthening and developing character education in schools and forms of innovation in PAI learning strategies to improve the religious character of students at SMAN 7 Purworejo.  This type of research is qualitative. Methods of data collection using interviews, observation and documentation. This study resulted in several statements, namely: (1) The background of the character strengthening program in schools is that schools are one of the important environments in character education and moral degradation occurs (2) the policy of the school's character education program is stated in the vision and mission of the institution and strengthened by the Decree of the Head of School. School about the school's PPK Team. (3) Innovative forms of PAI learning strategies by implementing the development and strengthening of class-based character education, school culture-based and community-based. Assessment of the achievement of character education is carried out by direct observation and monitoring and the use of student activity journals.


Keywords


Innovation; Islamic Religious Education; Religious Character; Students

Full Text:

PDF

References


Afifah, Afifah, and Imam Mashuri. 2019. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa (Studi Multi Kasus Di Sdi Raudlatul Jannah Sidoarjo Dan Sdit Ghilmani Surabaya).” Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam 3(2): 187.

Akhmad Syahri. 2021. Pendidikan Karakter Berbasis Sistem Islamic Boarding School.

Amrullah Syarbini. 2014. Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. ed. Elex Media Computindo. Jakarta.

Fathurrahman, Pupuh. 2002. “Visi Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Alqalam 19(95): 5.

Fatmawati, Noor, Dewi Liesnoor Setyowati, and Cahyo Budi Utomo. 2018. “Outdoor Study Activity by Utilizing Wonosoco Tourism Village as A Learning Resource of Social Studies.” Journal of Educational Social Studies 7(1): 90–97. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/22533.

Habibah, Syarifah. 2015. “Akhlak Dan Etika Dalam Islam.” Jurnal Pesona Dasar 1(4): 73–87.

Hadi, Imam Anas. 2020. “STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF KOOPERATIVE DI MASA PANDEMI Imam Anas Hadi.” Jurnal Inspirasi 4(2): 179–95.

Heriyansyah, Heriyansyah. 2018. “Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(01): 116–27.

Kristiawan. 2018. Inovasi Pendidikan. Ponorogo: Wade Publish.

M, Mappanganro. 2017. “Mengembangkan Pendidikan Yang Menghargai Nilai Dan Fitrah Manusia.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 1(4).

Makmun, M Sukron. 2021. “PENGARUH KEGIATAN ROHANI ISLAM ( ROHIS ) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK ( Studi Korelasi Di SMA IT AL- HUSAINY ) PENDAHULUAN Manusia Tidak Bisa Lepas Dari Pendidikan , Pendidikan Merupakan Kebutuhan Yang Sangat Mendasar Di Kehidupan Manusia , Seandainya Suatu Negara Mempunyai Manusia Yang Tidak Berpendidikan Maka Negara Tersebut Akan Sering Di Bodohkan Negara Lain Dan Akan Dikucilkan Oleh Sekolompok Manusia Yang Lain , Maka Dari Itu Pendidikan Suatu Sektor Yang Sangat Penting Dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia , Sehingga Negara-Negara Sangat Perlu Yang Memiliki Kekuatan Spiritual Keagamaan , Pengendalian Kecerdasan , Diri , Akhlak Yang Kepribadian , Serta Diperlukan Dirinya , Masyarakat , Bangsa Dan Negara . Sehingga Siapa Pun Orangnya Dari Mana Usul Nya Tidak Melihat Dari Gender Atau Pun Melihat Dari Orang Kaya , Miskin Atau Pun Pejabat Pamerintahan Setiap Sakaligus . Masyarakat Dengan Demikian Wajib Untuk Belajar Minimal Mengikuti Program Yang Telah Disediakan Oleh Pamerintah Karena Itu Merupakan Tanggung Jawab Negara Dan Bangsa Indonesia . Perlu Kita Ketahui Bahwa Pendidikan Yang Baik Akan Menghasilkan Masyarakat Yang Baik Pula , Berbudi Pekerti Dan Memiliki Kualitas Kecerdasan Yang Tinggi Sehingga Dapat Bermanfaat Baik Untuk Pribadi Maupun Masyarakat . Berpendidikan , Sesuai Dengan Undang- Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1 Disebutkan Pendidikan Adalah Usaha Sadar Dan Rencana Untuk Mewujudkan Suasana Belajar Dan Proses Pembelajaran Agar Peserta Didik Secara Aktif Mengembangkan Potensi Dirinya Untuk.” 1(1): 96–109.

Muhammad Yaumi. 2014. Pendidikan Karakter, Landasan, Pilar Dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oktari, Dian Popi, and Aceng Kosasih. 2019. “Pendidikan Karakter Religius Dan Mandiri Di Pesantren.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 28(1): 42–52.

Retnasari, Lisa, Suyitno Suyitno, and Yayuk Hidayah. 2019. “Penguatan Peran Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius.” Jurnal SOLMA 8(1): 32.

Rizkiani, Anisa. 2012. “Pengaruh Sistem Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik (Penelitian Di Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut).” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 06(01): 10–18.

Rofi’ie, Abdul Halim. 2017. “Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan.” WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter 1(1): 113–28.

Saputra, Bagus Rachmad, Imron Arifin, and Ahmad Yusuf Sobri. 2021. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran Saintifik Religius.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 8(1): 94–102.

SMAN 7 Purworejo. 2019a. “PROGRAM KERJA PPK.PDF.”

———. 2019b. “SK TIM PPK SMAN 7 Purworejo.”

Suharsimi Arikunto. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryawati, Ely, and Article Info. 2021. “PEMBERDAYAAN MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM.” 15(02).

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v9i2.12615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.