The Strategy of Islamic Religious Education Teachers at Junior High Schools to Deal with Frustrated Students in Online Learning During the Covid_19 Pandemic

Septina Nafiyanti

Abstract


Students at SMP Negeri 6 Jepara are used to receiving lessons directly from the teacher. They at school can interact directly with their friends. However, the Covid-19 Pandemic changed the learning that has been lived so far. Students take online learning. This learning had caused unpreparedness. Some students need help understanding the material being taught. Limited interactions. This condition caused frustration among some students. Handling and avoiding students from frustration requires the role of Islamic Religious Education teachers. This study describes the strategy of Islamic Religious Education teachers at SMP Negeri 6 Jepara as a decisive step for handling and avoiding student frustration with online learning. The approach used in this research is field research. The study found that Islamic Religious Education teachers at SMP Negeri 6 Jepara made lesson plans according to the conditions of the Covid-19 Pandemic, maintained student learning comfort, controlled student learning activity, provided student learning motivation, and increased students' spiritual intelligence.

 

Strategi Guru PAI SMP Menghadapi Siswa Frustrasi Pembelajaran Dalam Jaringan Saat Pandemi Covid-19. Siswa di SMP Negeri 6 Jepara terbiasa menerima pembelajaran secara langsung dari guru. Mereka di sekolah dapat berinteraksi secara langsung dengan teman-temannya. Namun, Pandemi Covid-19 mengubah pembelajaran yang selama ini dijalani. Siswa mengikuti pembelajaran daring. Pembelajaran ini sempat menimbulkan ketidaksiapan. Sebagian siswa kesulitan memahami materi yang diajarkan. Interaksi yang dijalani terbatas. Kondisi itu sampai menimbulkan rasa frustrasi di kalangan sebagian siswa. Penanganan dan menghindarkan siswa dari frustrasi membutuhkan peran guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 6 Jepara sebagai langkah ampuh untuk penanganan dan menghindarkan siswa frustrasi dengan pembelajaran daring. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Hasil penelitian menemukan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Jepara membuat rencana pembelajaran sesuai kondisi Pandemi Covid-19, menjaga kenyamanan belajar siswa, mengontrol keaktifan belajar siswa, memberi motivasi belajar siswa, dan meningkatkan kecerdasan spiritual siswa.

Keywords


Covid-19 Pandemic; Frustrated Students; Strategy of PAI Teacher; Online Learning.

Full Text:

PDF (English)

References


Abdullah. (2007). Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur`an. Jakarta: Cipta Karya.

Ardianto, Elvinaro, dkk. (2014). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dabbagh, N dan Ritland. B. B. (2005). Online Learning, Concepts, Strategies, and Application. Ohio: Pearson.

Daradjat, Zakiah. (2001). Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Zakiah. (2005). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Darsono, Max. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Darwis, Djamaludin. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Semarang: Pustaka Pelajar.

Daud Ali, Muhammad. (2000). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hasibuan dan Mujiono. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Koentjaraningrat. (1991). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.

Majid, Abdul. (2014). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Media, Tim Fokus. (2015). Undang-Undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Fokus Media.

Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhaimin. (2005). Paradigma Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalamulya.

Muhaimin. (2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Muktar. (2003). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Misaka Galiza.

Qowaid, dkk. (2007). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (SMP). Jakarta: Pena Citasatria.

Ramayulis. (2008). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Radar Jaya Offset.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Schaufeli dan Bruunk. (1996). Professional Burnout. United Kingdom: CRC Press.

Semiun, Yustinus. (2006). Kesehatan Mental. Yogyakarta: Kanisius.

Siddik, Dja’far. (2006). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media.

Slameto. (2004). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

SM, Isma’il. (2008) Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.

Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublisher.

Sudjana, Nana. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (1997). Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syukur, Fatah. (2006). Manajemen Pendidikan. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dan PMDC.

Taniredja, Tukiran, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Thoha, Chabib. (1998). PBM-PAI di Sekolah: Eksistensi Dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Thoha, Chabib dan Abdul Mu’thi. (1998). PBM-PAI di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Triasari, Devi. (2019). UUD 1945 & Amandemen Superkomplet. Sleman: Charissa Publisher.

Uno, Hamzah B. (2014). Model Pembelajaran, Menciptakan proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Husaini dkk. (2006). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wijaya, A.W. (2010). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.

Zuhairini, dkk. (1983). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Malang: IAIN Sunan Ampel Malang.

Journal:

Atsani, KH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam Al-Hikmah, Volume 1 Nomor 1.

Isman, Mhd. (2016). Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, no. 3.

Mahmudah, Safira Rona. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid 19. Jurnal Al – Mau’izhoh, Volume 2 Nomor 2.

Mar’aha, Nur Khairiyah, dkk. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan Pengetahuan no. 25.

Suhaili, dkk. (2021). Motivasi Belajar Siswa dengan Metode Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi pada Mata Pelajaran PPKN. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education Volume 2, Nomor 1.

Suhartini, Andewi. (2007). Belajar Tuntas: Latar Belakang, Tujuan, Dan Implikasi. Jurnal Pendidikan, Volume 10 Nomor 1.

Berita:

https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/24-maret-2020-mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid-19/

https://jepara.go.id/2020/07/13/disdikpora-berlakukan-proses-belajar-mengajar-daring/

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/10/28/14005791/kisah-aditya-ayah-kena-phk-hingga-tak-bisa-sekolah-karena-tak-punya?page=all

https://nasional.kontan.co.id/news/inilah-poin-poin-penting-panduan-kemendikbud-selama-belajar-dari-rumah?

https://radarbanyumas.co.id/dampak-pembelajaran-jarak-jauh-banyak-siswa-frustrasi-tak-bisa-akses-pembelajaran-daring-lalu-putus-sekolah/

https://radarpekalongan.co.id/119105/frustrasi-tugas-daring-menumpuk-siswa-sma-ini-nekat-akhiri-hidupnya-dan-direkam-hp

https://regional.inews.id/berita/siswa-smp-tewas-gantung-diri-di-tarakan-sempat-keluhkan-banyak-tugas-sekolah

https://regional.kompas.com/read/2020/09/15/06050001/sulit-diajari-belajar-online-bocah-sd-dipukuli-sapu-hingga-meninggal?page=all

https://www.kompas.com/sains/read/2020/12/23/170200723/video-5-siswi-injak-rapor-pentingnya-pendidikan-bijak-bermedia-sosial-bagi?page=all

https://www.merdeka.com/uang/kemendikbud-catat-646200-sekolah-tutup-akibat-virus-corona.html




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v10i2.12555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.