Strategi Implementasi Profesionalisme Guru pada Masa Pandemi di MI Hikmatun Najah

Partono Partono

Abstract


Abstract

The purpose of this study is to find out about the efforts or strategies for implementing teacher professionalism during the pandemic because learning activities are no longer carried out face-to-face but are completely digital / online. This type of research is field research with a descriptive qualitative approach that tries to explore the meaning of teacher professionalism as a step to develop the quality of educational institutions while still adjusting educational goals. The results of this study indicate that the majority of MI Hikmatun Najah teachers can implement their professionalism through online learning properly and right. They still carry out their duties and obligations in a professional manner even though the learning process is online / online. This research also shows that teachers can put their professionalism in accordance with the place and conditions.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang upaya-upaya atau strategi implementasi profesionalisme guru pada masa pandemi dikarenakan kegiatan pembelajaran tidak lagi dilakukan dengan tatap muka melainkan dengan serba digital/online. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang mencoba mengeksplorasi makna profesionalisme guru sebagai langkah mengembangkan mutu lembaga pendidikan dengan tetap menyesuaikan tujuan pendidikan.. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas guru MI Hikmatun Najah dapat mengimplementasikan sikap profesionalisme mereka melalui pembelajaran online dengan baik dan tepat. Mereka tetap melaksanakan tugas dan kewajiban mereka secara profesional walaupun proses pembelajaran melalui online/daring. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa para guru dapat menempatkan sikap profesionalisme mereka sesuai dengan tempat dan kondisi.


Keywords


Implementation; Teacher Professionalism; Pandemic; Implementasi; Profesionalisme Guru; Pandemi

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata. (2012). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana.

Ahmad Susanto. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Prenada Media.

Ahsani, E. L. F., & Mulyani, S. E. (2020). Penerapan E-Learning Berbasis Distance Learning untuk Mengembangkan Life Skill. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 115–120. https://doi.org/10.21831/didaktika.v3i2.34805

Akcaoglu, M., & Koehler, M. J. (2014). Cognitive outcomes from the Game-Design and Learning (GDL) after-school program. Computers & Education, 75, 72–81.

Hanik, E. U. (2020). SELF DIRECTED LEARNING BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183–208. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417

Kasful Anwar. (2015). Jaminan Mutu dan Upaya Pengembangan Profesionalitas Guru Pada Abad Pengetahuan. Nur El-Islam, 2(2), 88–105.

Kusnandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Mengahadapi Sertifikasi Guru. PT Raja Gravindo Persada. https://www.google.com/search?q=Kunandar.+2007.+Guru+Profesional+Implementasi+Kurikulum+Tingkat+Satuan+Pendidikan+%28KTSP%29+dan+Persiapan+Mengahadapi+Sertifikasi+Guru.+Jakarta+%3A+PT+Raja+Gravindo+Persada%2C+2007.&safe=strict&tbm=bks&sxsrf=ALeKk010TRiI8YHGTYa4NV38Pbm_0bvckA%3A1619153123305&ei=41CCYIGOEsDH4-EPjqmJ2Ag&oq=Kunandar.+2007.+Guru+Profesional+Implementasi+Kurikulum+Tingkat+Satuan+Pendidikan+%28KTSP%29+dan+Persiapan+Mengahadapi+Sertifikasi+Guru.+Jakarta+%3A+PT+Raja+Gravindo+Persada%2C+2007.&gs_l=psy-ab.12...27549.27549.0.29215.1.1.0.0.0.0.0.0..0.0....0...1c.1.64.psy-ab..1.0.0....0.xMg6UqH5ZeY

Martitnis Yamin. (2007). Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Gaung Persada Press. https://www.google.com/search?q=Martinis+Yamin.+2007.++Profesionalisasi+Guru+dan+Implementasi+KTSP.+Jakarta+%3A+Gaung+Persada+Press.&safe=strict&tbm=bks&sxsrf=ALeKk00m0XFTWi058eYkfj43-QOnWYkOgg%3A1619153069035&ei=rVCCYMfJAf6N4-EPwPeDoAo&oq=Martinis+Yamin.+2007.++Profesionalisasi+Guru+dan+Implementasi+KTSP.+Jakarta+%3A+Gaung+Persada+Press.&gs_l=psy-ab.12...51295.51295.0.52391.1.1.0.0.0.0.296.296.2-1.1.0....0...1c.1.64.psy-ab..0.0.0....0.ZSAtBFOZPJo

Mu’ayyadah, M., & Fatmawati, N. (2021). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Pembelajaran E-Learning Google Classroom Pada Mata Pelajaran IPS. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(1), 31–45. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2364

Mudhofir, A. (2012). Pendidik profesional: Konsep, strategi, dan aplikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Raja Grafindo Persada.

Mustofa, M. (2007). Upaya pengembangan profesionalisme guru di indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 17245.

Partono, A. R. (2020). Sikap Optimis di Masa Pandemi Covid-19. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2). http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/3889/2875

Putri, W. N., & Nugroho, M. A. (2016). Strategi Pengembangan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Madrasah. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2), 313–340.

Ranak Lince. (2016). Strategi Peningkatan Profesionalisme Dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital. Prociding.

Sholeh Hidayat. (2017). Sholeh Hidayat. Pengembangan Guru Profesional. - Penelusuran Google. PT Remaja Rosada Karya. https://www.google.com/search?q=Sholeh++Hidayat.+Pengembangan+Guru+Profesional.+&safe=strict&tbm=bks&sxsrf=ALeKk00c8ubElKn_ErtMJl9PxxLp5O4AhQ%3A1619236829647&ei=3ZeDYP2MJ_jaz7sPn7Oc4AE&oq=Sholeh++Hidayat.+Pengembangan+Guru+Profesional.+&gs_l=psy-ab.12...7654.7654.0.9342.1.1.0.0.0.0.614.614.5-1.1.0....0...1c.1.64.psy-ab..0.0.0....0.A3FuzsA6hfo

Sudarwan, D. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Kencana. https://www.google.com/search?q=Sudarwan+Danim%2C+Pengembangan+Profesi+Guru&safe=strict&tbm=bks&sxsrf=ALeKk02gRfqjnzH2Tr_NyBVTO_RWPUpHkA%3A1619234330177&ei=Go6DYMKqCqe_3LUPgNW6uAs&oq=Sudarwan+Danim%2C+Pengembangan+Profesi+Guru&gs_l=psy-ab.3...17046.17046.0.18008.1.1.0.0.0.0.266.266.2-1.1.0....0...1c.1.64.psy-ab..0.0.0....0.Fep5DavaWSw

Suprihatiningrum, J. (2013). Guru profesional: Pedoman kinerja, kualifikasi & kompetensi guru.

Tilaar, H. A. R. (2002). Membenahi Pendidikan Nasional. - Penelusuran Google. https://www.google.com/search?q=Membenahi+Pendidikan+Nasional.&safe=strict&tbm=bks&sxsrf=ALeKk03MkNUcWmedXl6jpWnryr_zZz6j-g%3A1619234749368&ei=vY-DYLn0FZPC3LUP1-SGqAo&oq=Membenahi+Pendidikan+Nasional.&gs_l=psy-ab.3...173286.173286.0.174344.1.1.0.0.0.0.1048.1048.7-1.1.0....0...1c.1.64.psy-ab..0.0.0....0.1qFizdy6gKE

Uzer, U. (2006). Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosda. https://www.google.com/search?q=Uzer%2C+Usman%2C+M.+2006.+menjadi+Guru+Profesional%2C+Bandung+%3A+PT+Remaja+Rosda+Karya%2C&safe=strict&tbm=bks&sxsrf=ALeKk01NnEUTAxGMjUO4h3o-lHzUxCy6KQ%3A1619153038386&ei=jlCCYKmMF9qe4-EPkf2UkAE&oq=Uzer%2C+Usman%2C+M.+2006.+menjadi+Guru+Profesional%2C+Bandung+%3A+PT+Remaja+Rosda+Karya%2C&gs_l=psy-ab.12...27206.27206.0.28849.1.1.0.0.0.0.120.120.0j1.1.0....0...1c.1.64.psy-ab..0.0.0....0.iGpQBNQn0r4

Zafi, A. A., & Partono. (2020). Desain Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran al-Quran Hadis. Matan : Journal of Islam and Muslim Society, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.20884/1.matan.2020.2.1.2292




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v9i1.10399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.