Manajemen Madrasah dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Peningkatkan Efektivitas Siswa MAN 1 Sragen
Abstract
Abstract
This study aims to understand and provide an overview of madrasah management in distance learning through increasing the effectiveness of students in MAN 1 Sragen. The research method used is descriptive qualitative research, through interview and observation techniques to students. The results obtained describe the effectiveness of students through distance learning that can be done with various applications, but learning is quite effective even though it is not optimal because some of the material has to be explained directly. The implication in this research is that the principal as a manager is required to be able to carry out the duties of being a leader in every policy, planning in learning, and managing various components in the madrasah.
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan memahami dan memberikan gambaran tentang manajemen madrasah dalam pembelajaran jarak jauh melalui peningkatkan efektivitas siswa MAN 1 Sragen. Metode riset yang digunakan ialah penelitian kualitatif deskriptif, melalui teknik wawancara dan observasi kepada siswa. Hasil yang didapatkan mendeskripsikan efektivitas siswa melalui pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi, namun pembelajaran cukup efektif walaupun kurang maksimal karena sebagian materi ada yang harus dijelaskan secara langsung. Implikasi dalam riset ini kepala sekolah sebagai manajer dituntut mampu melaksanakan tugas menjadi pemimpin di setiap kebijakan, perencana dalam pembelajaran, dan mengelola berbagai komponen yang ada di madrasah.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Research and Development Journal of Education, 1(1), 131–146. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659
Arenggoasih, W., & Khatibah, I. (2020). Peran Pemerintah sebagai Aktor dalam Jaringan Komunikasi pada Pemberitaan Di Masa Pandemi Covid19 (hlm. Media, Komunikasi dan Informasi di Masa Pandemi Covid-19).
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. 4, 14.
Fatmawati, Noor, Dewi Liesnoor Setyowati, and Cahyo Budi Utomo. 2018. “Outdoor Study Activity by Utilizing Wonosoco Tourism Village as A Learning Resource of Social Studies.” Journal of Educational Social Studies 7(1): 88–95. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/22533.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Hamidaturrohmah, Tri Mulyani. (2020). Hamidaturrohmah | ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/7907
Irwanto & Zainal Arifin. (2020). Manajer Risiko : Peran Kepala MTS N 1 Kota Yogyakarta Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 | Irwanto | Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/1755
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253
Manaf, A. (2015). Management of Education, 1(1). https://doi.org/10.18592/moe.v1i1.344
Muhaemin, M., & Mubarok, R. (2020). Upgrade Kompetensi Guru PAI Dalam Merespon Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 75–82. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.80
Munir. (2012,. Pembelajaran Jarak Jauh : Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi . Bandung : Alfabeta
Mu’ayyadah, and Noor Fatmawati. 2021. “Pemanfaatan Teknologi Sebagai Pembelajaran E-Learning Google Classroom Pada Mata Pelajaran IPS.” Asanka: Journal of Social Science and Education 2(1): 31–45. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/asanka/article/view/2364.
Nuriansyah, F. (2020). Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/28346
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94–101.
Rahmawati, I. (2016). Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Digital Class Platform Edmodo. 411–419. http://repository.ut.ac.id/6536/
Rokhmiyati, S. (2018). Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Kelembagaan Islam. Interdisciplinary Journal of Communication, 3(2), 231–252. https://doi.org/10.18326/inject.v3i2.231-252
Rokhmiyati, S. (2020). Manajemen kontemporer teori dan aplikasi di era digital. https://isbn.perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?searchTxt=Rokhmiyati&searchCat=Pengarang
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285–312. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638
Santani, S. (2020). Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 168–174. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.990
Shofaul Hikmah. (2020). Efektifitas E-Learning Madrasah dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di MIN 1 Rembang | Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan dan Pelatihan. https://bdksemarang.e-journal.id/Ed/article/view/81
Suni, N. S. P. (2020, Februari). Kesiapsiagaan Indonesia Menghadapi Potensi Penyebaran Corona Virus Disease. https://sdip.dpr.go.id/search/detail/category/Info%20Singkat/id/1033
Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease Covid 19 Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(6), 555–564. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15247
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
Sutiah, S. (2018). Pengembangan model pembelajaran pendidikan agama Islam. Nizamia Learning Center. http://repository.uin-malang.ac.id/6043/
Tabany, T. I. B. al. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: Konsep, landasan, dan implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI) | Perpustakaan FIS. Kencana. //library.fis.uny.ac.id%2Fopac%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D7681
Wibowo, Y. A., Ronggowulan, L., Abidin, Z., Utomo, A. C., Safriani, E. W., & Miftakhunisa, Y. (2020). Manajemen Pendidikan, 15(2), 109–125. https://doi.org/10.23917/jmp.v15i2.12618
Yerusalem, M. R., Rochim, A. F., & Martono, K. T. (2015). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(4), 481–492. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.481-492
Wawancara
Febri, Shintya. (2020).” Pemahaman Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19”. Hasil Wawancara Pribadi: 8 Desember 2020, MAN 1 Sragen.
Huda, Nurul. (2020). “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh untuk siswa MAN 1 Sragen”. Hasil Wawancara Pribadi: 8 Desember 2020, MAN 1 Sragen.
Khanifudin. (2020). “Metode dan Model Pengajaran Online dalam penerapannya”. Hasil Wawancara Pribadi: 21 September 2020, MAN 1 Sragen.
Muslimah. (2020). “Urgensi Pembelajaran online Melalui Pesan Edukatif Pada Masa Pandemi Covid-19”. Hasil Wawancara Pribadi: 9 November 2020, MAN 1 Sragen.
Nurrohmah, Siwi. (2020). “Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh”. Hasil Wawancara Pribadi: 23 Desember 2020, MAN 1 Sragen.
Salamah, Makrupi T., (2020). “Daya serap dalam pembelajaran jarak jauh”. Hasil Wawancara Pribadi: 23 Desember 2020, MAN 1 Sragen.
Sumiran. (2020). “Kerjasama Pihak Sekolah dengan Provider dalam Meningkatkan Layanan Internet di Madrasah”. Hasil Wawancara Pribadi: 21 September 2020, MAN 1 Sragen.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v9i1.10204
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 QUALITY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.