Implementasi Penilaian Berbasis High Order Thinking Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti

Siti Asfiyah

Abstract


Abstract

This study aims to analyze the concept of HOTS based assessment to improve students critical and creative thinking skills, the implementation of HOTS based assessments in improving students critical and creative thinking skills, results of HOTS-based assessments in improving students abilities. critical and creative thinking of students in the subjects of Islamic Religious Education and Character Education at the Junior High School level in Kudus Regency. This type of research uses descriptive qualitative. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques using Milles and Huberman analysis models include data reduction, data presentation, drawing conclusions. Results of this study indicate that the HOTS based assessment concept consists of analyzing the Basic Competencies; compiling a grid of questions; choosing a stimulus; write question items; and make scoring guidelines. Implementation of the HOTS based assessment consists of the dominance of the cognitive aspect in making questions; cognitive level creates, evaluates and analyzes as a reference in making questions; and making questions oriented towards measuring the metacognitive dimensions of students. Results of the HOTS based assessment can be seen from the mastery of the material with a higher level, and the ability to think systematically, learn to analyze a problem from various aspects and educate students to be confident. Thus, HOTS based assessment is important to be implemented in learning activities, with the aim that students are able to think creatively, critically, innovatively, argue, solve problems, and have expertise in making decisions, especially on Islamic Religious Education and Character Education materials.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep penilaian berbasis HOTS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik, implementasi penilaian berbasis HOTS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik, dan hasil penilaian berbasis HOTS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di tingkat SMP Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Milles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep penilaian berbasis HOTS terdiri dari menganalisis KD; menyusun kisi-kisi soal; memilih stimulus; menulis butir pertanyaan; dan membuat pedoman penskoran. Implementasi penilaian berbasis HOTS terdiri dari dominasi aspek kognitif dalam membuat soal; level kognitif mencipta, mengevaluasi dan menganalisis menjadi rujukan dalam membuat soal; dan pembuatan soal berorientasi mengukur dimensi metakognitif peserta didik. Hasil penilaian berbasis HOTS terlihat dari penguasaan materi dengan level yang lebih tinggi, dan kemampuan berpikir secara sistematis, belajar menganalisis suatu masalah dari berbagai aspek dan mendidik peserta didik percaya diri. Dengan demikian penilaian berbasis HOTS penting untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran, dengan tujuan agar peserta didik mampu berpikir kreatif, kritis, inovatif, berargumen, menyelesaikan masalah, dan keahlian dalam mengambil keputusan, khususnya pada materi PAI dan Budi Pekerti.


Keywords


HOTS Assessment; Creative Critical Thinking; Islamic Religious Education; Ethics Subjects; Penilaian HOTS; Berfikir Kritis Kreatif; PAI; Budi Pekerti

Full Text:

PDF

References


Ahmad, D. N. (2020). Analisis Sistem Penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. Biotik, 8.

Ahmad, I. F. (2019). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Soal Ujian Akhir Siswa dalam Kelompok Mata Pelajaran Dirasah Islamiyah. Pendidikan Agama Islam, XVI.

Ariyana, Yoki, D. (2018). Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kemendikbud.

Ashari, H. (2020). Praktek Baik Sebagai Alternative Penilaian Sikap dan Ketrampilan Saat BDR Dimasa Pandemi Covid 19. Widyaiswara Ahli Madya LPMP.

Bilfaqih, Yusuf dan Qomaruddin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Deepublish.

Hidayat, I. (2020). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Menengah Pertama. Khazanah Pendidikan Islam, 2.

Kumala Sari, E. D. (2018). Implementasi Evaluasi Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Verbal Siswa dalam Pembelajaran PAI. Pendidikan Islam, 2.

Maxwell, J. C. (2011). Berpikir Lain Dari Yang Biasanya (Thinking For A Change). Karisma Press.

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Mustahdi. (2019). Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thingking Skills) Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Muthoharoh, M. (2020). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Pendidikan Islam, 5.

Purnawanto, A. T. (2019). Pembelajaran PAI Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS). Ilmiah Pedagogy, 12.

Purnomo, P. (2019). Penilaian Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Candradimuka Press.

Setiawati, W. dkk. (2018). Penilaian Beroerientasi Higher Order Thinking Skills. Dirjen Kemendikbud.

Suprananto, K. dan. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Graha ilmu.

Taubah, M. (2019). Penilaian HOTS dan Penerapannya di SD/MI. Elementary, 7.

Wicaksono, A. R. (2021). Pengembangan Soal Berbasis HOTS Mata Pelajaran PAI. Pendidikan Dan Sains, 3.

Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal HOTS. Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Zakiah, Linda dan Lestari, I. (2019). Berfikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Erzatama Karya Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v9i1.10136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.