Kepemimpinan Perempuan Dalam Menciptakan Sekolah Ramah Anak

Hasan Baharun, Adi Wibowo, Siti Nur Hasanah

Abstract


Abstract

The purpose of this study was to determine the leadership of women in creating child-friendly schools in RA Nurus Salam, Sambirampak Kidul, Kotaanyar, Probolinggo. The type of research used is quantitative research with a case study observation approach. The results showed, first, the leadership in RA Nurus Salam was a woman who wanted to create a child-friendly school. Second, the implementation of child-friendly schools has been implemented in RA Nurus Salam with the following stages; first, Word Analysis. Second, the Branding School. Third, Implementation of Sra Development. Fourth, Continuous Improvement. With the implementation of child-friendly schools in RA Nurus, the learning greetings are more conducive and the trust of parents to teachers is getting higher.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami tentang kepemimpinan perempuan dalam menciptakan sekolah ramah anak di Raulatul Athfal (RA) Nurus Salam, Sambirampak Kidul, Kotaanyar, Probolinggo, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama kepemimpinan di RA Nurus Salam adalah seorang perempuan yang ingin menciptakan sekolah ramah anak. Kedua, penerapan sekolah ramah anak sudah dilaksanakan di RA Nurus Salam dengan tahapan berikut; pertama, Analisis SWOT. Kedua, Branding School. Ketiga, Pelaksanaan SRA Development. Keempat, Perbaikan Berkelanjutan. Dengan penerapan sekolah ramah anak di RA Nurus salam pembelajaran lebih kondusif serta kpercayaan wali murid terhadap guru semakin tinggi.


Keywords


Women's Leadership; Child Friendly Schools; Early Childhood; Kepemimpinan Perempuan; Sekolah Ramah Anak; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abd. Hamid Wahid, Chusnul Muali, B. S. (2018). Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Ghazali. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 190–205.

Aini, Q. (2020). Interview.

Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.975

Arbain, J., Azizah, N., & Sari, I. N. (2015). Pemikiran Gender Menurut Para Ahli: Telaah atas Pemikiran Amina Wadud Muhsin, Asghar Ali Engineer, dan Mansour Fakih. Sawwa, 11(1), 75–94. https://doi.org/10.21580/sa.v11i1.1447

Asmanah Rohmatun Sholehah, Saeful Anwar, H. (2016). Pola Kepemimpinan Perempuan dalam Pengelolaan Yayasan Lembaga Pendidikan. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 69–84.

Baharun, H., & Sa’diya Kholifatus. (2018). Penilaian Berbasis Kelas Berorientasi HOTS Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 187–204.

Çobanoğlu, F., Ayvaz-Tuncel, Z., & Ordu, A. (2018). Child-friendly schools: An assessment of secondary schools. Universal Journal of Educational Research, 6(3), 466–477. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.060313

Dakir. (2014). Manajemen Layanan Pendidikan Siswa Berkebutuhan Khsusus Prespektif Religious, Filosofis, Yuridis dan Historis. Yogyakarta: K-Media.

Dakir. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dalam Supervisi Akademik Terhadap Kompetensi Profesional dan Kinerja Guru. Yogyakarta: K-Media.

Fauji, I., Fahyuni, E. F., Muhid, A., & Fahmawati, Z. N. (2020). Implementing child-friendly teaching methods to improve qur’an reading ability. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 69–78. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i1.8078

Fauzi, A., & Muali, C. (2018). Menelusuri Jejak Dan Kiprah Kiai Mohammad Hasan Genggong; Dalam Membangun Kepemimpinan Spritual-Transformatif. Jurnal Islam Nusantara, 2(1), 17. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v2i1.56

Fitriani, A. (2015). Gaya Kepemimpinan Perempuan. Jurnal Tapis, 11(02), 1–24.

Habibah, S. (2015). Kepemimpinan Perempuan Dalam Perspektif Gender. Sosioreligius Volume, 1(1), 101–114.

Hafsatu Umar Abdullahi, Igbaji Clement, Sadiyya Abdullahi Sunusi. (2017). Child Friendly Schools in Nigeria the Role of the Teacher. International Journal of Education and Evaluation, 3(6), 7–12.

Halilah. (2012). Kepemimpinan Wanita Dalam Manajemen Kependidikan. Jurnal: Manajemen of Education, 1(1), 1–9.

Hamka, H. (2013). Kepemimpinan Perempuan Dalam Era Modern. Al-Qalam, 19(1), 107–116. https://doi.org/10.31969/alq.v19i1.222

Indawati. (2020). Interview.

Kulsum, U. (2020). Interview.

Langer, A., Meleis, A., Knaul, F. M., Atun, R., Aran, M., & Arreola-Ornelas, H. (2015). Women and Health : the key for sustainable development. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(15)60497-4

Moh. Dwi Kurniyawan, Sultoni, A. S. (2020). Manajemen sekolah ramah anak. 3(2), 192–198.

Moh. Dwi Kurniyawan, S., & Sunandar, A. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak. Jamp: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 192–198.

Muali, C., Wibowo, A., Hambali, H., Gunawan, Z., & Hamimah, I. (2020). Pesantren dan Millennial Behaviour: Tantangan Pendidikan Pesantren dalam Membina Karakter Santri Milenial. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 131–146.

Munandar, A. (2019). Pengelolaan Lingkungan Dalam Menciptakan Sekolah Ramah Anak Di Min 20 Aceh Besar.

Na’imah, T., Widyasari, Y., & Herdian. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747–756. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283

Nurmalasari, I., & Karimah, D. Z. (2020). Peran Manajemen SDM dalam Lembaga Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 2(1), 33–44.

Nurvita, A., Alam, F., & Abdullah, I. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Dalam Meningkatkan Budaya Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 27(1), 42–52.

Rozana, A. A., Wahid, A. H., & Muali, C. (2017). Smart Parenting Demokratis Dalam Membangun Karakter Anak. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–16.

S, A., & Oikonomou, E. (2020). Effectiveness , Leadership Style And Gender Of Secondary Education School Principals In Athens , Greece. World Journal of Vocational Education and Training, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.18488/journal.119.2020.21.12.20

Sabhan, H. (2016). Peran Kepemimpinan Perempuan Dalam Pengambilan Keputusan Di Indonesia. Jurnal Imiah Bongaya (Manajemen & Akuntansi), 04(19), 57–72.

Sriwidadi, T. (2001). Manajemen Mutu Terpadu. The Winners, 2(2), 107–115. https://doi.org/10.21512/tw.v2i2.3817

Sujoko, E. (2017). Analisis Swot Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 83–96.

Sutanto, E. M. (2000). Peranan Gaya Kepemimpinan Yang Efektif Dalam Upaya Meningkatkan Semangat Dan Kegairahan Kerja Karyawan Di Toserba Sinar Mas Sidoarjo. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 29–43. https://doi.org/10.9744/jmk.2.2.pp.29-43

Tusriyanto. (2020). Pengembangan Sekolah Ramah Anak Di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Ri’yah, 05(01), 12–25.

Umriana, A., Fauzi, M., & Hasanah, H. (2016). Penguatan Hak Asasi Perempuan Dan Kesetaraan Gender Melalui Dialog Warga. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1), 41–60. https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1467

Vinori, M. J. (2020). Interview.

Wahyudi, V. (2018). Peran Politik Perempuan dalam Persfektif Gender. Politea: Jurnal Politik Islam, 1(1), 63–83.

Wibowo, A., & Subhan, A. Z. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 108–116.

Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5(2), 145–154.

Yulianto, A. (2016). Pendidikan Ramah Anak: Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 137–156. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v1i1.36




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v9i1.10109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.