Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran PAI dan BP SMP di Kota Tegal
Abstract
Abstract
Research on Distance Learning Management (PJJ) in the subject of Islamic Religious Education and Characteristics aims to identify distance learning management conducted on Islamic Education and BP SMP teachers in Tegal City. The distance learning management studied includes the Learning Management System (LMS) and PJJ Applications, the approaches and methods used, as well as the implications for competency attainment and the problems encountered. The Learning Management System and applications used are Google Classroom, WhatsApp, Google Form, Google Meeting, Zoom Cloud Meeting, and AGPAII Digital. The approach used is a scientific approach with the method of Problem Based Learning, Project Based Learning, Inquiry, and Discovery Learning. The implication of distance learning that is carried out is related to the achievement of students' competencies, including Attitude, Spiritual, Social, Knowledge and Skill Competencies. The training was carried out to overcome the problems faced, namely training on the use of LMS and PJJ applications, training on distance learning methods, and training on making ICT-based teaching materials. Effective communication with parents is needed in order to achieve competency attainment.
Abstrak
Penelitian Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini bertujuan untuk mengidentifikasi manajemen pembelajaran jarak jauh yang dilakukan pada guru PAI dan BP SMP di Kota Tegal. Manajeman pembelajaran jarak jauh yang diteliti meliputi Learning Management Sytem (LMS) dan Aplikasi PJJ, pendekatan dan metode yang digunakan, serta implikasi terhadap ketercapaian kompetensi dan permasalahan yang ditemui. Learning Management Sytem dan aplikasi yang digunakan adalah Google Classroom, WhatsApp, Google Form, Google Meeting, Zoom Cloud Meeting, dan AGPAII Digital. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintifik dengan metode Problem Based Learning, Project Based Learning, Inquiry, dan Discovery Learning. Implikasi dari pembelajaran jarak jauh yang dilakukan berhubungan dengan ketercapaian kompetensi peserta didik, meliputi Kompetensi Sikap, yakni Spiritual dan Sosial, Pengetahuan, dan Ketrampilan. Pelatihan dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi, yaitu Pelatihan penggunaan LMS dan Aplikasi PJJ, Pelatihan metode pembelajaran jarak jauh, dan pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis TIK. Komunikasi efektif dengan orang tua diperlukan guna mencapai ketercapaian kompetensi.Keywords
Full Text:
PDFReferences
AGPAII Luncurkan Aplikasi Digital Untuk Meringankan Tugas Guru. (n.d.). Retrieved March 22, 2021, from https://jateng.kemenag.go.id/warta/berita/detail/agpaii-luncurkan-aplikasi-digital-untuk-meringankan-tugas-guru
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Kencana.
Amir, M. T. (2016). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning (Cet.5). Kencana.
Fauzi, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh PAI SD Di Kecamatan Kutawaringin [Other, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu
Google Formulir. (n.d.). Retrieved March 22, 2021, from https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Formulir
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.
Innovative Techniques in Instruction Technology, E-learning, E-assessment a... - Google Books. (n.d.). Retrieved March 22, 2021, from https://www.google.co.id/books/edition/Innovative_Techniques_in_Instruction_Tec/ngQH8S7Zx0gC?hl=id&gbpv=1&dq=definition+of+learning+management+system&pg=PA59&printsec=frontcover
Irawan, E., Arif, S., Hakim, A. R., Fatmahanik, U., Fadly, W., Hadi, S., Pertiwi, F. N., Fauziah, H. N., Santoso, L., Pahlevi, F. S., Hidayati, N., Noviana, L., Ajhuri, K. F., & Aini, S. (2020). Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi: Transformasi, Adaptasi, dan Metamorfosis Menyongsong New Normal. Zahir Publishing.
Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1(1), 21–24.
Kemendikbud. (2014). Pendekatan dan strategi scientific. Kemendikbud.
Kementerian Agama. (2014). Panduan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
Khotimah, K. (2019). Pengaruh Kompetensi Inti PAI (Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, Dan Ketrampilan) Terhadap Life Skill Siswa Di SMP Islam Se-Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulung Agung Tahun Ajaran 2017/2018 [IAIN Tulungagung]. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/13639/
Kurniasih, I. (2014). Implementasi kurikulum 2013: Konsep & penerapan (Cetakan kedua). Kata Pena.
Muhlasin, M. (2019). Manajemen Pembelajaran dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar. Akademika, 15(1), 62–75.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013 (Cetakan pertama). PT Remaja Rosdakarya.
Mu’ayyadah, and Noor Fatmawati. 2021. “Pemanfaatan Teknologi Sebagai Pembelajaran E-Learning Google Classroom Pada Mata Pelajaran IPS.” Asanka: Journal of Social Science and Education 2(1): 31–45. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/asanka/article/view/2364.
Nugroho, T. (2014). Pendekatan scientific, model, dan strategi pembelajaran dalam kurikulum 2013. Lingua Humaniora, 8, 797–808.
Nurseha, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. AN NIDA JOURNAL, 7(1), Article 1. http://103.66.199.204/index.php/NIDA/article/view/340
Safitri, E. (2013). Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(4), Article 4. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/6262
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285–312. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638
Sanjaya (Editor), R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media.
Solong, N. P. (2021). Manajemen Pembelajaran Luring dan Daring Dalam Pencapaian Kompetensi. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 19–32. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i1.2064
Syukur, F. (2005). Inovasi Bidang Pendidikan. JUrnal Pendidikan Islami, 14(1). library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/22/jptiain-gdl-jou-2005-fatahsyuku-1063-06_Inova-n.pdf
Utomo, S. W., & Ubaidillah, Moh. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsaapp Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional Di Universitas PGRI Madiun. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 199–211. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p199--211
Wardhana, A. C., Segara, A. J. T., Adhinata, F. D., & Rakhmadani, D. P. (2020). Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Learning Management System Berbasis Moodle Untuk Guru Di SMK Maarif NU 2 Ajibarang. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 231–237. https://doi.org/10.25077/logista.4.2.231-237.2020
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v9i1.10015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 QUALITY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.