The Concept of Professional Learning Community By Teacher Group in Developing Religious Work Culture At LPIT Nurul Fikri Juwana

Tri Rahmawati

Abstract


Abstract

This study aims to analyze and understand the concept of a professional learning community by a group of teachers in developing a religious work culture to improve the quality of teacher and employee performance as a form of success for educational institutions at LPIT Nurul Fikri Juwana. This study uses a qualitative approach to the type of field research (field research). The results showed that the concept of Professional Learning Community in developing a religious work culture at the Nurul Fikri Integrated Islamic Education Institute can be done through discussion, example, spontaneous habituation, routine activities and conditioning. However, in the implementation of the Professional Learning Community, there are some obstacles, including the difficulty of controlling the rapid development of information technology, the different behavior of teachers and students, the lack of balance between the school environment, the family environment and the community environment which cause the values of religious work culture are not implemented optimally. In addition, the implementation of the Professional Learning Community concept in developing a religious work culture requires a long process, so the results cannot be felt immediately. Linking individual learning to stakeholder learning is a basic element of building a learning community. Embedded in the learning community is a concept that if all stakeholders learn, the school will develop to meet its future and also a religious work culture in everyday life so that the community as education customers are satisfied with the results of planting religiosity to students.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami konsep professional learning community oleh kelompok guru dalam mengembangkan budaya kerja religius untuk meningkatkan kualitas kinerja guru dan karyawan sebagai bentuk kesuksesan lembaga pendidikan di LPIT Nurul Fikri Juwana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Professional Learning Community dalam mengembangkan budaya kerja religius di Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Nurul Fikri dapat dilakukan melalui diskusi, keteladanan, pembiasaan spontan, kegiatan rutin dan pengkondisian. Namun dalam implementasinya Professional Learning Community masih ditemukan kendala diantaranya yaitu sulitnya mengontrol perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, adanya perilaku guru serta peserta didik yang berbeda, kurang adanya keseimbangan antara lingkungan lembaga sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat yang mengakibatkan nilai-nilai budaya kerja religius tidak terimplementasikan secara maksimal. Selain itu implementasi konsep Professional Learning Community dalam mengembangkan budaya kerja religius membutuhkan proses yang panjang, sehingga tidak bisa langsung dirasakan hasilnya. Mengaitkan pembelajaran individual dengan pembelajaran stakeholder merupakan elemen dasar membangun komunitas pembelajaran. Tertanam di dalam komunitas pembelajaran sebuah konsep bahwa apabila seluruh stakeholder belajar, maka sekolah pun akan berkembang untuk menyongsong masa depannya dan tentunya pula dalam mengembangkan budaya kerja religius dalam kehidupan sehari-hari sehingga masyarakat sebagai pelanggan pendidikan puas dengan hasil penanaman religiusitas kepada peserta didik.

Keywords


Professional Learning Community Concept; Group of Teachers; Religious Work Culture; Educational Institutions; Konsep Professional Learning Community; Kelompok Guru; Budaya Kerja Religius; Lembaga Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Agus Zaenul Fitri. (2012). Reinventing Human Character : Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. AR RUZZ MEDIA.

Delfaleny. (2008). Implementasi Learning Community untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas 2 MTsN Model Padang. Universitas Malang.

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan karakter berbasis nilai dan etika di sekolah. Ar-Ruzz Media.

Koentjaraningrat. (2006). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Raja Grafindo Persada.

Konita Luviya. (2010). Penerapan Pembalajaran Kontekstual dengan Teknik Learning Community untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Gadang 1 Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Kotter, J. . & J. L. H. (1992). Dampak Budaya Perusahaan Terhadap Kinerja. Prenhallindo.

Kumalasari, K. (2010). Pembelajaran Konseptual : Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama.

M.Zainuddin. (2008). Reformasi Pendidikan : Kritik Kurikulum dan Manajemen Berbasis Sekolah. Pustaka Pelajar.

Muhaimin. (2008a). Paradigma Pendidikan Islam : Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. (2008b). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Remaja Rosdakarya.

Nuriyatun, P. D. (2016). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DI SD NEGERI 1 BANTUL. UNY.

Nuryanto, M. A. (2010). Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan Islam (Perspektif Pedagogik Kritis). Idea Press.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manager Pendidikan, 9, 465.

Permana, J.Sudarsyah, A. (2016). Model Pengembangan Profesi Guru Melalui Professional Learning Community. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIII(1).

Retnanto, A. (2013). Model Pengembangan Karakter Melalui Sistem Pendidikan Terpadu. UNY.

Supahar. (2013). Team Teaching : Sebuah Strategi untuk Membangun Learning Community.

Sutrisno. (2008). Pendidikan Islam yang Menghidupkan : Studi Kritis terhadap Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman. Kota Kembang.

Sutrisno. (2010). Mengingat Kembali Jiwa Pendidikan sebagai Respon terhadap Globalisasi. Idea Press.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kharisma Putra Utama.

Triatna, C. (2015). Pengembangan Manajemen Sekolah. PT.REMAJA ROSDAKARYA.

Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Grasindo.

Utami, A. T. (2014). Pelaksanaan Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter Di SD Negeri 1 Kutowinangun Kebumen.

Utari, R. (2013). Pembentukan Iklim Sekolah pada RSBI (Rintisan Seolah Bertaraf Internasional) dalam Kerangka Learning Community. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v9i1.10010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.