PENGASUHAN ANAK USIA DINI BERPERSPEKTIF GENDER DALAM HUBUNGANNYA TERHADAP PEMILIHAN PERMAINAN DAN AKTIVITAS KEAGAMAAN UNTUK ANAK

Evi Muafiah, Wirawan Fadly

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pola pengasuhan yang terjadi di lembaga 

Penelitian ini bertujuan mengetahui pola pengasuhan yang terjadi di lembaga PAUD maupun dalam lingkungan keluarga serta hubungannya terhadap pemilihan permainan dan aktivitas keagamaan AUD. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain concurrent embedded. Penelitian dilaksanakan di eks-karesidenan Madiun dengan pemilihan sampel melalui purposive sampling pada data yang diperoleh menggunakan metode kualitatif dan random sampling pada data kuantitatif. Data tersebut dikumpulkan menggunakan angket, observasi, dan wawancara yang kemudian dianalisis berdasarkan karakteristiknya melalui deskriptif kualitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan Pertama masyarakat telah responsif gender pada pengasuhan AUD dan cenderung bebas pada aspek stereotipe, subordinasi, dan marginalisasi, Kedua, pemahaman responsif gender dalam pemilihan pemainan yang dimiliki guru lebih baik daripada orang tua/pengasuh, sedangkan pemilihan aktivitas keagamaan tidak ada perbedaan, dan Ketiga adanya hubungan signifikan antara pola asuh dalam lingkungan keluarga dan lembaga PAUD terhadap pemilihan permainan, namun berbeda pada pemilihan aktivitas keagamaannya dimana hubungan signifikan hanya pada lingkungan keluarga.

Kata Kunci: Pengasuhan Anak, Berperspektif Gender, Pemilihan Permainan, Aktivitas Keagamaan


Keywords


Pengasuhan Anak, Berperspektif Gender, Pemilihan Permainan, Aktivitas Keagamaan

References


Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), 2017, Data Penempatan dan Perlindungan TKI Periode Bulan Juni 2017, Jakarta: Pusat Penelitian Pengembangan dan Informasi.

Dewi, S.M., 2013, “Pengembangan Model Pembelajaran Responsif Gender di PAUD Ainina Mejobo Kudus”, dalam Jurnal Thufula PGRA STAIN Kudus, Volume 1, Nomor 1: 127.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, 2014, Seri Pendidikan Orang Tua: Pengasuhan Positif, Jakarta: DPPK

Goldstein, J, 2012, “Play In Children’s Development, Health And Well-Being”, Brussels: Toys Industries of Europe.

Lestari, S, 2014, “Psikologi Keluarga”, Jakarta: Kencana.

Mariyana, Nugraha, dan Rahmawati, 2010, “Pengelolaan Lingkungan Belajar”, Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Mufidah, 2013, “Psikologi Keluarga Islam Berwawasan Gender”, Malang: UIN Maliki Press.

Nurani, Y, dan Sujiono, B, 2010, “Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak”, Jakarta: Indeks.

Patmonodewo, S, 2000, “Pendidikan Anak Prasekolah”, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N, 2013, “Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah”, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono, 2015, “Metode Penelitian Kombinasi”, Bandung: Alfabeta.

Tedjasaputra, M.S., 2001, Bermain, Mainan dan Permainan, Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/palastren.v12i1.3188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PALASTREN Jurnal Studi Gender

Creative Commons License
Palastren : Jurnal Studi Gender by Pusat Studi Gender STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.