PENDIDIKAN KELUARGA BERWAWASAN GENDER PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KUDUS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran orang tua dalam pendidikan berwawasan gender keluarga pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini mneggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara mendalam yang diperoleh dari subyek penelitian sebanyak tiga orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek 1 menganggap bahwa memiliki anak laki-laki berumur 6 tahun berkebutuhan khusus dengan menderita cerebral palsy. Subyek 2 menyatakan memiliki anak perempuan yang berumur 23 tahun yang berkebutuhan khusus berupa cacat kaki. Subyek 3 memiliki anak perempuan berumur 30 tahun berkebutuhan khusus yaitu hidrosefalus. Subyek 1 dan 2 menganggap bahwa pendidikan tetap diberikan kepada anak berkebutuhan khusus dengan berkeadilan gender. Subyek 3 menganggap bahwa pendidikan tidak perlu diberikan kepada anak berkebutuhan khusus .Perbedaan mendidik dalam keluarga ini dipengaruhi oleh faktor tingkat pendidikan, kenyakinan, harapan masa depan, faktor ekonomi dalam keluarga.
This study aims described the role of parents in the education gender responsive family on children with special needs. This study used qualitative research approach. The collection of data by the method of observation and in-depth interviews were obtained from three research subjects. The results showed that subjects one considers that having a boy was 6 years old with special needs suffering from cerebral palsy. Subjects 2 states had a daughter who was 23 years old with special needs in the form of deformed feet. 3 subjects had a 30 year-old daughter with special needs, namely hydrocephalus. Subjects 1 and 2 assumed that education still be given to children with special needs by gender. Subjects 3 considers that education should not be given to children with special needs in the family . The difference of education is influenced by the level of education, the assurance, the future expectations, economic factors in the family.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
G. DAFTAR RUJUKAN
Abdullah Idi dan Safarina.2015. EtikaPendidikanKeluarga, SekolahdanMasyarakat. Rajawali Press. Jakarta
Aloewie, Tjepi F. 2000. Kesetaraan dan Kesempatan Kerja bagi Tenaga Kerja Penyandang Cacat . Makalah. Yayasan dan LBK Propinsi DKI .Jakarta
Daradjat, Zakiyah. .2001. Kesehatan Mental. Penerbit Toko Gunung Agung. Jakarta
Dermatoto, Argyo. 2005. Menyibak Sensivitas Gender dalam Keluarga Difabel. UNS Press. Surakarta
Direktur Pendidikan Usia Dini, Non Formal, dan Informal, 2014, Jakarta
Fakih, Mansour. 1996. Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Cet. I Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Geniofam. 2010.Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Penerbit Gerai Ilmu. Yogyakarta
NurKholis Reefani.2013.PanduanMendidikAnakBerkebutuhanKhusus. Penerbit Imperium . Yogyakarta
Puspitawati, Herien. 2010. Persepsi Peran Gender terhadap Pekerjaan Domestik dan Publik pada Mahasiswa IPB. Jurnal Studi Gender dan Anak. Pusat Studi Gender STAIN Purwokerto. Purwokerto
Rusdian, Cynthia. 2012 .Hubungan antara psychological well-being dan keterlibatana orang tua dalam pendidikan anak disabilitas intelektual kanak-kanak (4-11 tahun).Skripsi. UI. Jakarta
Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D, Bandung : Alfabeta
Suhra, Safira. 2013. Kesetaraan Gender dalam Perspektif Alqur’an dan Implikasinya terhadap Hukum Islam. Jurnal Al-Ulum. Volume 13 No. 2 Desember Hal. 373-394
Widayani, Ni Made, Hartati, Sri . 2014. Kesetaraan dan Keadilan Gender dalam Pandangan Perempuan Bali; Studi Fenomologis terhadap Penulis Perempuan Bali. Jurnal Psikologi Undip. Vol .13. No 2. Oktober. Hal. 149-162. Undip. Semarang
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/palastren.v9i1.1794
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 PALASTREN Jurnal Studi Gender
Palastren : Jurnal Studi Gender by Pusat Studi Gender STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.