PENDIDIKAN KELUARGA BERWAWASAN GENDER PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KUDUS

Muzdalifah Muzdalifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran orang tua dalam pendidikan berwawasan gender keluarga pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini mneggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara mendalam yang diperoleh dari subyek penelitian sebanyak tiga orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek 1 menganggap bahwa memiliki anak laki-laki berumur 6 tahun berkebutuhan khusus dengan menderita cerebral palsy. Subyek 2 menyatakan memiliki anak perempuan yang berumur 23 tahun yang berkebutuhan khusus berupa cacat kaki. Subyek 3 memiliki anak perempuan berumur 30 tahun berkebutuhan khusus yaitu hidrosefalus. Subyek 1 dan 2 menganggap bahwa pendidikan tetap diberikan kepada anak berkebutuhan khusus dengan berkeadilan gender. Subyek 3 menganggap bahwa pendidikan tidak perlu diberikan kepada anak berkebutuhan khusus .Perbedaan mendidik dalam keluarga ini dipengaruhi oleh faktor tingkat pendidikan, kenyakinan, harapan masa depan, faktor ekonomi dalam keluarga.

 

This study aims described the role of parents in the education gender responsive family on children with  special needs. This study used qualitative research approach. The collection of data by the method of observation and in-depth interviews were obtained from three research subjects. The results showed that subjects one considers that having a boy was 6 years old with special needs suffering from cerebral palsy. Subjects 2 states had a daughter who was 23 years old with special needs in the form of deformed feet. 3 subjects had a 30 year-old daughter with special needs, namely hydrocephalus. Subjects 1 and 2 assumed that education still be given to children with special needs by gender. Subjects 3 considers that education should not be given to children with special needs in the family . The difference of education is influenced by the level of education, the assurance, the future expectations, economic factors in the family.


Keywords


Anak Berkbutuhan Khusus, Gender, Pendidikan Keluarga, Children with Special Needs, Gender, Family Education

References


G. DAFTAR RUJUKAN

Abdullah Idi dan Safarina.2015. EtikaPendidikanKeluarga, SekolahdanMasyarakat. Rajawali Press. Jakarta

Aloewie, Tjepi F. 2000. Kesetaraan dan Kesempatan Kerja bagi Tenaga Kerja Penyandang Cacat . Makalah. Yayasan dan LBK Propinsi DKI .Jakarta

Daradjat, Zakiyah. .2001. Kesehatan Mental. Penerbit Toko Gunung Agung. Jakarta

Dermatoto, Argyo. 2005. Menyibak Sensivitas Gender dalam Keluarga Difabel. UNS Press. Surakarta

Direktur Pendidikan Usia Dini, Non Formal, dan Informal, 2014, Jakarta

Fakih, Mansour. 1996. Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Cet. I Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Geniofam. 2010.Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Penerbit Gerai Ilmu. Yogyakarta

NurKholis Reefani.2013.PanduanMendidikAnakBerkebutuhanKhusus. Penerbit Imperium . Yogyakarta

Puspitawati, Herien. 2010. Persepsi Peran Gender terhadap Pekerjaan Domestik dan Publik pada Mahasiswa IPB. Jurnal Studi Gender dan Anak. Pusat Studi Gender STAIN Purwokerto. Purwokerto

Rusdian, Cynthia. 2012 .Hubungan antara psychological well-being dan keterlibatana orang tua dalam pendidikan anak disabilitas intelektual kanak-kanak (4-11 tahun).Skripsi. UI. Jakarta

Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D, Bandung : Alfabeta

Suhra, Safira. 2013. Kesetaraan Gender dalam Perspektif Alqur’an dan Implikasinya terhadap Hukum Islam. Jurnal Al-Ulum. Volume 13 No. 2 Desember Hal. 373-394

Widayani, Ni Made, Hartati, Sri . 2014. Kesetaraan dan Keadilan Gender dalam Pandangan Perempuan Bali; Studi Fenomologis terhadap Penulis Perempuan Bali. Jurnal Psikologi Undip. Vol .13. No 2. Oktober. Hal. 149-162. Undip. Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/palastren.v9i1.1794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PALASTREN Jurnal Studi Gender

Creative Commons License
Palastren : Jurnal Studi Gender by Pusat Studi Gender STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.