INOVASI DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIKUM BAHASA INGGRIS DI STAIN KUDUS
Abstract
Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya teknologi dan informasi yang meningkat dengan bebas. Atas dasar tersebut, penulis memandang bahwa perkembangan teknologi ini harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh guru dalam dunia pendidikan. Penelitian ini, berbentuk penelitian kualitatif dengan pendekatan. Penulis telah mengamati beberapa inovasi dalam pengajaran Praktik Bahasa Inggris yang diterapkan oleh beberapa dosen Bahasa Inggris di STAIN Kudus. Berbagai macam metode telah diterapkan oleh Dosen Bahasa Inggris di STAIN Kudus dalam mengajar Praktikum Bahasa Inggris. Hal ini dipengaruhi oleh berbedanya daya kreativitas masing- masing dosen, sarana atau fasilitas yang dimiliki oleh dosen atau kampus, dan yang lebih utama ialah berbedanya kompetensi dari mahasiswa tiap-tiap kelas, prodi atau jurusan. Sehingga metode yang dipilih pun harus disesuaikan dengan kemampuan dari mahasiswa masing-masing kelas/prodi/jurusan. Inovasi pembelajaran ini dimaksudkan untuk mewujudkan pembelajaran yang aktif, efektif, menyenangkan, dan menarik bagi mahasiswa. Serta yang terpenting yaitu pesan yang ingin disampaikan dosen kepada mahasiswa dapat diterima dan dipahami.
Kata kunci: inovasi, praktikum, bahasa Inggris
LEARNING INNOVATION IN ENGLISH PRACTICUM CLASS IN STAIN KUDUS. The writing of this article was effected by the development of technology and information which increasing freely. On the basis of these, the author looked at that development of this technology should be utilized with the best by the teachers in the world of education. This study is Qualitative research by using analytical descriptive approach. The author had observed some innovation in the teaching of English Practicum which has been applied by English lecturers of STAIN Kudus. A variety of methods have been applied by them in teaching English Practicum. It is influenced by a different power of creativity each lecturer, means or facilities owned by a lecturer or campus, and the more mainstream is the different competencies of students for each class, study program or majors. Therefore, the selected method must be adjusted with the ability of the students of each class/ study program/majors. The learning innovation is intended to embody the learning that is active, effective, fun, and interesting for the students. Furthermore, the most important thing is the message that will be delivered by lecturers to students can be accepted and understood.
Keywords: innovation, practicum, English
Full Text:
PDFReferences
Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi
Guru. Jakarta: Penerbit Bestari Buana Murni.
Beetlestone, Florence. 2013. Creative Learning : Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreativitas Siswa, terj. Narulita Yusron. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Penerbit
Yrama Widya.
Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan
Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Johnson, David W. et al. 2012. Colaborative Learning : Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama, terj. Narulita Yusron. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi
Aksara.
Setyarini, Sri. (2010, April). “Puppet Show”: Inovasi Metode Pengajaran Bahasa Inggris dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 11 No. 1.
Sukmadinato, Nana Syaodeh.2008. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Pt. Remaja Posdakarya.
Suparyana. (2015, 28 Oktober). Pelatihan,”Metodologi Pembelajaran Praktikum Bahasa Inggris”. Kudus: Unit Pengembangan Bahasa STAIN Kudus.
Watson, Roy-Davis. 2011. Strategi Pengajaran Kreatif, terj. Theresia
Aniek Setyowati Soetaryo. Jakarta: Penerbit Erlangga.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.798
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: