METODE JIGSAW SOLUSI ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits dengan fokus materi Q.S al-Lahab dan an-Nashr melalui metode pembelajaran Jigsaw di MTsN 02 Semarang. Penelitian ini memberikan informasi sebagai masukan untuk pengembangan model pembelajaran Jigsaw pada materi Q.S al-Lahab. Di samping itu, penelitian ini juga memberikan pelajaran yang lebih bervariatif, terutama bagi siswa MTs N 02 Semarang khususnya agar lebih tertarik untuk aktif dalam belajar. Karena penggunaaan variasi mengajar melalui metode jigsaw membuat para siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar dan melatih kerjasama serta melatih kemandirian siswa dalam belajar. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan (memberikan konstribusi) yang berarti bagi upaya peningkatan mutu pelajaran Al-Qur’an hadits khususnya peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu juga dapat dipergunakan sebagai bahan atau masukan dalam mengajarkan Al-Qur’an hadits kepada anak didik dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Kata kunci: Jigsaw, al-qur’an, hadits, motivasi, belajar
This article aims to determine students’ motivation on the subjects of the Qur’an hadits with a focus on material Q.S al-Lahab and an- Nasr through Jigsaw learning method in MTsN 02 Semarang. The study provides information as an input for the development of Jigsaw learning model on material of Q.S al-Lahab. In addition, this study also provides lessons more varied, especially for students of MTs N 02 Semarang in particular to be more interested in active learning. Because the use of variety of teaching through jigsaw method makes students become more motivated to learn and practice cooperation and to train students’ independence in learning. The results of this study can be used as an input (contribution) that means for improving the quality of learning the Qur’an hadits in particular improving student learning outcomes. It also can be used as an ingredient or input in the hadith teaches the Qur’an to students in improving students’ activeness in following the teaching and learning activities.
Keywords: Jigsaw, Al-Qur’an, hadist, learning , motivation
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. 1990. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:
Bumi Aksara.
. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Agama. 2000. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV. Diponegoro.
Departemen Pendidikan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. 2003. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional.
Echols, John M. dan Sadily, Hasan. 2000. Kamus Inggris Indonesia.
Jakarta: Gramedia.
Falah, Ahmad. 2010. Aspek-aspek Pendidikan Islam. Yogyakarta: Idea
Press.
Fathurrohman, M. & Sulistiyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran.
Yogyakarta: Teras, 2012.
Gunarsa, Singgih D. 1978. Pengantar Psiklologi. Jakarta: Mutiara. Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas
Muhammadiyah Malang.
Ibrohim, T. dan Darsono, H. 2009. Penerapan al-Qur’an Hadits, Solo: Tiga Serangkai.
Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja
Rosda Karya.
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka
Cipta.
Nasution. 1982. Didaktik Azas-azas Mengajar. Bandung: Jemmers. Purwanto, Ngalim. 1998. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosda Karya.
Rahim, Husni. 2005. Wawasan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan.
Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru.
Bandung: Remaja Rosda Karya.
Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning : 101 Strategi Pembelajaran
Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.
Silberman, Melvin L. 1996. Active Learning 101: Belajar Siswa Aktif.
Bandung: Nusamedia.
Sudjana, Nana. 1989. Penelitian dan penilaian peserta didik, Bandung: Sinar Baru.
Sugiono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wehmeier, Sally. 2000. Oxford Advanced Leaner’s Dictionary. New
York: Oxford University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.793
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: