METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PAI
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan pem- belajaran dengan metode kontekstual. Dalam pembahasannya, kajian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan dengan menelaah sumber-sumber ilmiah. Pemilihan metode yang tepat akan mampu mengatasi keterbatasan pembelajaran dan memberikan efek pada proses pembelajaran yang akan berlangsung. Salah satu cara untuk membuat efektif belajar belajar, menciptakan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan (joyfull dan pembelajaran quantum), menyediakan pengalaman/dunia nyata dalam pembelajaran dan menggunakan berbagai sumber belajar. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa metode Contextual Teaching and Learning sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena motode ini terfokus pada pemahaman, perkembangan ilmu, ketrampilan dan pemahaman kontekstual peserta didik tentang hubungan mata pelajaran dengan apa yang dijumpai peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: metode, pembelajaran, kontekstual
CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING METHODS FOR THE DEVELOPMENT OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION LEARNING. This study aims to describe the learning development with cintextual method. In the implementation this study uses library research by examining the scientific sources. The selection of an appropriate method will be able to overcome these limitations and give effect on the learning process that will take place. One of learning method to create effective learning , creating an atmosphere of fun and not boring (joyfull and quantum learning), providing real- world experience (real world learning) and using a variety of learning resources is the method of Contextual Teaching and Learning (CTL) or Learning in Context. Contextual Teaching and Learning methods are very suitable to be applied in the teaching of Islamic Education because it is focused on understanding , development of knowledge, skills and contextual understanding of the students about the subjects relationship to what students encountered in daily life.
Keywords: method, contextual, learning , Islamic religious education
Full Text:
PDFReferences
Ali Maksum dan Luluk Y. Ruhendi. 2004. Paradigma Pendidikan Universal, di Era Modern dan Post-Modern. Jogjakarta: Ircisod.
Al-Jamali, Muhammad adhil. 1986. Filsafat Pendidikan dalam Al- Qur’an. terj. Judial Falasani. Surabaya: Bina Ilmu.
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan
Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Depdiknas. 2005. Panduan Workshop Pembelajaran CTL dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi bagi SMP Muhammadiyah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat Pembinaan Pendidikan Lanjutan Pertama.
athurrahman & Sulistyorini. 2012. Belajar & Pembelajaran.
Yogyakarta: Teras.
Karim, Muhammad. 2009. Pendidikan Kritis Transformatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Linda, Bruce and Dee. 2004. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis
Multiple Intelegences. Depok: Intuisi Press.
Rahayuningsih. 2008. Implementasi Pendekatan CTL dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 7. Surakarta: Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Saleh Abdullah, Abdurrahman. 1991. Teori-teori Pendidikan berdasarkan Al-Quran (terj), H. M. Arifin dan Zainuddin. Jakarta: Rineka Cipta.
Silberman, Melvin L.. 2004. Active Learning : 101 Cara Belajar Aktif.
Bandung: alah Production.
Sumiati & Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana
Prima.
Suwarna, dkk. 2006. Pengajaran Mikro, Pendekatan Praktis dalam
Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana
Suyahman. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Sukoharjo: Univet
Bantara.
Yasin, Nurhadi Burhan. 2004. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.792
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: