ANALISIS PERSEPSI PELAJAR TINGKAT MENENGAH PADA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
Abstract
Persepsi adalah pandangan secara umum atau global mengenai suatu obyek dilihat dari beberapa aspek yang dapat difahami oleh seseorang. Mengetahui persepsi masyarakat terhadap suatu lembaga pendidikan merupakan upaya untuk melihat keinginan atau ekspektasi masyarakat terhadap lembaga tersebut. Perguruan tinggi sebagai lembaga sosial yang tumbuh dan berkembang untuk masyarakat tidak terlepas dari target yang dibutuhkan oleh masyarakat itu sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap STAIN Kudus. Masyarakat dalam penelitian ini dikhususkan pada pelajar tingkat menengah dari Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena penelitian ini disajikan dengan angka, tabel dan diagram. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan persepsi pelajar Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas terhadap STAIN Kudus.
Kata kunci: Persepsi, Pelajar, STAIN Kudus
HIGH SCHOOL STUDENTS’ PERSCEPTION ANALYSIS TO STATE ISLAMIC COLLEGE OF KUDUS (STAIN KUDUS). Perception is a general or global view on an object viewed from several aspects that can be understood by someone. Knowing the public perception of an educational institution is an attempt to see the public desire or expectation of the institution. University as social institution which grows and develops for society can not be separated from the target required by the community itself. This study is conducted to know the public perception of STAIN Kudus. The society in this study is devoted to students of Madrasah Aliyah and senior high school. The study uses quantitative approach because this study is presented in numbers, tables, and diagram. This study show that there are some factor which influence the perception diffferences between Madrasah Aliyah and Senior Hight School Student to STAIN Kudus.
Keywords: perception, student, STAIN Kudus
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Davidoff, LL. 1988. Introduction to Psychology, alih bahasa Mari
Juniati, Psikologi Suatu Pengantar Jilid I. Jakarta: Erlangga. Gibson, Ivancevich Donelly. 1989. Organisasi dan Manajemen
Perilaku, Struktur dan Proses. (editor: Agus Dharma, SH, M,
Ed), Jakarta: Erlangga.
Robbins, Stephen P. 2007. Perilaku Organisasi Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Spradley, J.P. 1980. Participant Observation. New York: Holt, Rinehart, and Winston.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sutopo, H.B. 1995. Kritik Seni Holistik Sebagai Model Pendekatan
Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
Taylor, Shelley E.dkk. 2009. Psikologi Sosial, Jakarta: Kencana. Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: