REKONSTRUKSI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (MENGEMBALIKAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TUJUAN PENCIPTAAN DAN TUJUAN RISALAH)
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rekonstruksi filsafat pendidikan Islam sesuai tujuan penciptaan dan tujuan risalah. Pendekatan dalam peneltian ini adalah penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah bahwa pada hakekatnya, Islam diturunkan ke dunia ini tidak lain adalah untuk memberikan tuntunan kebahagian bagi ummat manusia. Eksistesi Islam adalah rah}matan li al-’a>lami>n, penebar kedamaian bagi semesta alam. Yang secara teologis kemudian kita pahami sebagai tujuan risalah Islam. Filsafat Pendidikan Islam adalah landasan filosofis dalam implementasi pendidikan Islam. Dalam hal ini, filsafat pendidikan Islam harus berorientasi pada dua hal, yakni tujuan penciptaan manusia, yakni sebagai hamba dan sebagai khalifah. Kedua, tujuan risalah islam, yakni menjadi rahmat bagi semesta dan menyempurnakan akhlak yang mulia.
kata kunci: rekonstruksi, filsafat pendidikan, Islam, tujuan risalah
THE RECONSTRUCTION OF ISLAMIC EDUCATION PHILOSOPHY (RESTORING THE ISLAMIC EDUCATION OBJECTIVE BASED ON THE CREATION AND PURPOSE TREATISE). This study aims to describe the reconstruction of Islamic education philosophy in accordance with the purpose of treatise creation and purpose. The approach of this study is library research. The result of this study is that in fact, Islam was revealed to the world is none other than to provide the happiness guidance for Moslems. The existence of Islam is rah}matan li al-’a>lami>n, the diffuser of peace for the Earth. That theologically we understand as the Islamic treatise destination. Islamic education philosophy is the philosophical grounding in Islamic education implementation. In this case, Islamic education philosophy must be oriented in two ways, i.e. the purpose of the human creation, i.e. as a servant and as the Caliph. Second, the purpose of the Islamic treatise, i.e. be a mercy to the universe and improve the noble morals.
Keywords: reconstruction, islam, education, philosophy, the goal of the treatise
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, 2005. Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Arifin, Muzayin. 1994. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi
Aksara.
Barnadib, Imam. 1986. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset. Darwis, Djamaluddin. 2006. Dinamika Pendidikan Islam. Semarang:
Rasail.
Jalaluddin dan Usman Said. 1996. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Karya.
Khun, Thomas S. 2000. The Structure of Scientific Revolution. Bandung: Rosda
Mas’ud dkk, Abdurrahman. 2011. Paradigma Pendidikan Islam.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Misrawi (ed), Zuhairi. 2004. Menggugat Tradisi: Pergulatan Pemikiran
Anak Muda NU. Jakarta: Kompas.
Mufid, Fathul. 2008. Filsafat Ilmu Islam (Buku Daros). Kudus: STAIN Kudus.
Muhadjir, Noeng. 2001. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Rakesarasin.
Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.786
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: