REKONSTRUKSI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (MENGEMBALIKAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TUJUAN PENCIPTAAN DAN TUJUAN RISALAH)

Hikmatul Mustaghfiroh

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rekonstruksi filsafat pendidikan Islam sesuai tujuan penciptaan dan tujuan risalah. Pendekatan dalam peneltian ini adalah penelitian kepustakaan. Hasil  penelitian  ini adalah bahwa pada   hakekatnya,    Islam diturunkan ke dunia ini tidak lain  adalah untuk  memberikan tuntunan    kebahagian   bagi ummat manusia. Eksistesi Islam adalah rah}matan li al-a>lami>n, penebar kedamaian bagi semesta alam. Yang secara teologis kemudian  kita pahami sebagai tujuan risalah Islam. Filsafat Pendidikan  Islam adalah landasan filosofis dalam implementasi pendidikan Islam.  Dalam hal ini,  filsafat pendidikan Islam harus berorientasi pada dua hal, yakni tujuan penciptaan  manusia, yakni sebagai hamba dan sebagai khalifah. Kedua, tujuan risalah islam, yakni menjadi rahmat bagi semesta dan menyempurnakan akhlak yang mulia.

 

kata kunci:  rekonstruksi,   filsafat  pendidikan, Islam, tujuan risalah

THE RECONSTRUCTION OF  ISLAMIC EDUCATION PHILOSOPHY (RESTORING THE ISLAMIC EDUCATION OBJECTIVE  BASED ON THE CREATION AND PURPOSE TREATISE). This study aims to describe the reconstruction of Islamic education  philosophy  in accordance  with the  purpose  of treatise creation and purpose. The approach of this study is library research. The result of this study is that in fact, Islam was revealed to the world is none other than to provide the happiness guidance for Moslems. The  existence  of Islam  is  rah}matan li  al-a>lami>n, the  diffuser of peace for the Earth. That theologically we understand as the Islamic treatise destination. Islamic education philosophy is the philosophical grounding in Islamic education implementation. In this case, Islamic education philosophy must be oriented in two ways, i.e. the purpose of the human  creation, i.e. as a servant and as the Caliph. Second, the purpose of the Islamic treatise, i.e. be a mercy to the universe and improve the noble morals.

Keywords:  reconstruction, islam, education, philosophy, the goal of the treatise


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, 2005. Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Arifin, Muzayin. 1994. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi

Aksara.

Barnadib, Imam. 1986. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset. Darwis, Djamaluddin. 2006. Dinamika Pendidikan Islam. Semarang:

Rasail.

Jalaluddin dan Usman Said. 1996. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Karya.

Khun, Thomas S. 2000. The Structure of Scientific Revolution. Bandung: Rosda

Mas’ud dkk, Abdurrahman. 2011. Paradigma Pendidikan Islam.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Misrawi (ed), Zuhairi. 2004. Menggugat Tradisi: Pergulatan Pemikiran

Anak Muda NU. Jakarta: Kompas.

Mufid, Fathul. 2008. Filsafat Ilmu Islam (Buku Daros). Kudus: STAIN Kudus.

Muhadjir, Noeng. 2001. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Rakesarasin.

Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.