KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT IBNU KHALDU>N DALAM KITA>B MUQODDIMAH

Noor Hidayah

Abstract


Kajian ini mengeksplorasi tentang konsep dan pemikiran Ibnu Khaldu>n  tentang pendidikan anak yang menyoroti mengenai peran, tugas dan tanggung jawab pendidik terhadap anak dalam proses belajar mengajar atau interaksi edukatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Konsep pendidikan anak menurut Ibnu Khaldun> dalam kitab Muqaddimah didasarkan pada Alquran, kemudian dilandasi dengan ketentuan intelektual dan akal. Tujuan pendidikan  anak menurut pemikiran Ibnu Khaldu>n   dalam kita>b   Muqaddimah adalah membentuk anak supaya memiliki akhlak yang mulia, kepribadian yang baik dan tangguh, memiliki malakah  atau ketrampilan dan menguasai ilmu-ilmu agama (naqliyah) dan ilmu-ilmu umum (aqliyah) untuk eksistensi kelangsugan hidup mereka. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan anak menurut Ibnu Khaldu>n dalam kita>b Muqaddimah  nya ternyata relevan dengan tokoh-tokoh pendidikan Barat, misalnya Locke, J.J.  Rousseau Locke, Fouerster, dan John Dewey, meskipun dasar pijakan dalam berpikir mereka berbeda dengan Ibnu Khaldu>n, dimana mereka lebih menekankan dan didominasi oleh pijakan akal dan rasional.

Kata kunci: pendidikan, Ibnu Khaldu>n, kita>b Muqaddimah

THE CONCEPT OF THE CHILDREN EDUCATION ACCORDING TO IBN KHALDU>N (STUDY ON THE BOOK OF THE MUQADDIMMAH). This study explores the concept and thought of Ibn Khaldu>n about the children education that highlights about the role, duties and responsibilities of educators in the process of teaching and learning or educational interaction. This study uses library research. The concept of the children education according to Ibn Khaldu>n in the book of Muqaddimmah are based on the Qur’an, and then be based on the intellectual  provisions and sense. The purpose of the children education according to Ibn Khaldu>n’s thought in the book of Muqaddimmah is forming the children to have noble morals, good and tough personality, skills and master the religious studies (naqliyah) and general studies (aqliyah) for their lives existence. The result of this study show that the concept of the children education according to Ibn Khaldu>n  in the book of Muqaddimmah  is still relevant to Western  education  figures, such as Locke, Rousseau, Locke, J.J. Fouerster, and John Dewey, but their basic in thinking are different with Ibn Khaldu>n, they are more stressed and dominated  by reason and rational basic.

Keywords:  children education, Ibn Khaldu>n, Muqaddimmah book



Full Text:

PDF

References


Ahmad Syafi’i Ma’arif, Ahmad Syafi’i. 1996. Ibnu Khaldu>n dalam Pandangan Penulis Barat dan Timur. Jakarta: Gema Insani Press.

Ahmad, Zaenal Abidin. 1979. Ilmu Politik Sejarah Islam dan Umatnya Sampai Sekarang (Perkembangan dari Zaman ke Zaman). Jakarta: Bulan Bintang.

al-Abrasyi, Athiyah. tt. Ruh at-Tarbiyah wa Ta’lim. Dar-al-Ihya’: Bab al-Halabi.

. tt. al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha. Beirut: Dar al- Fikr.

Ali, A. Mukti. 1970. Ibnu Khaldu>n dan Asal-Usul Sosiologi. Yogyakarta: Yayasan Nida.

al-Jumbulati, Ali. 1994. Perbandingan Pendidikan Islam. terj. H.M.

Arifin, Jakarta: Rineka Cipta.

al-Syaibani, Omar Muhammad al-Toumy. 1979. Falsafah Pendidikan

Islam. terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang.

an-Nahlawi, Abdurrahman. 1992. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat. Bandung: Diponegoro.

Arifin, M. 1979. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di

Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang. Ashraf, Ali. 1993. Horison Baru Pendidikan Islam. terj. Sori Siregar,

Jakarta: Pustaka Firdaus.

Barnadib, Imam. dan Barnadib, Sutari Imam. 1996. Beberapa Aspek

Substansial Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Andi Offset.

Bisri, Cik Hasan. 1998. Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi: Bidang Ilmu Agama Islam. Ciputat: Logos Wacana Ilmu.

Bisri, Cik Hasan. dan Rufaidah, Eva. 2002. Model Penelitian Agama dan

Dinamika Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dewey, John. 1980. Democracy and Education. New York: Tehe

Macmillan Company.

Djamarah, Syaiful Bahri. dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar

Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.

Enam, M.A. 1979. Ibn Khaldu>n His Life and Work, New Delhi: New Taj

Offser Press.

Fahmi, Asma Hasan. 1979. Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam. terj.

Ibrahim Husein, Jakarta: Bulan Bintang.

Fikri, Ali. tt. Tarbiyatul Banin. Beirut: Dar al-Kutub Ilmiah.

Kartono, Kartono. 1995. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan).

Bandung, Mandar Maju, Cet. I.

Khaldu>n, Ibnu. tt. Muqaddimah Ibnu Khaldu>n. Mesir: Dar al-Fikr. Lenoil, M. 2001. Educational Ideologies Comtemporary of Educational

Philosophies. alih bahasa: Intan Naumi .Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Lewis, B. et. al., 1971. The Encyclopedia of Islam. Tuta Subagide Pallos

EJB, London: Inzac.

Ma’arif, Ahmad Syafi’i. 1996. Ibnu Khaldu>n dalam Pandangan penulis

Barat dan Timur. Jakarta: Gema Insani Press.

Marimba, Ahmad D. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam.

Bandung: al-Ma’arif.

Moleong, Lexy J. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Morris L. Bigge, Morris L. 1994. Learning Theories for Teacher. New

York: Harper dan Row Publishers Inc.

Muhadjir, Noeng. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Mulkhan, Abdul Munir. 1993. Paradigma Intelektual Muslim Pengantar

Filsafat Pendidikan Islam dan Dakwah. Yogyakarta: Sipress. Muslim, tt. Shahih Muslim Juz II, Beirut: Dar al-Fikr.

Nasution, S. 1986. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bandung: Jemmars. Poerwadarminta, W.J.S. 1999. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta:

Balai Pustaka.

Qutb, Muhammad. 1983. Minhaj al-Tarbiyah al-Islamiyyah. Beirut: Dar- al-Syuruq, Cet. VII.

Raliby, Osman. 1965. Ibnu Khaldu>n Tentang Masyarakat dan Negara.

Jakarta: Bulan Bintang.

Smith, Samuel. 1986. Gagasan-gagasan Besar Tokoh dalam Bidang

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Soejoed, 1977. Aliran-aliran Pendidikan dan Pengajaran dengan Tokoh- tokohnya, Yogyakarta: IKIP.

Soejono, Agus. 1978. Aliran Baru Dalam Pendidikan. Bandung: CV.

Ilmu.

Sulaiman, Fathiyah Hasan. 1991. Ibnu Khaldu>n Tentang Pendidikan.

terj. Azra’i Zakariya, Jakarta: Minaret.

. 1964. Bahs al-Madzhab al-Tarbawi “Inda al-Ghazali. Mesir: Maktab Nahdah.

Suparlan, Y.B. 1984. Aliran-aliran Baru dalam Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Surachmad, Winarno. 1972. Dasar dan Teknik Reseacrh, Bandung: Tarsito.

Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos.

Thoha, Nashruddin. tt. Tokoh-tokoh Pendidikan Islan dizaman Jaya

Iman Ghazali dan Ibnu Khaldu>n. Jakarta: Mutiara.

Ulwan, Abdullah Nasih. 1992. Pendidikan Anak menurut Islam kaidah- kaidah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wafi, Ali Abd al-Wahid. 1985. Ibnu Khaldu>n Riwayat dan Karyanya.

Jakarta: Grafiti Press.

. 1985. Ibnu Khaldu>n Riwayat dan Karyanya. Jakarta: Grafiti

Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.