EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN READING PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS II DI JURUSAN TARBIYAH STAIN KUDUS
Abstract
Perkembangan kegiatan belajar mengajar harus dievaluasi untuk mengetahui sukses tidaknya sebuah pembelajaran. Evaluasi ini harus dilakukan karena pengajaran sekarang tentunya akan mempengaruhi proses belajar selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil evaluasi pembelajaran mata kuliah Bahasa Inggris II (reading) di STAIN Kudus dan bagaimana tawaran silabi dan SAP mata kuliah bahasa Inggris II untuk program studi PGMI dan PGRA. Metode penelitian ini adalah evaluatif yang difokuskan pada evaluasi konteks, evaluasi proses, dan evaluasi produk. Subyek dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran mata kuliah Bahasa Inggris II di STAIN Kudus sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan adanya beberapa indikator. Hasil kedua adalah tawaran silabi dan SAP Bahasa Inggris II untuk PGMI da PGRA seharusnya dilakukan perbaikan dan penyesuaian dengan kompetensi yang diharapkan dari para lulusan nantinya.
Kata kunci: evaluasi pembelajaran, English II (reading)
TEACHING SYSTEM EVALUATION OF “BAHASA INGGRIS II” (ANALYSIS STUDY ON READING LEARNING PROCESS IN EDUCATION DEPARTMENT, STAIN KUDUS. The improvement of teaching and learning process should be evaluated to determine the success or failure of the learning process. It should be carried out because it will affect the learning process further. This research had purposes to know how the teaching and learning evaluation of Reading in STAIN Kudus and how is the syllabi dan lesson plan of Reading for Education of Islamic Elementary School and Kindergarten Teacher. The method of this research was evaluative because it was focused on Context Evaluation, Process Evaluation and Product Evaluation. The result showed that the teaching and learning evaluation of Reading in STAIN Kudus run well. It was prooved by some indicators. The second result showed that syllabi dan lesson plan of Reading for Education of Islamic Elementary School and Kindergarten Teacher needs to be improved and adapted with the students competence.
Keywords: learning evaluation, English II (reading)
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya Offset.
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2010. Evaluasi
Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. 2006. Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia, Estetika, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Jasmani-Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: BSNP.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: P3MTK-Ditjen Dikti-Depdikbud.
Furqon. 2001. Evaluasi Belajar di Sekolah, Mimbar Pendidikan No. 3
Tahun XX. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Keraf, Gorys. 1997. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa.
Flores: Nusa Indah.
Mantja, W. 2008. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan: Manajemen
Pendidikan. Malang: Elang Mas.
Mardapi, Djemari. 2000. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes.
Yogyakarta: Mirta
Miles, B.B., dan A.M. Huberman. 1992. Analisa Data Kualitatif. Jakarta:
UI Press Jakarta.
Moleong , L.J. 2005. Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugandi, A. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.
Sukmadinata, Nana Sy. 2001. Pengembangan Kurikulum: Teori dan
Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2010. Evaluasi Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta :Bumi Aksara.
Swearingen, R. 2006. A Primer: Diagnostik, Formative and Summative
Assessment.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.780
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: