MANAJEMEN EVALUASIPENDIDIKAN ISLAM DI STAIN KUDUS

Kisbiyanto Kisbiyanto

Abstract


Pencapaian tujuan  pendidikan Itu  diukur  melalui   evaluasi pendidikan. Evaluasi merupakan salah satu faktor penting dalam pembelajaran. Dalam penelitian  ini, tujuan yang ingin dicapai adalah mengetahui manajemen evaluasi pendidikan agama islam yang ada di STAIN Kudus. Penelitian  kualitatif ini mengolah data atau dokumen yang ada di STAIN Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa STAIN Kudus memiliki banyak prosedur untuk mengevaluasi kompetensi  mahasiswa, baik test, non-test, presentasi makalah dan penelitian lapangan. Ada banyak jenis mata kuliah, baik mata kuliah yang bersifat teoritis dan praktis. Mahasiswa akan lulus memperoleh  nilai 2.00 akan lulus, kecuali Praktik Profesi Lapangan (PPL) yang menjadi mata kuliah utama. Mahasiswa akan lulus mata kuliah PPL jika memperoleh nilai minimal 3.49.

kata kunci: manajemen, evaluasi, stain kudus

EVALUATION MANAGEMENT OF ISLAMIC EDUCATION STUDY IN STAIN KUDUS. The attainment  of education purpose is measured by education evaluation. The evaluation is one of important factors in teaching and learning process. In this research, the purpose is knowing the evaluation management  of islamic education in State Islamic College of Kudus (STAIN Kudus). This qualitative research showed that STAIN Kudus has many procedures to evaluate students’ competence, whether it is test, non test, paper presentation and field research. There  are various  subjects, both theoritical and practical subject.  many procedures standard  to evaluate  the  competence of students, namely test and non-test, and also presentasion of papers and field research. There are many subject matters, both of theoritical and practical subject. Students who get 2.00 will pass, except practice of teaching as a main prophetic  subject, they  will pass with more condition, such as 3.49.

Keywords: management, evaluation, STAIN Kudus


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2014. Karakteristik Alat Evaluasi Pembelajaran,

diposkan oleh Hana Lutfi, diunduh pada tanggal 27 Pebruari

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta:Bumi Aksara.

Mardapi, Djemari. 2012. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi

Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.

Pedoman Akademik Civitas Akademika STAIN Kudus. 2013.

Rofiq, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS.

Shaleh, Abdul Rachman. 2005. Panduan Evaluasi Hasil Belajar.

Jakarta: Majelis Pertimbangan dan Pemberdayaan Pendidikan

Agama dan Keagamaan.

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudiyono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.

Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana

Prima.

Widoyoko, Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.