EVALUASI SISTEM PEMBELAJARAN: TELAAH LANDASAN FILOSOFIS EVALUASI PEMBELAJARAN DI STAIN KUDUS

Wahyuning Widiyastuti

Abstract


Proses perkembangan sistem pembelajaran yang diterapkan di STAIN Kudus sepenuhnya diarahkan ke dalam transformasi menuju kepada pola-pola dasar yang yang telah dikonstitusikan. Dalam konstitusi keilmuan yang ingin dikembangkan, perspektif tentang Islam Transformatif menjadi landasarn utama pengembangan keilmuan yang dirumuskan.  Berpijak kepada beberapa kebijakan yang telah  dirumuskan oleh pemerintah, penelitian ini menelaah  landasan filosofis evaluasi pembelajaran dalam perspektif pengembangan keilmuan STAIN. Dari rumusan penelitian  ini, diperoleh hasil bahwa landasan  filosofis evaluasi yang dikembangkan di  STAIN Kudus dirancang seutuhnya bersandar kepada Pola Ilmiah Pokok yang telah ditetapkan. Usaha transformasi dari teks ke konteks, individu ke sosial, dari teoritis ke wilayah praksis menjadi lokomotif dasar dalam pengembangan kurikulum STAIN Kudus.

Kata Kunci: Evaluasi, Pembelajaran, Kurikulum, Filosofis

EVALUATION OF LEARNING SYSTEM (Reviewing Philosophic Evaluation of Teaching and Learning in STAIN Kudus). In the process of teaching and learning development,  a learning system that is applied


 

in STAIN Kudus  fully geared towards the transformation  into the basic patterns that have been constituted. In the science constitution, a perspective on Transformative Islam becomes a major foundation in formulated  scientific development. Based on some policies that have been formulated  by the government, this research reviewed philosophy fondation of learning evaluation in the science development perspective of STAIN. This research revealed that the philosophical foundation of evaluation  developed  in STAIN Kudus is  designed  completely rely on the pattern of Principal Scientific predetermined. Enterprises transformation from text to context, the individual to the social, from the theoretical to the practical region became the basis for curriculum development in STAIN Kudus.

Keywords: Evaluation, Learning , Curriculum, Philosophical


Full Text:

PDF

References


Anwar, Moh. Idochi. 2013. Administrasi Pendidikan dan Manajemen

Biaya Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Durkheim, Emile. 1990. Pendidikan Moral: Suatu Studi Teori dan

Aplikasi Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Effendi, Onong Uchana. 2000. Ilmu Teori dan Filsafat

Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Mahmud dan Suntana. 2012. Antropologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Martono, Nanang. 2012. Kekerasan Simbolik di Sekolah: Sebuah Ide Sosiologi Pendidikan Pierre Bourdieu. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mas’udi. 2013. Desain Kurikulum STAIN Kudus (Studi Analisis Mata Kuliah: Filsafat Dakwah, Pekerjaan Sosial, Antropologi, Antropologi Agama, dan Metodologi Penelitian Filsafat). Kudus: STAIN Kudus.

Matin. 2013. Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo

Persada.

Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Setiawan, Ebta. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Tersedia Online di http://kbbi.web.id/didik.

STAIN Kudus. Renstra dan Renop STAIN Kudus 2004-2014. Kudus: STAIN Kudus

Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.