MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN PAI
Abstract
Model evaluasi pembelajaran harus senantiasa ditingkatkan kualitasnya, tidak hanya pada proses belajar mengajar di kelas saja. Model evaluasi pembelajaran akan meningkatkan kualitas belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model pembelajaran yang dipakai dalam proses belajar mengajar mata kuliah Model Belajar Mengajar Pendidikan Islam dan untuk mengetahui peran antar variabel yaitu proses pembelajaran mata kuliah strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap output pembelajaran mata mata kuliah Strategi Pembelajaran pendidikan Agama Islam (PAI). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Tarbiyah Jurusan Pendidikan Islam, STAIN Kudus yang berjumlah 152 orang. Subjek penelitian diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh proses pembelajaran mata kuliah Strategi Pembelajaran PAI terhadap output pembelajaran mata kuliah strategi pembelajaran PAI dapat diterima. Dan proses pembelajaran mata kuliah strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki pengaruh besar terhadap output pembelajaran mata mata kuliah Strategi Pembelajaran pendidikan Agama Islam (PAI).
Kata kunci: model, evaluasi, pembelajaran, pendidikan, PAI.
EVALUATION MODEL ON “STRATEGI PEMBELAJARAN PAI” TEACHING. Teaching evaluation model should be improved, not only its teaching and learning process. Teaching evaluation model improve the teaching and learning quality. This research aims to test the process of learning and teaching subject lesson of process of learning and teaching Islamic Education model and to know the analysis result of variables. They are teaching and learning process of subject ‘Strategi Pembelajaran PAI’ (Learning Strategy of Islamic Education). The subjects in this research were Tarbiyah Department students on Islamic Education Major of Kudus State Islamic College. The subjects in this study taken by using random sampling technique. They were 152 students. The data collection conducted by disseminating questionare. The analisis used Structural Equation Model (SEM). Then, the result of research showed that the influence of teaching and learning process to the output was received and the process of learning and teaching had good influence to the learning and teaching output.
Keywords: model, evaluation, learning , education islam
Full Text:
PDFReferences
Aman. 2009. Kajian Model-Model Evaluasi Program Pendidikan.
Laporan Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu
Sosial dan Ekonomi, Unversitas Negeri Yogyakarta. Arikunto, S. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya
Mardapi. D. 1999. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi. Makalah disampaikan pada Penataran Evaluasi Pembelajaran Matematika SLTP untuk Guru Inti Matematika di MGMP SLTP tanggal 8–23 Nopember 1999 di PPPG Matematika Yogyakarta.
. 2000. Evaluasi Pendidikan. Makalah disampaikan pada
Konvensi Pendidikan Nasional tanggal 19–23 September
di Universitas Negeri Jakarta.
. 2003. Desain dan Penilaian Pembelajaran Mahasiswa.
Makalah disajikan dalam Lokakarya Sistem Jaminan Mutu Proses Pembelajaran, tanggal 19 Juni 2003 di universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Stufflebeam, L.D. dan Shrinkfield, J. 1985. Systematic Evaluation: A Self– instructional Guide to Theory and Practice. New York: Kluwer Nijhoff Publishing.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan.
Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sururi. 2008. Model Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris. Disertasi.
Tidak di publikasikan. Yogykakarta: Program Pascasarjana
Universitas Negeri Yogyakarta.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Widoyoko,S.E.P. 2007. Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran
IPS SMP. Yogyakarta: PPS UNY.
Zamroni, 2005. Mengembangkan Kultur Sekolah Menuju Pendidikan yang Bermutu. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Mengembangkan Kultur Sekolah di Yogyakarta pada tanggal
Nopember 2005.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.772
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: