MANAJEMEN KURIKULUM BIDANG PENELITIAN DI STAIN KUDUS
Abstract
Penelitian tentang pengorganisasian kurikulum bidang penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuannya untuk (1) menjelaskan perencanaan kebijakan kurikulum bidang penelitian, (2) mendeskripsikan silabi kurikulum bidang penelitian, dan (3) mendeskripsikan satuan acara perkuliahan kurikulum bidang penelitiandi STAIN Kudus. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: (1) perencanaan kurikulum 2008 STAIN Kudus menggunakan pendekatan dengan polaintegrated curriculum, (2) Silabi ketiga mata kuliah serumpun bidang penelitian itu berbeda secara jelas dari aspek ruang lingkupnya, (3) Satuan acara perkuliahan untuk ketiga mata kuliah rumpun bidang penelitian disusun dengan komponen kode mata kuliah, kelompok jenis mata kuliah, program studi, strata kesarjanaan, bobot sistem kredit semester, tatap muka empat belas kali, waktu sesuai bobot kredit, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi pokok, metode pembelajaran, sistem penilaian, serta bahan dan sumber belajar.
Kata kunci : kurikulum, penelitian, STAIN Kudus
CURRICULUM MANAGEMENT OF RESEARCH IN STAIN KUDUS. Research on organizing curriculum in area of research uses a qualitative approach. The goal is to (1) describe the policy planning
curriculum research field, (2) describe the curriculum syllabus of research areas, and (3) describe the event lecture curriculum unit area of research at STAIN Kudus. The results of his research as follows: (1) curriculum planning 2008 of STAIN Kudus uses integrated curriculum approach, (2) the syllabus of three subjects allied fields of study that differs clearly from the aspect of its scope, (3) Units event lecture for three courses grove area of research compiled by the component code of subjects, types of courses, programs of study, undergraduate scholarship, the weight of credit semester system, face to face fourteen times, time according to the weight of the credit, the standard of competence, basic competence, indicators, materials principal, teaching methods, assessment systems, as well as materials and learning resources.
Keywords: curriculum, research, STAIN KUDUS
Full Text:
PDFReferences
Buku Pedoman Akademik Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Kudus.
De Vos. 1987. Pengantar Etika (terjemahan) Soejono Soemargono.
Yogyakarta: Tiara Wacana.
Denzin, Norman, K and Lincold, Yvonna S. 2000. Handbook of Qualitative Research (Second Edition). California: Sage Publication, Inc.
Matthew, Miles B, dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif.
Terjemahan Tjetjep Rohendi. Jakarta: Universitas Indonesia. McMillan, James H and Sally Schumacher. 2001. Research In Education
A Conceptual Introduction. San Francisco: Longman.
Moleong, Lexy, J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Nasution, S,. 1993. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: PT. Citra Aditya Bakti.
Nasution, S,. 1996. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.
Poedjawiyatna. 1985. Etika : Filsafat Tingkah Laku. Jakarta:Rineka
Cipta.
Praja, Juhaya S. 1997. Aliran-aliran Filsafat dan Etika. Bandung: Tiara.
Robbins, Stephen P. 2008. Perilaku Organisasi (Edisi Kesepuluh).
Terjemahan Benyamin Molan. Indonesia: Indeks.
Rofiq, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS.
Salam, Burhanuddin. 2000. Etika Individual: Pola Dasar Filsafat
Moral. Jakarta: Rineka Cipta.
Satmoko, Retno, Sriningsih. 1999. Landasan Kependidikan :
Pengantar ke Arah Ilmu Pendidikan Pancasila. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.
Soetopo, Henyat dan Soemanto, Wasty. 1986. Pembinaan dan
Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT. Bima Aksara. Subandijah. 1996. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: PT.
Raja Grafindo Persada.
Sudarminta. 1991. Filsafat Proses: Sebuah Pengantar Sistematika
Filsafat Alfred North Whitehead. Yogayakarta:Kanisius. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Suseno, Franz Magnis. 1987. Etika Dasar. Yogyakarta:Kanisius. Tilaar, HAR. 1999. Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani
Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2000. Total Quality
Manaaagement. Yogyakarta:Penerbit Andi
UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
UU RI No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
Vembriarto, St,. 1993. Pengantar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.770
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: