PENERAPAN KURIKULUM MENGACU KKNI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN DI PTKIN
Abstract
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum mengacu KKNI dan implikasinya terhadap peningkatan kualitas pendidikan PTKIN. Metode penelitian dengan observasi pada IAIN Kudus dilengkapi dengan studi literatur yang dikemas secara deskriptif kualitatif berdasarkan analisis teoretis. Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan kurikulum mengacu KKNI melalui beberapa tahapan, yaitu menyusun capaian pembelajaran, merumuskan merumuskan profil lulusan program studi, perumusan standar kompetensi lulusan learning outcomes, perumusan capaian pembelajaran program studi (program learning outcomes/PLO), perumusan capaian pembelajaran mata kuliah (course leaning outcomes/CLO), menemukenali konsep kunci dan kata kunci pada capaian pembelajaran mata kuliah, pengembangan RPKPS (Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester); (2) peningkatan kualitas PTKIN depengaruhi penerapan/penerapan kurikulum mengacu KKNI melalui tiga faktor utama yaitu (a) kecukupan sumber-sumber pendidikan dalam arti kualitas tenaga kependidikan, biaya dan sarana belajar, (b) kualitas proses belajar mengajar yang mendorong siswa belajar efektif, dan (3) kualitas keluaran dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Serta dapat direkomendasi kepada seluruh PTKIN hendaknya segera menerapankan kurikulum mengacu KKNI dan kepada pemerintah hendaknya mengalokasikan anggaran yang imbang untuk peningkatan kualitas pendidikan di PTKIN.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adams, Don. (1993). Defining Educational Quality dalam Improving Educational Quality Project. Arlington: Institute for International Research.
Al-Jabburi, Imran Jasim dan Hamzah Hasyim as-Sulthani. (2013). Al-Manâhij wa Tharâ’iq Tadrîs al-Lughah al-‘Arabiyyah. ‘Amman: Muassasah Dar al-Shadiq al-Tsaqafiyyah.
Arcaro, Jerome S. (2005). Pendidikan Mengacu Kualitas: Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azra, Azyumardi. (1999). Esei-Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Budiningsih, Asri. (1992). Pengembangan Sistem Instruksional. Program Pascasarjana IKIP Malang.
Effendi, Sofian. (2007). “Menghadapi Liberalisasi Pendidikan Tinggi”. Artikel dimuat dalam Harian Seputar Indonesia edisi 13 Maret 2007.
Fattah, Nanang. (2008). “Pembiayaan Pendidikan: Landasan Teori dan Studi Empiris”, dalam Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. X, No. IX.
Ferguson, Marjorie. (2002). The Mythology About Globalization. London: Sage Publications.
Hedwig, Rinda. (2007). Sistem Penjaminan Kualitas di Perguruan Tinggi Monitoring Dan Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Miswari. (2011). “Peranan TQM Terhadap Mutu Lembaga Pendidikan Tinggi Islam” dalam Jurnal Pendidikan Islam, Vol. V, No. I, Semarang, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.
Pelikan, Jaroslav. (1992). The idea of The University : A Reaxamination. New Haven: Yale University Press.
Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada 17 Januari 2012.
Sallies, Edward. (2006). Total Quality Management In Education. Yogyakarta: IRCiSoD.
Setiawan, Deny. (2016). Seminar Nasional Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global. Makassar: UNM.
Sirozi, Muhammad. (2004). Politik Kebijakan Pendidikan di Indonesia : Peran Tokoh-tokoh Islam dalam Penyusunan UU No. 2/1989. Jakarta: INIS.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Bandung: PT Refika Aditama.
Suwadi. (2016). “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada pendidikan tinggi mengacu KKNI-SNPT Berparadigma Integrasi-Interkoneksi di Program Studi PAI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta” dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XII. 2, Desember 2016.
Syam, Nur. (2014). Dari Bilik Birokrasi, Esai Agama, Pendidikan dan Birokrasi. Bekasi: PT Senama Sejahtera Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.5717
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: