MENYOAL “THE SLOW DEATH OF UNIVERSITY” DI ERA DISRUPSI (TELAAH KONSEP, TANTANGAN DAN STRATEGI PERGURUAN TINGGI PERPEKTIF TEORI DISRUPSI)

Mohamad Iwan Fitriani

Abstract


Artikel ini didasari oleh beberapa wacana kritis yang dialamatkan kepada Perguruan Tinggi (PT) yang ditulis oleh para ahli seperti Terry Eagleton dan Kevin Carey.  Para ahli tersebut memotret eksistensi PT konvensional  sebagai incumbent yang akan dikalahkan oleh sistem PT online sebagai attacker, sehingga muncul istilah “the slow death of university”. Kondisi tersebut telah melahirkan kekhawatiran “sebagian” insan akademis tentang keberlanjutan sistem PT yang telah mapan. Kemunculan teori disrupsi merupakan fakta di balik kekhawatiran tersebut. Teori tersebut mengilustrasikan kontestasi antara incumbent dan attacker yang berujung pada kemenangan attacker dan kekalahan incumbent. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila disrupsi dianggap sebagai momok yang menakutkan bagi incumbent, termasuk  PT. Artikel ini merupakan literature review yang difokuskan pada genealogi konsep disrupsi, proses, tantangan dan strategi PT dalam merespon era disrupsi. Artikel ini menemukan bahwa disrupsi adalah istilah yang relative, ia muncul disebabkan oleh hadirnya industry 4.0 yang berproses melalui six Ds yaitu digitalisasi, desepsi, disrupsi, demonetisasi, dematerialisasi dan demokratisasi. Kemudian, relasi antara incumbent dan attacker tidak selalu dilihat dengan pola konfrontatif (incumbent vs attacker) tetapi juga dengan pola adaptif-kolaboratif (incumbent with attacker). Sehingga, sebuah solusi bagi PT agar tetap eksis adalah Be disruptor bukan being disrupted melalui strategi yang disebut hybrid innovation.


Keywords


Disrupsi, Inovasi, Incumbant-Attacker, Tantangan, Perguruan Tinggi, Hybrid Innovation

Full Text:

PDF

References


Christoph Fuchs, Franziska J. Golenhofen, Mastering Disruption and Innovation in Product

Clayton M. Christensen, Scott D. Anthony Erik A. Roth Dalam Seeing What's Next, Using The Theories Of Innovation To Predict Industry

Clayton M. Christensen, 1997, The Innovator’s Dilemma, When New Technologies Cause Great Firms to Fail, (Harvard Business School Press, Boston, Massachusetts

Clayton M. Christensen, Michael B. Horn, and Heather Staker (2013), Is K-12 Blended Learning Disruptive? An introduction to the theory of hybrids

Clayton M. Christensen, Michael B. Horn, Louis Caldera, Louis Soares (2011), Disrupting College How Disruptive Innovation Can Deliver Quality and Affordability to Postsecondary Education, Innosight Institute, Center For American Progress

Clayton M. Christensen, The innovator’s DNA (2011): Mastering the five skills of disruptive innovators, USA, Boston, Massachusetts, Harvard Business Review Press

Dan Yu and Chang Chieh Hang (2009), A Reflective Review of Disruptive Innovation Theory, International Journal of Management Reviews, Academy of Management and Blackwell Publishing Ltd.

Erwin Danneels (2004), Disruptive Technology Reconsidered: A Critique and Research Agenda, Journal of Product Innovation Management.

Glen M. Schmidts dan Cheryl T. Druehl (2008), When A Disruptivie Innovation Disruptive, The Journal Of Product Innovation Management

http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/01/30/era-revolusi-industri-4-0-saatnya-generasi-millennial-menjadi-dosen-masa-depan/

http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/01/18/p2qaie384-rekernas-kemenristekdikti-rekomendasi-reorientasi-kurikulum

https://id.techinasia.com/startup-pendidikan-indonesia-2018

https://tirto.id/hari-pendidikan-nasional-mendikbud-singgung-revolusi-industri-40

International Review of Research in Open and Distributed Learning, 2015, Volume 16, Number 6

Iwan Fitriani, Materi Seminar Nasional Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), di Kantor Gubernur NTB 2015

Jean-Marie Dru, 2015, The ways to new : 15 paths to disruptive innovation , Canada, John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey,

Klaus Schwab, 2016, The Fourth Industrial Revolution, World Economic Forum, ,weforum.org

Lihat Peter H. Diamandis, Steven Kotler , Bold: How to Go Big, Create Wealth, and Impact the World, New York, 2016 https://singularityhub.com/2016/11/22/the-6-ds-of-tech-disruption-a-guide-to-the-digital

Management Connecting the Dots, Springer International Publishing, 2019

Mayling Oey-Gardiner et.al , 2017. Era Disrupsi, Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia, AIPI

Michael B. Horn and Curtis W. Johnson , 2008: Disrupting Class, How disruptive innovation will change the way the world learns (McGraw-Hill Companies)

Michael Barber, Katelyn Donnelly, Saad Rizvi March, 2013, An Avalanche Is Coming, Higher education and the revolution ahead, Institute for Public Policy Research.

Michael Plavin, 2017 Disruptive Technology Enhanced Learning, The Use and Misuse of Technology in higher Education.Palgrave Macmillan,

Peter H. Diamandis, Steven Kotler 2016, Bold: How to Go Big, Create Wealth, and Impact the World, New York,

Rhenald Kasali, 2018The Great Shifting, Series on Disruption (PT Gramedia Pustaka Utama,

Robert Schuwer, Inés Gil-Jaurena, Cengiz Hakan Aydin, Eamon Costello, Christian Dalsgaard, Mark Brown, Darco Jansen and Antonio Teixeira Opportunities and Threats of The MOOCs Movement For Higher Education

Sudaryono, Menuju Pendidikan Asembling, Kompas, 29 Agustus, 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v14i2.5034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.