Implementasi Sistemik Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam (Studi di MTs Al-Irsyad Tengaran Kab. Semarang dan SMP Muhammadiyah Salatiga)

Anis Wulandari, Zakiyuddin Baidhawy

Abstract


IMPLEMENTASI SISTEMIK PENDIDIKAN KARAKTER DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Studi ini menfokuskan pada integrasi nilai-nilai karakter dalam lembaga Pendidikan Islam dan peran sentralnya dalam pembangunan budaya sekolah berdasarkan hubungan antara kebijakan sekolah, kegiatan pembelajaran dan kegiatan pembinaan kesiswaan melalui manajemen sekolah. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang mendalam, utuh, obyektif  dan memperoleh umpan balik peningkatan kualitas kegiatan serta hasilnya maka peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat deskriptif. Temuan penelitian ini adalah internalisasi nilai-nilai karakter terintegrasi secara sistemik melalui Character Managemnet. Character Management yang dijalankan dengan mengatur kesinambungan antar tiga item yaitu (1) Kebijakan Lembaga; (2) Pembelajaran; (3) Pembinaan Kesiswaan.

Keywords


Pendidikan, Karakter, menejemen

Full Text:

PDF

References


Andayani, Sulastri & Senadayana, 2014. Penerapan Layanan Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bagi Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 SMA NEGERI 1 Sukasada.

Anuli, Y., 2018. PENERAPAN SUPERVISI KLINIS OLEH PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU 6, 11.

Bahrissalim, B., Fauzan, F., 2018. EVALUASI KURIKULUM PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI BALAI DIKLAT KEAGAMAAN JAKARTA. Edukasia J. Penelit. Pendidik. Islam 13, 25. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.2779

Baidhawy, Z., 2014. RELASI ETIKA DAN POLITIK: 24.

Chowdhury, M., 2016. Emphasizing Morals, Values, Ethics, And Character Education In Science Education And Science Teaching.

Dirjen Pembinaan Karakter SMP, K., 2010. Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama.

Fridayanti, D.V., Prameswari, G.N., 2016. PERAN UKS (USAHA KESEHATAN SEKOLAH) DALAM UPAYA PENANGGULANGAN OBESITAS PADA ANAK USIA SEKOLAH. J. Health Educ. 7.

Hasibuan, N., 2014. Mengoptimalkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Remedial. Edukasia J. Penelit. Pendidik. Islam 9, 24.

Hudd, S.S., 2010. Middle school students’ perceptions of character education: What they are doing when someone is, in: Beth Johnson, H. (Ed.), Sociological Studies of Children and Youth. Emerald Group Publishing Limited, pp. 267–293. https://doi.org/10.1108/S1537-4661(2010)0000013013

Kadir, A., 2013. KONSEP PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH. Din. Ilmu 13, 22.

Kamal, M., 2018. PENGEMBANGAN MATERI PAI BERWAWASAN MULTIKULTURAL SEBAGAI UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI KEBERAGAMAN SISWA SMKN 1 AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM. Edukasia J. Penelit. Pendidik. Islam 13, 26.

Kang, M.J., Glassman, M., 2010. Moral action as social capital, moral thought as cultural capital. J. Moral Educ. 39, 21–36. https://doi.org/10.1080/03057240903528592

Knutson, J., Bitz, I., 1991. Project management: how to plan and manage successful projects. AMACOM, New York, NY.

Maksum, A., 2016. Menyemai Generasi Pembelajar 11.

Mubasyaroh, 2013. PENDIDIKAN PENANAMAN SISTEM NILAI DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ.

Simangunsong, J., 2015. PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA (Studi kasus pada Badan Narkotika Nasional Kota Tanjungpinang ).

Wijaya, D., 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Berbasis Kompetensi Guru dalam Rangka Membangun Keunggulan Bersaing Sekolah 18.

Winarti, W., 2016. CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. J. Pendidik. Fis. Dan Keilmuan JPFK 1, 1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v1i1.4

Yusfandaria, 2019. UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAKAT MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KARIR DENGAN STRATEGI PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK KELAS X IPS.2 SMA NEGERI 18 PALEMBANG.

Zdenek, B., Schochor, D., 2007. Developing moral literacy in the classroom. J. Educ. Adm. 45, 514–532. https://doi.org/10.1108/09578230710762481




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v14i2.4807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.