DESAIN MADRASAH SAINS INTEGRATIF: INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DALAM PERANGKAT DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Abstract
Science and religion are a unity. The difference between the two lies only in the way of view. Knowledge comes from the One God. All kinds of approaches to reality are ultimately capable of being integrated and integrated with the contemplation of the concept of God's oneness. Scientific activity is closely related to the implementation of education. The implementation of education is always based on curriculum development. The existence of curriculum development is based on the emergence of future challenges and competencies. This research aims to describe the design of integrative science and religion in the device and the implementation of learning. The research method used is descriptive qualitative, sample in this research is teacher at MTsN Kota Salatiga. The integration of science and religion is seen only in the implementation of learning, where teachers have introduced the relationship of science and religion through connecting with the verses of the Qur'an. The integration that has been implemented in the madrasah is already on the operational level.
Abstrak
Sains dan agama merupakan satu kesatuan. Perbedaan keduanya hanya terletak pada cara pandang semata. Pengetahuan bersumber pada Tuhan Yang Maha Esa. Semua jenis pendekatan terhadap realitas pada akhirnya mampu disatupadukan dan diintegrasikan dengan melakukan perenungan tentang konsep keesaan Tuhan. Aktifitas saintifik erat hubungannya dengan pelaksanaan pendidikan. Penyelenggaraan pendidikan selalu didasarkan adanya pengembangan kurikulum. Adanya pengembangan kurikulum didasarkan pada munculnya tantangan dan kompetensi masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan desain madrasah sains integratif dalam perangkat dan pelaksanaan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sampel dalam penelitian ini adalah guru di MTsN Kota Salatiga. Integrasi sains dan agama terlihat hanya pada pelaksanaan pembelajaran, di mana guru sudah mengenalkan hubungan sains dan agama melalui menghubungkan dengan ayat-ayat al-Qur’an. Integrasi yang telah diterapkan di madrasah sudah pada tatataran operasional.
Kata Kunci: Integrasi, Sains, Agama, PembelajaranKeywords
Full Text:
PDFReferences
Bagir, Zainal Abidin. Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi. Mizan Pustaka, 2005.
Barbour, Ian G. Juru bicara Tuhan antara sains dan agama. Pustaka Mizan, 2002.
———. Menemukan Tuhan dalam Sains Kontemporer dan Agama. Bandung: Mizan Pustaka, 2005.
Guiderdoni, Bruno. Membaca Alam Membaca Ayat. Bandung: Mizan Pustaka, 2004.
Hamzah, Faiz. Studi Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Integrasi Islam – Sains Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Adabiyah : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (12 Juli 2016): 41–54. https://doi.org/10.21070/ja.v1i1.163.
Humaidi. Paradigma Sains Integratif Alfarabi. Jakarta: Sadra International Institute, 2015.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, 2014.
Ghony, M.D dan Al Manshur F. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2012.
Hasanah, Nur dan Anggun Zuhaida. Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Sains dan Matematika di Madrasah. I. Salatiga: LP2M Press IAIN Salatiga, 2017.
Purwanto, Agus. Ayat-Ayat Semesta. Mizan, 2015.
Mahfudzoh, Siti. “Pengaruh Integrasi Islam Dan Sains Terhadap Matematika.” Matematika Dan Pedidikan Karakter Dalam Pembelajaran, 3 Desember 2011. http://www.uny.ac.id.
Suryana. Metode Penelitian Metode Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: UPI Bandung, 2010.
Zuhri, Misbah Khoiruddin. “Spiritualitas Sains Modern: Pembacaan Terhadap Relasi Agama Dan Sains.” JURNAL PENELITIAN 14, no. 2 (13 Desember 2017). https://doi.org/10.28918/jupe.v14i2.1015.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.3517
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: