Melibatkan Anak dengan Gangguan Pendengaran di Kelas: Pengalaman Guru

Yubaedi Siron, Miratul Hayati, Ratna Faeruz, Elvani Maghfiroh, Zakiyah Oktaviani

Abstract


Studi ini mengeksplorasi pengalaman guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang melibatkan anak tunarungu di kelas. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dan partisipan diambil melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa stimulasi yang cukup dari guru dapat membuat anak tunarungu mengalami prestasi perkembangan yang luar biasa di kelas reguler. Bakat potensial anak tunarungu juga disalurkan dan didukung dengan penyediaan program pengembangan bakat anak dan permainan edukatif. Pembelajaran melalui metode bermain, pengembangan metode MMR, dan penerapan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sangat relevan untuk anak usia dini tunarungu.

 


Keywords


Hambatan pendengaran, Pengalaman Guru, Kelas Inklusif, PAUD

References


Amalia, R. R. (2013). Terapi Bermain Bagi Anak Tunarungu. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(2), 231–243.

Ardha, R. Y. (2017). Keterampilan Sosial Anak Tunagrahita Ringan Di Sekolah Dasar Inklusi. JASSI ANAKKU, 18(2), 46–50.

Astiti, Y. W. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN PERSEPSI BUNYI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO KEYBOARD PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 1 SEKOLAH DASAR DI SLB NEGERI SRAGEN. WIDIA ORTODIDAKTIKA, 5(8), 839–852.

Bekti Agustiningrum, M. D. (n.d.). Penanaman Proses Pendisplinan Diri Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Rungu Wicara) dalam Pembelajaran Tari Tradisional. Cakrawala Dini, 5(1), 240619.

Brownell, M. T., Jones, N. D., Sohn, H., & Stark, K. (2020). Improving teaching quality for students with disabilities: Establishing a warrant for teacher education practice. Teacher Education and Special Education, 43(1), 28–44.

Cano, S., Peñeñory, V., Collazos, C. A., & Albiol-Pérez, S. (2020). Designing internet of tangible things for children with hearing impairment. Information, 11(2), 70.

Chadha, S., & Cieza, A. (2017). Promoting global action on hearing loss: World hearing day. Taylor & Francis.

Darmono, A. (2015). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 9(1), 141–161.

Davisa, A. C., & Hoffmanb, H. J. (2019). Hearing loss: rising prevalence and impact. Bull World Health Organ, 97, 646-646A.

Desalew, A., Feto Gelano, T., Semahegn, A., Geda, B., & Ali, T. (2020). Childhood hearing impairment and its associated factors in sub-Saharan Africa in the 21st century: A systematic review and meta-analysis. SAGE Open Medicine, 8, 2050312120919240.

DI SLB, B. K. (n.d.). PEMBELAJARAN BAHASA MELALUI METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR III.

Djurayeva, S. (2020). The development of speech activity in children with hearing impairment. Архив Научных Публикаций JSPI.

Effendy, P. A., Sihkabuden, S., & Husna, A. (2019). Penerapan Kurikulum 2013 di SDLBK Bhakti Luhur Malang pada Kelas B (Tunarungu). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 213–220.

Elshaiekh, N. E. M., Idris, B. Y. M., & Hussein, M. A. (2013). Multimedia Education System for Deaf and Hear Impairment Children. The InternationalArab Conference on Information Technology.

Firmansyah, I., & Widuri, E. L. (2014). Subjective well-being pada guru sekolah luar biasa (SLB). Universitas Ahmad Dahlan.

Hearing, J. C. on I. (2007). Year 2007 position statement: Principles and guidelines for early hearing detection and intervention programs. Pediatrics, 120(4), 898–921.

Heriyansyah, H. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01).

Hernawati, T. (2007). Pengembangan kemampuan berbahasa dan berbicara anak tunarungu. Jurnal JASSI_anakku, 7(1), 101–110.

Hutami, P. A., Ajisuksmo, C. R. P., & Tunjungsari, H. (2014). GAMBARAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGAJAR SISWA TUNARUNGU. Widya Dharma: Jurnal Kependidikan, 26(2), 161–182.

Ilechukwu, G. C., Ilechukwu, C. G. A., Ezeanolue, B. C., Okoroafor, I. J., Ojinnaka, N. C., Ubesie, A. C., Emechebe, G. O., & Eze, J. (2016). Ear-related problems among children attending the paediatric and otorhinolaryngology out-patients clinics of the University of Nigeria Teaching Hospital, Enugu. African Health Sciences, 16(2), 363–366.

Löfkvist, U., Bäckström, K., Dahlby-Skoog, M., Gunnarsson, S., Persson, M., & Lohmander, A. (2020). Babbling and consonant production in children with hearing impairment who use hearing aids or cochlear implants–a pilot study. Logopedics Phoniatrics Vocology, 45(4), 172–180.

Mujahida, M. (2018). Problematika Pelayanan terhadap Anak Tuna Rungu di Sekolah Luar Biasa Jenetallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Organization, W. H. (2018). Addressing the rising prevalence of hearing loss.

Parhoon, K., Movallali, G., & Hassan-Zadeh, S. (2014). Attitude of Regular and Itinerant Teachers Towards the Inclusion of Hearing Impairment Children. Iranian Rehabilitation Journal, 12(4), 22–28.

Prakash, S. S. (2012). Inclusion of children with hearing impairment in schools: A survey on teachers’ attitudes. Disability, CBR & Inclusive Development, 23(3), 90–111.

Prawistri, A. R. H., & Restu, A. (2013). Upaya meningkatkan rasa percaya diri anak Kelompok B melalui kegiatan bermain aktif di TK Pembina Kecamatan Bantul. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Rahayu, S. M. (2013). Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2).

Rahmah, F. N. (2018). Problematika anak tunarungu dan cara mengatasinya. Quality, 6(1), 1–15.

Rekkedal, A. M. (2017). Factors associated with school participation among students with hearing loss. Scandinavian Journal of Disability Research, 19(3), 175–193.

Restendy, S. (2019). Model Belajar Dan Komunikasi Anak Disabilitas Tunarungu Wicara Di Taman Pendidikan Al Quran Luar Biasa (Tpqlb) Spirit Dakwah Indonesia Tulungagung. Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Kajian Islam, 6(1), 58–74.

Rifayanti, R., Saputri, A., Arake, A. K., & Astuti, W. (2018). Peran Role Model Dalam Membentuk Perilaku Pro-Lingkungan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 7(2), 12–23.

Robi’in, B., & Tyas, Z. A. (2018). Desain Aplikasi Mobile Panduan Sholat Dan Doa Untuk Anak Gangguan Pendengaran. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(3), 290–297.

Salamah, U. (2015). Kesiapan Guru Kelas Dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus di SD N Pojok Kabupaten Sleman. Basic Education, 4(13).

Satria, D., Amsyaruddin, A., & Marlina, M. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Tisu Melalui Pendekatan PAKEM Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 22–25.

Shepherd, C. M., & Alpert, M. (2015). Using Technology to Provide Differentiated Instruction for Deaf Learners. Journal of Instructional Pedagogies, 16.

Stevens, G., Flaxman, S., Brunskill, E., Mascarenhas, M., Mathers, C. D., & Finucane, M. (2013). Global and regional hearing impairment prevalence: an analysis of 42 studies in 29 countries. The European Journal of Public Health, 23(1), 146–152.

Sugiarti, S. (2016). Upaya meningkatkan kosa kata anak tunarungu melalui media variasi gambar pada siswa kelas V/B di SLB Negeri Surakarta. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).

Tarnoto, N. (2016). Permasalahan-permasalahan yang dihadapi sekolah penyelenggara pendidikan inklusi pada tingkat SD. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 13(1), 50–61.

Zakia, D. L., Sunardi, S., & Yamtinah, S. (2016). Pemilihan dan Penggunaan Media dalam Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu Kelas XI Di Kabupaten Sukoharjo. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1).

Zirzow, N. K. (2015). Signing avatars: Using virtual reality to support students with hearing loss. Rural Special Education Quarterly, 34(3), 33–36.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v9i1.9918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional