Open Journal Systems

Kepemimpinan Kyai Politikus dalam Transformasi Kecerdasan Emosional Santri di Ponpes Nurul Ulum Pemalang

Rasimin Rasimin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola kepemimpinan kyai politikus dalam meningkatkan kecerdasan emosional  santri, dan ingin mengetahui realitas pola kepemimpinan kyai politikus dalam meningkatkan kecerdasan emosional  santri di pondok pesantren Nurul Ulum Pemalang. Penelitan ini menggunakan penelitian kualitatif natualistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Sebagai seorang pemimpin pondok pesantren dan sekaligus sebagai tokoh politikus, maka Kyai harus memahami betul siapakah dirinya, bagaimana melaksanakan peran, tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, serta memenuhi berbagai kriteria yang menunjukkan kharismanya sebagai seorang pemimpin. Hal ini di tandai dengan ciri Kyai yang bersifat transformasional, responsif dan edukatif yang nantinya akan menjadi tonggak awal bagi terciptanya Emotional Spiritual Quotient (kecerdasan emosional) yang akhirnya bermuara pada pada asas amar ma'ruf nahi munkar dan Li-iqomatuddin. (2) secara umum realisasi dari pola kepemimpinan Kyai politikus dalam meningkatkan kecerdasan emosional  santri di Pondok Pesantren Darussalam Desa Tambak Selo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan dapat di katatakan telah mencapai hasil yang baik

 

References


Abdurrrahman Mas'ud dkk. (2002). Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ali Mukti. (1987). Beberapa Persoalan Agama Dewasa Ini. Jakarta: Rajawali Press

Asy’ari, Zubaidi Hasbullah. (1996). Moralitas Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: LKPSM

Azis A. Ghaffar. (2000). Berpolitik Untuk Ulama’, Misi Islam, Kristen dan Yahudi Tentang Politik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dirjen Kelembagaan Agama Islam. (1993). Pola Pembelajaran Di Pesantren. Jakarta: Depag RI

Djaelani, Abdul Qodir. (1994). Peran Ulama' dan Santri Dalam Perjuangan Politik Islam di Indonesia. Surabaya: Bina Ilmu

Effendy, Bahtiar. (2001). Teologi Baru Politik Islam. Yogyakarta: Galang Press

Eick Elman Dale F, James Piscatori. (1998). Politik Muslim, Wacana Kekuasaan Dan Hegemoni Dalam Masyarakat Muslim. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana

Fadjar, Malik. (1980). Visi Pembaharuan Islam. Jakarta: PL3NI

Ghazali, Bahri. (2003). Pesantren Berwawasan Lingkungan. Jakarta: CV.Prasasti

Ginandjar, Ary Agustin. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, Jakarta: Arga

Hadi Sutrisno. (1987). Metodologi Reserarch Jilid I. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM

Hasbullah. (1999). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Iskandar, Sholeh. (t.th) Pokok Pikiran Mengenai Pengembangan Pondok Pesanten, Bogo: Badan Pelaksana Majlis Pimpinan BKSPP Jawa Barat,

Komarudin Khan. (t.th). Tentang Teori Politik Islam. Bandung: Pustaka

Ma’araif, Syafi’i. (1996). Islam dan Politik. Jakarta: Gema Insani Press

Madjid Nur Kholis. (1997). Bilik-Bilik Pesantren; Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina

Mahmud, Muhammad. (1993). Tafsir Wadhihalmujallad Tsani, Beirut: Lidarjil

Maksum, Ali, Luluk Yunan Ruhendi. (2004). Paradigma Pendidikan Universal : Di Era Modern Dan Post Modern “Mencari Visi Baru Atas Relaitas Baru” Pendidikan Kita, Yogyakarta: IRCiSod’

Mastuki HS, dkk. (t.th). Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka

Moleong Lexy, (1991). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rasyid, Daud. (1998). Islam dan Berbagai Dimensi. Jakarta: Gema Insani Press

Sadzali Munawir. (1990). Islam Dan Tata Negara. Jakarta: UI press

Siswanto. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Soetopo Hendyat. (1982). Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Sugiono. (2004) (Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfa Beta

Suparlan, Parsudi. (1993). Pengantar Metodologi Penelitian : Pendekatan Kualitatif, Majalah Media edisi 14 tahun III/Maret, Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songo, Semarang

Sutrisno, Oteng,. (1985). Administrasi Pendidikan. Bandung: Angkasa

Suwendi. (1998). Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam,. Jakarta: T.Raja Grafindo Persada

Taimiyyah, Taqiyyudin Ibnu. (1967). Pokok Pedoman Dalam Bernegara, (Terjemahan), Bandung: Diponegoro,

Tampubolon, Daulat P. (2001). Perguruan Tinggi Bermutu : Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad Kecerdasan-21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wrong, Dennis (Ed), Max weber. (2003). Sebuah Hasanah Perpustakaan RI. Yogyakarta: Ikon Teralitera

Y. W. Sunindhia, Kepemimpinan Dan Masyarakat Modern, Bina Aksara, Jakarta, 1998

Zohar, Danah dan Ian Marshall. (2002). SQ; Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berfikir Integralistik Dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan Pustaka


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/politea.v1i2.4328

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 POLITEA