Open Journal Systems
Kepemimpinan Kyai Politikus dalam Transformasi Kecerdasan Emosional Santri di Ponpes Nurul Ulum Pemalang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola kepemimpinan kyai politikus dalam meningkatkan kecerdasan emosional santri, dan ingin mengetahui realitas pola kepemimpinan kyai politikus dalam meningkatkan kecerdasan emosional santri di pondok pesantren Nurul Ulum Pemalang. Penelitan ini menggunakan penelitian kualitatif natualistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Sebagai seorang pemimpin pondok pesantren dan sekaligus sebagai tokoh politikus, maka Kyai harus memahami betul siapakah dirinya, bagaimana melaksanakan peran, tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, serta memenuhi berbagai kriteria yang menunjukkan kharismanya sebagai seorang pemimpin. Hal ini di tandai dengan ciri Kyai yang bersifat transformasional, responsif dan edukatif yang nantinya akan menjadi tonggak awal bagi terciptanya Emotional Spiritual Quotient (kecerdasan emosional) yang akhirnya bermuara pada pada asas amar ma'ruf nahi munkar dan Li-iqomatuddin. (2) secara umum realisasi dari pola kepemimpinan Kyai politikus dalam meningkatkan kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Darussalam Desa Tambak Selo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan dapat di katatakan telah mencapai hasil yang baik
References
Abdurrrahman Mas'ud dkk. (2002). Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ali Mukti. (1987). Beberapa Persoalan Agama Dewasa Ini. Jakarta: Rajawali Press
Asy’ari, Zubaidi Hasbullah. (1996). Moralitas Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: LKPSM
Azis A. Ghaffar. (2000). Berpolitik Untuk Ulama’, Misi Islam, Kristen dan Yahudi Tentang Politik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dirjen Kelembagaan Agama Islam. (1993). Pola Pembelajaran Di Pesantren. Jakarta: Depag RI
Djaelani, Abdul Qodir. (1994). Peran Ulama' dan Santri Dalam Perjuangan Politik Islam di Indonesia. Surabaya: Bina Ilmu
Effendy, Bahtiar. (2001). Teologi Baru Politik Islam. Yogyakarta: Galang Press
Eick Elman Dale F, James Piscatori. (1998). Politik Muslim, Wacana Kekuasaan Dan Hegemoni Dalam Masyarakat Muslim. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana
Fadjar, Malik. (1980). Visi Pembaharuan Islam. Jakarta: PL3NI
Ghazali, Bahri. (2003). Pesantren Berwawasan Lingkungan. Jakarta: CV.Prasasti
Ginandjar, Ary Agustin. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, Jakarta: Arga
Hadi Sutrisno. (1987). Metodologi Reserarch Jilid I. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM
Hasbullah. (1999). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Iskandar, Sholeh. (t.th) Pokok Pikiran Mengenai Pengembangan Pondok Pesanten, Bogo: Badan Pelaksana Majlis Pimpinan BKSPP Jawa Barat,
Komarudin Khan. (t.th). Tentang Teori Politik Islam. Bandung: Pustaka
Ma’araif, Syafi’i. (1996). Islam dan Politik. Jakarta: Gema Insani Press
Madjid Nur Kholis. (1997). Bilik-Bilik Pesantren; Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina
Mahmud, Muhammad. (1993). Tafsir Wadhihalmujallad Tsani, Beirut: Lidarjil
Maksum, Ali, Luluk Yunan Ruhendi. (2004). Paradigma Pendidikan Universal : Di Era Modern Dan Post Modern “Mencari Visi Baru Atas Relaitas Baru” Pendidikan Kita, Yogyakarta: IRCiSod’
Mastuki HS, dkk. (t.th). Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka
Moleong Lexy, (1991). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rasyid, Daud. (1998). Islam dan Berbagai Dimensi. Jakarta: Gema Insani Press
Sadzali Munawir. (1990). Islam Dan Tata Negara. Jakarta: UI press
Siswanto. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara
Soetopo Hendyat. (1982). Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Sugiono. (2004) (Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfa Beta
Suparlan, Parsudi. (1993). Pengantar Metodologi Penelitian : Pendekatan Kualitatif, Majalah Media edisi 14 tahun III/Maret, Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songo, Semarang
Sutrisno, Oteng,. (1985). Administrasi Pendidikan. Bandung: Angkasa
Suwendi. (1998). Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam,. Jakarta: T.Raja Grafindo Persada
Taimiyyah, Taqiyyudin Ibnu. (1967). Pokok Pedoman Dalam Bernegara, (Terjemahan), Bandung: Diponegoro,
Tampubolon, Daulat P. (2001). Perguruan Tinggi Bermutu : Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad Kecerdasan-21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Wrong, Dennis (Ed), Max weber. (2003). Sebuah Hasanah Perpustakaan RI. Yogyakarta: Ikon Teralitera
Y. W. Sunindhia, Kepemimpinan Dan Masyarakat Modern, Bina Aksara, Jakarta, 1998
Zohar, Danah dan Ian Marshall. (2002). SQ; Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berfikir Integralistik Dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan Pustaka
DOI: 10.21043/politea.v1i2.4328
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 POLITEA