Open Journal Systems

Pemikiran Moderasi Beragama K.H. Hasyim Asy’ari dan Relevansinya bagi Kehidupan Sosial Keagamaan Masyarakat Kota Bandar Lampung

Andi Hermawan, Arsyad Sobby Kesuma, Gesit Yudha, Abdul Qohar, Angga Natalia

Abstract

Pemikiran moderasi beragama K.H. Hasyim Asy'ari memberikan panduan yang berharga untuk menjalani agama dengan cara yang seimbang, toleran, dan bebas dari sikap intoransi. penerapan prinsip moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari dan pendidikan dapat memberikan kontribusi positif terhadap stabilitas dan kesejahteraan masyarakat. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi pemikiran moderasi beragama K.H. Hasyim Asy’ari bagi keberaagamaan masyarakat Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskrptif. Data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara kepada pimpinan, pengurus, santri serta alumni Pondok Pesatren Al Hikmah. Hasilnya adalah nilai-nilai moderasi beragama yang diwarisi oleh K.H. Hasyim Asy'ari mengenai konsep tasamuh, tawasuth, tamazun sangat membantu dalam menjalani kehidupan sehari hari. Pemikiran moderasi beragama K.H Hasyim Asy'ari hingga saat ini masih sangat relevan untuk dijadikan pedoman masyarakat Bandar Lampung yang hidup ditengah keberagamaan. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah Moderasi beragama penting dalam mencegah sikap intoleran yang sering kali muncul akibat pemahaman agama yang sempit dan fanatik. Rekomendasi pada penelitian berikutnya adalah menggali bagaimana prinsip moderasi beragama K.H. Hasyim Asy'ari dapat diadaptasi dalam konteks media sosial dan komunikasi digital serta implikasinya terhadap kehidupan publik.

Keywords


Moderasi Beragama, K.H. Hasyim Asy’ari, Intoleransi

References


Adibah, I. Z., Primarni, A., Aziz, N., Aini, S. N., & Yahya, M. D. (2023). Revitalisasi Pendidikan Islam Pondok Pesantren Sebagai Rumah Moderasi Beragama di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 283–298. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2954

Afifuddin. (2020). Inklusivisme dan toleransi kontekstualisasi pendidikan agama di sekolah (1 (ed.)). CV. Pena Persada.

Aisy, B. R., Ibrahim, D. O., Khatimah, K., Intang, H., & Tindage, M. A. (2019). PENEGAKAN KONTRA RADIKALISASI MELALUI MEDIA SOSIAL OLEH PEMERINTAH DALAM MENANGKAL RADIKALISME Bilqis Rihadatul Aisy , Dina Oktarina Ibrahim , Khusnul Khatimah Haruna Intang , Monique Anastasia Tindage Fakultas Hukum Universitas Airlangga Jalan Airlangga. Jurnal Hukum Magnum Opus, 2(1), 1–8.

Anandari, A. A., & Afriyanto, D. (2022). Konsep Persaudaraan dan Toleransi Dalam Membangun Moderasi Beragama Pada Masyarakat Multikultural di Indonesia Perspektih KH. Hasyim Asy’ari. Jurnal Studi Agama-Agama, 18(02).

Andiono, N. (2021). Penguatan Nilai-nilai Aswaja Ala Kiai Hasyim Asy’ari Dalam Pendidikan Kontra-Radikalisme. MIYAH: Jurnal Studi Islam, 17(01).

BBC. (2023). Ketua RT jadi tersangka karena bubarkan ibadah gereja Lampung: “Berharap kelompok intoleran jera.” BBC NEWS.

Fahriyal. (2024). Indeks Kerukunan Umat Beragama di Lampung Terus Meningkat. RRI. https://www.rri.co.id/daerah/606442/indeks-kerukunan-umat-beragama-di-lampung-terus-meningkat

Firdaus, A., Faiza Ananda, C., Kurniawan, D., Rinda Minati, D., Noviandanu, H., Zuhri, M., Angelina Pasaribu, N., Aisyah Tanjung, S., Maulana, S., & Sitepu, R. (2021). Penerapan Moderasi Beragama Di Masyarakat Desa Baru Kecamatan Batang Kuis. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 193–210.

Fitriani, S. (2020). Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama. Analisis : Jurnal Studi Keislaman, 20(2), 179–192.

Harmi, H., Ramdhani, M. I., Amalia, S., Apriani, E., Syafryadin, S., Supardan, D., & Zarin, I. (2022). How Great Is the Level of Youth Cultural Sensitivity ? A Multicultural Education from One Ethnic in Indonesia. Hindawi, 2022.

Hasan, M. (2023). Islam Wasathiyah di Kalangan Ulama Nusantara. Pustaka Radja.

Kasdi, A. (2019). Wasathiyyah Islam As The Road To Moderatism In Indonesia. Al Albab, 8(2), 179–192.

Kementerian Agama RI. (2023). Indeks Kerukunan Umat Beragama.

Muzaki, I. A. (2019). Pendidikan Toleransi Menurut Q.S. Al Baqarah Ayat 256 Perspektif Ibnu Katsier. Jurnal Wahana Karya Ilmiah, 3(2), 405–415.

Ridwansyah, A. (2023). 65 Kasus Intoleransi Terjadi di Indonesia pada 2019-2023. KBR. https://kbr.id/berita/ragam/65-kasus-intoleransi-terjadi-di-indonesia-pada-2019-2023

Rizky, F. U., & Syam, N. (2021). Komunikasi Persuasif Konten Youtube Kementrian Agama Dalam Mengubah Sikap Moderasi Beragama. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1).

Rosyidah, I. S. (2022). IMPLEMENTATION OF THE VALUES OF TASAMUH AHLU-SUNNAH WALJAMAAH IN BUILDING RELIGIOUS. International Conference on Islam, Law, and Society (INCOILS) 2022 ConferenceProceedings, 26(1).

Sahir, syafrida H. (2022). Metode Penelitian. PENERBIT KBM INDONESIA.

Saputera, abdur rahman adi, & H. Djauhari, M. S. (2021). Potret Pengarusutamaan Moderasi Beragama. Moderatio Jurnal Moderasi Beragama, 01(1), 41–60. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/moderatio/article/view/3351

Sarbaini, A., & Erihadiana, M. (2021). Keberagaman Masyarakat di Kota Metro Lampung (Studi Pluralisme dan Multikulturalisme). Ath-Thariq, 05(01), 16–30.

Sembiring, T. B., Irmawati, Sabir, M., & Tjahyadi, I. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik). CV Saba Jaya Publisher.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/politea.v7i2.28565

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Politea : Jurnal Pemikiran Politik Islam