Open Journal Systems

Da’i Akademisi Dalam Kontestasi Dakwah Digital : Analisis Media Siber Channel Youtube Transformasi Iswahyudi

Asna Istya Marwantika, Evi Novitasari

Abstract

Tulisan ini membahas tentang bagaimana channel youtube Transformasi Iswahyudi selaku da’i akademisi dari Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo di tengah kontestasi dakwah digital. Video pertamanya sejak 27 Maret 2019, dan tercatat sudah memiliki 28 ribu subscriber, dengan jumlah video sebanyak 438 video, dan ditonton sebanyak 2 juta per tanggal 02 Januari 2021. Tulisan ini menggunakan metode Etnografi Virtual dan dianalisis menggunakan Analisis Media Siber yang terdiri dari level ruang media, dokumen media, objek media dan pengalaman. Hasil dari penelitian ini di level pertama, ruang media ada tiga alasan yang melatarbelakangi Iswahyudi untuk berdakwah di youtube, yaitu alasan (1) Agama, (2) Etis, dan (3) Metodis. Level kedua, objek media dari 438 video terdapat 10 video popular yang berisi narasi keislaman yang sedang trending dan juga kontra narasi dari yang terjadi dari tokoh-tokoh dakwah digital yang sedang popular seperti Ustadz Abdul Somad, Gus Baha’, Ustadz Adi Hidayat, Gus Miftah maupun isu kontroversial seperti Maaher Atthuwailibi dan Disertasi Dr. Abdul Aziz. Level ketiga, Obyek yaitu Media channel youtube berisi interaksi antar pengguna di kolom komentar yang berisi komentar positif dan negatif. Level keempat, berupa experimental stories yang menjadikan channel ini bisa merambah ke dakwah digital dan juga ada manfaat dikenal masyarakat luas.

Keywords


(Da’i Akademisi ; Dakwah Digital ; Channel Youtube ; Transformasi Iswahyudi)

References


Akmaliah, W. (2020). The demise of moderate Islam: New media, contestation, and reclaiming religious authorities. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 10(1), 1–24. https://doi.org/10.18326/ijims.v10i1.1-24

Arifin, F. (2019). MUBALIG YOUTUBE DAN KOMODIFIKASI KONTEN DAKWAH. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 91. https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1718

Bahri, M. Z. (2016). The phenomenon of “celebrity ustadz” in Indonesia on the ethics of dakwahtainment. Jurnal Antarabangsa Alam Dan Tamadun Melayu (Iman), 4(1), 15–29.

Fakhruroji, M. (2017). DAKWAH DI ERA MEDIA BARU Teori dan Aktivisme Dakwah di Internet (1st ed.). Simbiosa Rekatama Media.

Fariska. (2020). Wawancara Pribadi.

Fikri. (2020). Wawancara Pribadi.

Hidayat, M. (2020). Model Komunikasi Dakwah Milenial di Youtube pada Lagu Aisyah Istri Rasulullah. At Tabsyir:Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 7(2).

Hootsuite, W. A. S. (2020). DIGITAL 2020 : Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Iskandar, I. (2020). Pesan Dakwah Zaidul Akbar Di Youtube Perspektif Meanings And Media. TADBIR : Jurnal Manajemen Dakwah, Vol.2 No 2, 229–254. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Iswahyudi. (2020). Wawancara Pribadi.

Mapa. (2020). Wawancara Pribadi.

Marwantika, A. I. (2019). Potret dan Segmentasi Mad’u Dalam Perkembangan Media di Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 14(01), 1–14. https://doi.org/10.37680/adabiya.v14i01.100

Maulana, I. I., Saefullah, C., & Sukayat, T. (2020). Dakwah di Media Sosial pada Channel Youtube Akhyar TV. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(3), 258–274. https://doi.org/10.15575/tabligh.v3i3.675

Muhaemin, E. (2017). Dakwah Digital Akademisi Dakwah. … Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/idajhs/article/view/1906

Mukarom, Z., Rosyidi, I., & Muzzammil, F. (2020). MEDIATIZATION OF DA ’ WAH IN DISRUPTION ERA ( Study of Islamic Da ’wah in Social Media ). American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 4(9), 190–202.

Nasrullah, R. (2014). TEORI DAN RISET MEDIA SIBER (CYBERMEDIA). Prenadamedia Group.

Nasrullah, R. (2017). ETNOGRAFI VIRTUAL ;Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet (1st ed.). Simbiosa Rekatama Media.

Rahman, R. R., Muhlis, A., & Aripudin, A. (2020). Retorika Dakwah Ustadz Evie Effendi di Video Youtube. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 45–64. https://doi.org/10.15575/tabligh.v4i1.803

Samsudin, S., & Aziz, F. (2019). Dinamika Dakwah Di Indonesia Abad 21: Eranya Kolaborasi Atau Kompetisi? Jurnal MD, 5(1), 87–97. https://doi.org/10.14421/jmd.2019.51-06

Youtube. (2019). Transformasi Iswahyudi. https://www.youtube.com/channel/UCeh6s0klEg0k6XXmwI090aA

Youtube. (2020). Ustadz Abdul Somad Official. https://www.youtube.com/c/UstadzAbdulSomadOfficial/about

Zamzuardi, Y., & Ermanto, E. (2019). The Rhetoric of Persuasion of Ustadz Abdul Somad: Discourse Analysis in the Media Youtube. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Seventh International Conference on Languages and Arts, 301(Icla 2018), 552–558. https://doi.org/10.2991/icla-18.2019.90


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i1.9364

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.